12 Cara Agar HP Tidak Ngelag dan Mendadak Error, Ketahui Tips Mengatasinya

Rabu, 19 Januari 2022 10:44
12 Cara Agar HP Tidak Ngelag dan Mendadak Error, Ketahui Tips Mengatasinya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Meskipun memiliki banyak kelebihan, perangkat digital seperti HP juga bisa mengalami beberapa masalah. Salah satunya HP ngelag dan eror. Kondisi ini bisa disebabkan karena beragam faktor termasuk penyimpanan yang penuh.

Ngelag menjadi istilah umum yang dikenal dalam dunia digital. Di mana kondisi ini dapat terjadi saat sistem tidak berjalan dengan lancar hingga kadang mendadak berhenti. Karena itulah, banyak pengguna digital ingin tahu langkah cara agar HP tidak ngelag.

Sebelum memutuskan meminta bantuan jasa service HP, ada cara agar HP tidak ngelag dengan mudah. Nah, kalian juga perlu tahu apa saja penyebab HP ngelag serta eror.

Untuk penjelasan lengkapnya, berikut ini cara agar HP tidak ngelag dan mendadak eror. Adapun referensi cara agar HP tidak ngelag dapat kalian simak sebagai berikut.

1. Penyebab HP Ngelag dan Eror

Istilah HP ngelag tentu cukup familiar bagi pengguna ponsel. Arti ngelag dalam dunia teknologi dapat bermakna ketika sistem di perangkat terlambat merespon. Sehingga menyebabkan tampilan jadi error serta lemot. Ngelag dapat terjadi untuk semua jenis perangkat baik HP ataupun laptop.

Jika kalian mengalami ngelag di HP, maka ada beberapa penyebabnya. Umumnya penyebab ngelag dapat terjadi karena masalah pada penyimpanan internal ponsel. Meski begitu ada juga penyebab ngelag dapat terjadi akibat faktor lain. Penasaran apa saja faktor penyebab ngelag di HP? Berikut ini ulasan yang perlu kalian simak.

- Jika kalian mengalami ngelag saat membuka aplikasi tertentu, bisa jadi penyebabnya adalah masalah koneksi.

- Ngelag juga dapat terjadi ketika sebuah aplikasi memiliki kapasitas memori besar namun tak seimbang dengan memori di ponsel.

- Penyimpanan internal sudah penuh.

- Perangkat terserang malware atau virus.

- Sistem di HP masih versi lawas.

- Menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

- Terlalu banyak menyimpan file sampah di perangkat.

- Memasang aplikasi tidak sesuai spesifikasi HP.

Beberapa poin di atas menjadi penyebab umum ngelag yang terjadi pada perangkat ponsel. Sementara itu, ada juga penyebab ngelag di HP dapat terjadi karena beragam faktor berbeda.

2. Cara Agar HP Tidak Ngelag dengan Mudah

Setelah tahu apa penyebab ngelag di HP, terdapat cara agar HP tidak ngelag. Cara agar HP tidak ngelag bisa dilakukan dengan beberapa metode. Di antara banyaknya langkah cara agar HP tidak ngelag tersebut, berikut ini ulasan yang bisa dijadikan referensi.

1. Menginstal aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi ponsel kalian. Artinya sesuaikan antara kapasitas memori internal di HP dengan besaran kapasitas aplikasi yang akan dipasang. Sehingga dapat mencegah masalah ngelag saat menjalankan sistem di ponsel.

2. Jika HP mengalami ngelag yang disebabkan oleh sistem versi lawas, cara agar HP tidak ngelag adalah dapat memperbaruinya. Misalnya saja ada beberapa software perlu diupdate untuk bisa dijalankan secara lancar. Cobalah cek lagi apakah aplikasi dan sistem yang kalian pasang memerlukan update ataupun tidak.

3. Mengatur aplikasi yang akan dipasang pada tampilan widget. Pasalnya terlalu banyak menambahkan aplikasi di Widget, rupanya berpotensi bikin memori cepat penuh hingga menyebabkan lemot ataupun ngelag.

4. Selalu cek penggunaan baterai ponsel kalian agar tak mencapai batas maksimum yakni 0 persen. Sebab hal ini berpotensi bikin ponsel cepat ngelag ataupun lemot.

5. Usahakan agar menginstal aplikasi secukupnya sesuai dengan kapasitas memori yang kalian miliki di HP.

6. Hindari menjalankan aplikasi terlalu banyak dalam waktu bersamaan. Karena hal ini bisa bikin salah satu penyebab HP jadi ngelag dan eror.

7 Jika ponsel masih ngelag, cobalah untuk melakukan restart agar sistem dapat memulai ulang. Sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja HP dengan memulai ulang lagi.

3. Cara Agar HP Tidak Ngelag Karena Memori Penuh

Selanjutnya ada juga cara agar HP tidak ngelag karena disebabkan oleh penyimpanan yang penuh. Seperti diketahui, setiap HP dilengkapi dengan memori internal. Namun apabila memori internal HP penuh, maka bisa menyebabkan sistem jadi melambat. Inilah yang perlu dicegah apabila kalian mendeteksi memori internal HP sudah penuh. Karena itu, ada cara agar HP tidak ngelag karena memori penuh seperti ulasan di bawah ini.

8. Membersihkan file sampah yang tersimpan di HP. Cara agar HP tidak ngelag pertama adalah menghapus file sampah seperti cache di perangkat. Untuk menghapusnya, kalian dapat mengakses setiap aplikasi melalui menu Pengaturan. Di menu inilah, bisa digunakan untuk mencari file cache dan menghapusnya secara mudah.

9. Jika kalian mencurigai penyebab HP ngelag karena terlalu banyak memasang aplikasi, cobalah untuk menguninstal aplikasi tersebut. Pilih aplikasi yang sekiranya sudah tidak diperlukan untuk dihapus. Sehingga membantu kalian mengosongkan memori di ponsel secara praktis.

10. Cara lain agar HP tidak ngelag karena penyimpanan penuh adalah dengan memindahkan file di Galeri ponsel. Misalnya saja memindahkan file foto, video, dokumen ke memori eksternal. Atau kalian bisa memindahkan secara online di Google Drive.

Itulah cara agar HP tidak ngelag apabila disebabkan karena memori penuh. Mudah banget bukan?

4. Cara Agar HP Tidak Ngelag Karena Malware

Salah satu hal yang menyebabkan HP jadi ngelag umumnya juga karena malware. Malware bisa saja menyerang perangkat kalian saat mengakses atau memasang aplikasi tertentu. Malware inilah yang terkadang bikin sistem jadi melambat ataupun ngelag. Untuk cara agar HP tidak ngelag karena malware berikut ini ulasannya.

Jika disebabkan oleh serangan virus pada sistem, cobalah memasang aplikasi antivirus di HP. Ini sangat membantu mendeteksi malware yang menyerang ponsel. Sehingga dapat mencegah masalah HP ngelag bahkan kerusakan yang mungkin terjadi. Selain itu kalian bisa membersihkan ponsel secara berkala dari file yang dicurigai memiliki malware. Sehingga dapat mencegah masalah ngelag pada HP. Selain itu kalian dapat memastikan juga untuk mengecek aplikasi yang dinilai jadi penyebab malware maka dengan cepat bisa segera menguninstalnya.

5. Cara Agar HP Tidak Ngelag dengan Reset

Apabila cara agar HP tidak ngelag dengan langkah sebelumnya masih saja belum bisa dilakukan, maka satu-satunya yang bisa kalian pilih adalah melakukan reset. Ya, reset bisa jadi pilihan untuk mengembalikan sistem ke pengaturan pabrik. Artinya sistem akan memulai baru seperti sedia kala. Namun ketika melakukan reset HP, pastikan kalian benar-benar tahu langkah tepatnya. Sebab ada juga risiko yang mungkin terjadi saat melakukan reset HP. Di antaranya yakni menghapus data yang tersimpan di ponsel, ponsel terkunci, sistem tidak muncul hanya terdapat logo saja, dan lain sebagainya.

Sementara itu, ada juga manfaat melakukan reset salah satunya mengatasi HP ngelag. Karena itulah, cara ini bisa jadi langkah terakhir yang bisa dipilih jika HP masih saja ngelag. Sekali lagi pastikan untuk benar-benar memahami cara reset HP dengan tepat. Sehingga mendapatkan manfaat dari melakukan reset HP.

Itulah langkah cara agar HP tidak ngelag. Beberapa metode di atas dapat dijadikan referensi untuk mengatasi HP lemot bahkan eror.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI