Cara Cek Saldo BRI Lewat HP dengan Mudah dan Praktis, Bisa Dilakukan Kapan Saja

Kamis, 11 November 2021 14:55 Penulis: Puput Saputro
Cara Cek Saldo BRI Lewat HP dengan Mudah dan Praktis, Bisa Dilakukan Kapan Saja
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Di era teknologi internet seperti saat ini, transaksi perbankan BRI jadi lebih mudah dan praktis untuk dilakukan. Dahulu, untuk mengirimkan uang atau mengecek saldo tabungan, seseorang harus pergi ke bank. Kini semuanya menjadi lebih praktis karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja hanya melalui HP. Namun untuk itu, tentunya kalian harus tahu cara cek saldo BRI lewat HP.

Mengecek saldo merupakan satu aktivitas perbankan yang sebaiknya dilakukan secara rutin. Meski terdengar sepele, sebenarnya mengecek saldo adalah hal yang penting. Dengan melakukan cek saldo, kita akan segera mengetahui apabila terdapat transaksi-transaksi mencurigakan. Sehingga, bisa segera ambil tindakan sebelum terjadi hal yang merugikan.

Selain itu, cek saldo juga biasa dilakukan seseorang untuk rutin mengecek gaji, upah, pengembalian dana, atau pembayaran utang piutang. Oleh karena itu, sangat penting untuk tahu cara cek saldo BRI lewat HP. Khusus nasabah BRI, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek saldo melalui HP. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ulasan dan langkah-langkahnya.

1. Cara Cek Saldo BRI Lewat HP dengan SMS Banking

Salah satu cara cek saldo BRI lewat HP bisa dilakukan nasabah melalui layanan SMS banking. Namun perlu diketahui, untuk melakukan layanan ini kalian harus memastikan saldo pulsa yang mencukupi. Sebab, layanan ini tidak diakses secara gratis. Selain itu, terlebih dahulu kalian juga perlu mendaftarkan nomor telepon kalian ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa kartu identitas dan buku tabungan.

Jika nomor sudah terdaftar, kalian bisa melakukan layanan SMS banking. Untuk melakukan cara cek saldo BR lewat HP SMS Banking kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1) Buka fitur SMS di HP, lalu ketik SMS dengan format SALDO(spasi)PIN ATM (Contoh: SALDO 123456)

2) Kirimkan SMS tersebut ke nomor 3300.

3) Selesai, tunggu beberapa saat dan kalian akan menerima SMS berupa jumlah saldo kalian saat ini.

Di samping untuk mengecek saldo, layanan SMS Banking BRI juga bisa dipakai untuk berbagai transaksi. Caranya sama, pengguna hanya perlu mengirimkan SMS ke 3300 dengan masing-masing format yang telah ditetapkan. Berikut beberapa layanan SMS Banking BRI lainnya beserta format SMSnya.

- Layanan Transfer ke Sesama BRI

Format SMS: TRANSFER(spasi)BRI+No.rekening(spasi)NOMINAL(spasi)PIN, kirim ke 3300.

- Layanan Transfer ke Bank Lain

Format SMS: TRANSFER(spasi)KODE BANK+NOREK(spasi)NOMINAL(spasi)PIN, kirim ke 3300.

- Pembelian Token PLN

Format SMS: BELI(spasi)PLNPRE(spasi)NO METER/ID PEL(spasi)NOMINAL(spasi)PIN, kirim ke 3300.

- Pembelian Pulsa

Format SMS: Isi pulsa: PULSA(spasi)NOMOR HP(spasi)NOMINAL(spasi)PIN, kirim ke 3300.

2. Cara Cek Saldo BRI Lewat HP dengan Internet Banking

Apabila layanan SMS Banking mengalami gangguan, kalian bisa coba cara cek saldo BRI lewat HP yang kedua, yaitu dengan internet banking. Berbeda dengan SMS banking, layanan ini tidak akan memakan pulsa, melainkan paket data. Jadi pastikan HP kalian bisa terhubung dengan koneksi internet.

Meski begitu, nasabah terlebih dahulu juga tetap harus mendaftarkan diri dahulu untuk mengakses layanan ini. Nasabah hanya perlu datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa data yang diperlukan. Petugas akan membantu proses pendaftaran. Setelah terdaftar, nasabah bisa mengakses internet banking untuk cek saldo BRI lewat HP seperti berikut ini.

1) Buka browser, lalu kunjungi website Internet Banking BRI ib.bri.co.id/ib-bri

2) Setelah itu, login dengan akun Internet Banking yang dibuat saat proses pendaftaran.

3) Setelah login, pilih menu "Informasi Rekening" untuk pengecekan saldo yang ada di rekening BRI kalian.

3. Cek Saldo via Aplikasi BRI Mobile

Jika mau cara yang lebih praktis lagi, kalian bisa menggunakan aplikasi khusus bernama BRI Mobile. Dengan aplikasi ini, kalian bisa melakukan cara cek saldo BRI lewat HP kapan saja tanpa perlu repot-repot membuka browser. Sama seperti dua cara sebelumnya, kalian juga perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu di Bank cabang terdekat dengan membawa data yang dibutuhkan. Setelah itu kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1) Download dan instal aplikasi BRI Mobile.

2) Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi BRI Mobile di HP kalian. Pastikan juga HP telah terkoneksi internet.

3) Pilih menu Mobile Banking BRI.

4) Kemudian, kalian bisa pilih menu Info.

5) Berikutnya, pilih menu Info Saldo.

6) Selanjutnya, masukkan PIN kalian yang telah terdaftar.

7) Setelah itu, akan muncul notifikasi Mobile Banking BRI, akan melakukan transaksi menggunakan SMS. Pilih OK.

8) Setelah itu, pemberitahuan terkait saldo dalam rekening BRI akan disampaikan melalui SMS.

Itulah di antaranya ulasan tentang tiga cara cek saldo BRI lewat HP yang sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Semoga bermanfaat untuk kalian, dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI