Cantik dan Modis, Gaya Puti Borong Batik Madura di Pasar Bangkalan

Minggu, 11 Februari 2018 10:00 Penulis: Wuri Anggarini
Cantik dan Modis, Gaya Puti Borong Batik Madura di Pasar Bangkalan
(c) Instagram/puti_soekarno

Kapanlagi Plus - Salah satu tempat yang dikunjungi Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, saat bersafari ke Madura adalah Pasar Tradisional Lemah Duwur, Bangkalan. Tempat tersebut adalah salah satu sentra batik Madura yang dikenal punya corak warna berani.

Beberapa kali terlihat Mbak Puti, sapaan akrabnya, menjajal lembaran-lembaran kain Batik Madura. Sesekali ia bergaya ala model busana. Sambil mengagumi kreasi rakyat Madura, ia mengatakan bahwa batik adalah kekayaan budaya bangsa yang wajib terus dijaga dan dikembangkan.

©Merdeka©Merdeka

"Batik bukan hanya selembar kain. Ia telah menjelma menjadi kekayaan budaya, kekuatan sejarah, sekaligus penggerak kesejahteraan jutaan perajin dan mata rantainya di Indonesia,” terang ibu dua anak ini.

Ia melanjutkan bahwa pemerintah wajib mendampingi dan mengembangkan potensi batik lewat berbagai program. Nggak hanya memuji keindahan Batik Madura, Puti Soekarno pun membawa pulang sejumlah kain batik beragam motif. Ada yang motif panji susi, lintrik gentongan, kembang sesek, tor pate amparan, dan kembang padi.

Kunjungan Puti Guntur Soekarno ini dilakukan dalam rangka mendekatkan diri pada masyarakat Jawa Timur sekaligus mencari tahu apa yang paling dibutuhkan rakyat saat ini. Beberapa waktu yang lalu, Puti resmi mendeklarasikan diri maju dalam Pilkada Jawa Timur sebagai cawagub yang mendampingi Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul.

Puti menerima mandat sekaligus ‘pinangan' dari Gus Ipul untuk membuktikan komitmennya dalam bidang politik lewat kontribusi yang lebih besar. Sukses terus ya, Mbak Puti!

(kpl/xpi/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI