Buang Sampah Sembarangan di Kali, Pria Ini Auto Kena Karma

Jum'at, 01 Februari 2019 16:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Buang Sampah Sembarangan di Kali, Pria Ini Auto Kena Karma
Instagram @dinaslhdki


Kapanlagi Plus - Harus diakui, sebagian orang Indonesia masih belum memiliki mental untuk membuang sampah pada tempatnya. Kerap ditemui banyak orang yang dengan seenak jidat membuang sampah di kali ataupun sungai.

Beberapa hari yang lalu, viral foto yang memperlihatkan seseorang dengan entengnya membuang sampah ke kali. Padahal saat itu, di sebelahnya persis ada petugas UPK Badan Air yang sedang bersih-bersih kali dari sampah.

Foto tersebut diambil oleh petugas UPK Badan air dan diunggah oleh akun Instagram Dinas Lingkungan Hidup DKI. Bisa ditebak, sejurus kemudian, foto tersebut langsung menjadi viral.

1. Sengaja Membuang Sampah

"Setiap orang dengan sengaja atau terbukti membuang, menumpuk sampah dan/atau bangkai binatang ke sungai/kali/kanal, waduk, situ, saluran air limbah, di jalan, taman, atau tempat umum, dikenakan uang paksa paling banyak Rp 500.000," bunyi caption yang mengiringi foto tersebut.

Untung saja ada tindakan nyata terhadap pembuang sampah nakal tersebut. Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup DKI langsung melakukan penindakan kepada yang bersangkutan.

2. Langsung Ditindak

Identitas pria tersebut diketahui setelah dilakukan koordinasi dengan RT dan RW setempat. Pria tersebut langsung dikenakan denda sebesar 300 ribu, yang mana lebih rendah dari aturan Perda No. 3 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah Pasal 130 ayat (1b).

"Pagi ini Bidang @pengawasan_penegakanhukum Dinas LH Provinsi DKI Jakarta melakukan penindakan terhadap masyarakat yang buang sampah sembarangan di kali krukut bawah kebon tanah abang jakarta pusat. Yang bersangkutan dikenakan uang denda Rp 300.000,- dan berjanji untuk tidak melakukannya kembali," tulis admin akun @dinaslhdki. Tuh, makanya jangan sembarangan buang sampah!

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI