Bongkar Jurus Ampuh Jadi Sandwich Generation yang Bebas Cemas Jalani Hidup

Selasa, 10 Mei 2022 11:29 Penulis: Wuri Anggarini
Bongkar Jurus Ampuh Jadi Sandwich Generation yang Bebas Cemas Jalani Hidup
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Menyandang status sebagai sandwich generation memang terkadang jadi beban tersendiri. Banyak curhatan yang muncul di media sosial tentang gaji yang nggak seberapa, tapi harus dibagi sedemikian rupa untuk menghidupi diri dan orang tua. Kamu juga mengalami dilema ini, KLovers?

Tapi, bukan berarti para sandwich generation nggak bisa mengamankan kondisi keuangan mereka. Kalau dijalani dengan ikhlas dan penuh perencanaan, ternyata para generasi sandwich ini bisa juga kok Bebas Cemas menjalani hidup. Gimana caranya?

Budgeting Keuangan dengan Ketat

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Rumus utama yang wajib dilakukan para sandwich generation dalam mengatur keuangan adalah melakukan budgeting keuangan dengan ketat. Bikin anggaran bulanan yang berisi berapa persen gaji untuk orang tua dan berapa yang disisihkan untuk diri sendiri.

Catat setiap pengeluaran secara detail hingga yang paling sepele sekalipun. Selain tagihan bulanan rutin seperti listrik, air, hingga pulsa, wajib juga untuk menyiapkan budget transportasi, uang jajan, hingga duit parkir. Pastikan untuk mengikuti anggaran bulanan secara disiplin karena hal ini merupakan kunci penting dalam mengatur keuangan pribadi.

Terapkan Gaya Hidup Frugal Living

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Frugal living lagi jadi gaya hidup yang trending beberapa tahun belakangan ini karena banyak diterapkan oleh generasi kekinian. Buat yang belum tahu, frugal living menekankan pada gaya hidup hemat dan sebisa mungkin menahan keinginan dan memprioritaskan kebutuhan. Aspek yang diperhatikan adalah bagaimana memperoleh sesuatu dengan cara yang lebih murah dan setiap pengeluaran harus memiliki prinsip value for money.

Gaya hidup ini bisa mulai diterapkan oleh para sandwich generation yang membantu mereka mengamankan kondisi finansial. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan promo atau diskon agar mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah. Tapi, tentu saja dengan penuh perencanaan dan nggak tergiur begitu saja dengan diskon yang ada, karena prinsipnya adalah setiap barang yang dibeli disesuaikan dengan kebutuhan.

Wajib Punya Tabungan, Dana Darurat dan Dana Pensiun

 

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Pos-pos keuangan ini wajib banget dimiliki untuk mengatur kondisi finansial pribadi, yaitu tabungan, dana darurat, dan dana pensiun. Tabungan digunakan untuk perencanaan keuangan jangka panjang, misalnya untuk biaya menikah, beli rumah, atau rencana lainnya. Sementara itu, dana darurat penting untuk kondisi darurat yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Misalnya saja tiba-tiba kehilangan pekerjaan, dana darurat bisa digunakan untuk menyambung hidup selama belum mendapatkan pekerjaan baru.

Jangan lupakan juga dana pensiun yang wajib dimiliki untuk memutus lingkaran sandwich generation agar cukup sampai di kamu saja. Dana pensiun ini sebaiknya mulai disiapkan sejak awal bekerja, bukan ketika menjelang pensiun. Jadi, kamu punya lebih banyak waktu untuk menyiapkan masa pensiun nanti.

Sisihkan Budget untuk Bahagiakan Diri Sendiri

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Para sandwich generation pasti mengalami hal ini, kerja keras bagai kuda tapi nggak bisa menikmati uang mereka karena banyaknya pengeluaran yang harus ditanggung. Sebagai bentuk apresiasi untuk diri, jangan lupa sisihkan budget untuk bahagiakan dirimu sendiri. Misalnya untuk membeli makanan favorit atau beli barang impian yang memang sudah diinginkan sejak lama.

Kalau budget nggak cukup untuk pengeluaran self reward setiap bulan, kamu bisa mulai menabung untuk jangka waktu beberapa bulan ke depan. Misalnya, jika ingin membeli smartphone baru atau barang branded lainnya, kamu bisa berikan waktu menabung 3-6 bulan buat mewujudkannya.

Yang paling penting, untuk menjadi generation yang Bebas Cemas dalam finansial, akan lebih baik juga kalau setiap transaksimu dilakukan pakai DANA karena terjamin aman dan bikin tenang. Kehadiran fitur safety & security DANA Protection yang ada di aplikasi DANA dapat menjamin keamanan transaksi keuangan berkat sistem keamanan yang canggih dan dinamis.

Gimana nggak, ketika melakukan transaksi pakai DANA, kamu akan dilindungi oleh sistem keamanan berlapis DANA Protection. Salah satunya adalah perlindungan PIN DANA, Kode OTP dan Face Verification yang akan menjaga setiap transaksimu aman & Bebas Cemas.

Jika mengalami kendala saat bertransaksi pun, kamu bisa manfaatkan bantuan Pusat Resolusi 24/7 di aplikasi DANA. Di sini, kamu bisa menghubungi langsung DANA Customer Care 24 jam yang siap membantu kapan saja, sekaligus cek status atau progress penyelesaian kendala dan solusi. Gak cuma itu aja, dengan pakai DANA kamu pun bisa lebih Bebas Cemas karena DANA memberikan garansi 100% uang kembali sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada di aplikasi DANA.

So, sekarang waktunya jadi sandwich generation yang Bebas Cemas & #BebasDrama dalam jalani hidup. Awali dengan bertransaksi menggunakan aplikasi DANA, yuk! Buruan download dan gunakan aplikasi DANA sekarang juga.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI