Bisa 5 Bahasa, Mbah Ujang Yang Berusia 100 Tahun Jadi Viral

Agista Rully | Jum'at, 21 April 2017 13:18
Bisa 5 Bahasa, Mbah Ujang Yang Berusia 100 Tahun Jadi Viral
brilio.net

Kapanlagi.com - Banyak orang yang menyatakan bahwa semakin tua maka akan semakin banyak pengalaman yang dimiliki seseorang. Selain pengalaman, seharusnya kemampuan seorang juga semakin mumpuni seiring bertambahnya usia bukan?

Sedikit banyak, teori yang dikemukakan sebelumnya ini cocok pada sosok Mbah Ujang. Seorang kakek pemulung yang ditemukan di daerah Yogyakarta ini memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. Bahkan pria yang berusia seabad ini mampu menguasai setidaknya 5 bahasa yakni Inggris, Jepang, Belanda, Jawa, Minang, Palembang, dan tentu saja bahasa Indonesia.

Ketika ditanya darimana kemampuan berbahasanya didapat, Mbah Ujang menjelaskan kisah hidupnya di era kolonial. "Waktu saya masih berusia 28 tahun, saya dibawa orang Jepang merantau. Jadi juru masak, tukang jaga mobil, tukang cuci."

Mbah Ujang, kakek pemulung berusia seabad yang mahir 5 bahasa  brilio.netMbah Ujang, kakek pemulung berusia seabad yang mahir 5 bahasa brilio.net

Memang pria yang kini meninggalkan keluarganya di Jakarta dan menggelandang di Yogyakarta ini merasakan betul perihnya zaman kolonial Belanda dan penjajahan Jepang. Namun Mbah Ujang tidak putus asa atau menganggapnya pengalaman buruk. Justru hal tersebut dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasinya.

"Bahasa itu mudah, kalau didengarkan berkali-kali nanti juga paham artinya," jelas pria yang kadang kala singgah di rumah temannya. Untuk kehidupan sehari-hari, Mbah Ujang berprofesi sebagai pemulung dan tidak terlalu terikat dengan materi yang jadi prioritas sebagian besar orang.

"Buat apa punya harta? Nanti kalau mati juga ditinggal. Istri cantik aja bisa ditinggal, jadi buat apa punya harta?" tutup Mbah Ujang. Kalau kamu masih penasaran dengan sosok kakek pemulung yang masih cakap berbicara ini, kamu bisa nonton video berikut.

(bri/agt)




Kinoy galau gaes... - KapanLagi #LUPAINMANTAN

LATEST UPDATE




REKOMENDASI