Cara Daftar Internet Banking BRI, Ketahui Juga Persyaratan dan Langkah-Langkah Transaksinya

Selasa, 05 Oktober 2021 11:22 Penulis: Puput Saputro
Cara Daftar Internet Banking BRI, Ketahui Juga Persyaratan dan Langkah-Langkah Transaksinya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Internet banking telah memberikan banyak kemudahan bagi nasabah. Dengan aplikasi ini, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi perbankan, seperti transfer dan pembayaran dengan mudah dan cepat. Tak heran, berbagai jenis bank meluncurkan aplikasi internet banking, termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI). Oleh karena itu, penting untuk tahu cara daftar internet banking BRI, terkhusus bagi penggunanya.

Internet banking BRI menawarkan banyak kemudahan bagi penggunanya. Saat mempunyai internet banking BRI, nasabah tak perlu repot-repot lagi untuk pergi ke bank atau atm untuk sekadar bertransaksi. Sayangnya, masih banyak nasabah yang bingung bagaimana cara mendaftar untuk internet banking BRI. Padahal, pendaftaran internet banking BRI bisa dilakukan dengan mudah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara daftar internet banking BRI yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

1. Cara Transfer Menggunakan Internet Banking BRI

Selain cara daftar internet banking BRI yang mudah dilakukan, alasan lain kenapa nasabah harus menggunakan layanan ini adalah berbagai kemudahan yang ditawarkan. Salah satu kemudahan yang ditawarkan itu adalah layanan transfer yang mudah dan cepat. Adapun cara transfer menggunakan internet banking BRI adalah sebagai berikut.

1) Pertama, buka laman https//ib.bri.co.id.

2) Login dengan menggunakan user ID dan password.

3) Setelah itu, pilih menu "Transfer".

4) Kalian bisa memilih pilihan "Transfer Sesama BRI" atau "Transfer Antar Bank".

5) Isi nomor rekening tujuan, bank tujuan, nominal uang yang akan ditransfer.

6) Setelah semua isian data dipastikan benar, tekan tombol "Kirim".

7) Lakukan konfirmasi data transfer. Jika data tersebut sudah benar, kalian bisa langsung masukan password dan klik "Permintaan m-Token".

8) Dengan begitu secara otomatis, BRI akan mengirimkan nomor m-Token ke nomor telepon yang didaftarkan melalui SMS.

9) Terakhir, Masukan m-Token yang dikirimkan lewat SMS, lalu klik tombol "Kirim".

10) Jika transfer berhasil, bukti transfer akan ditampilkan secara langsung. Kalian juga bisa mencetak atau mengunduhnya.

Itulah di antaranya cara daftar internet banking BRI. Selamat mencoba dan rasakan kemudahannya!

2. Cara Daftar Internet Banking BRI lewat ATM

Selain lewat kantor cabang, cara daftar internet banking BRI juga bisa dilakukan lewat ATM. Artinya, nasabah tak perlu lagi repot-repot mengantre. Nasabah bisa mendaftarkan sendiri akun internet banking secara mandiri. Adapun cara daftar internet banking BRI lewat ATM adalah sebagai berikut.

1) Kunjungi ke ATM BRI terdekat.

2) Masukan pin ATM, kemudian pilih menu lainnya.

3) Setelah itu, pilih menu "registrasi".

4) Kemudian, pilih "internet banking".

5) Masukan password untuk internet banking kalian yang terdiri atas enam digit angka.

6) Ulangi password yang sudah dibuat.

7) Setelah itu, nasabah akan mendapatkan user ID untuk BRI internet banking.

8) Setelah proses pendaftaran IB BRI selesai, nasabah juga akan mendapatkan struk berisi user ID dan password.

9) Kalian bisa catat dan simpan user ID serta password IB BRI tersebut. Tujuannya, untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu lupa.

10) Selanjutya, nasabah bisa melakukan aktivasi BRI IB di laman https//ib.bri.co.id (IB BRI login), login dengan memasukan user ID dan password IB BRI yang telah dibuat sebelumnya. Masukkan pula kode captcha.

11) Nasabah akan dihadapkan halaman berisi sayarat dan ketentuan, setelah dibaca dengan cermat, kalian bisa klik "setuju".

12) Nasabah juga diberikan pilihan untuk mengganti password IB BRI.

13) Apabila ingin mendapatkan m-Token BRI IB, maka nasabah hsrus mendatangi kantor cabang Bank BRI terdekat.

 

3. Cara Daftar Internet Banking BRI lewat Kantor Cabang

Nasabah bisa melakukan dua cara daftar internet banking BRI. Salah satunya, bisa dengan mendaftar lewat kantor cabang. Pendaftaran internet banking di kantor cabang relatif gampang dilakukan karena akan dipandu langsung oleh petugas. Untuk lebih jelasnya, berikut cara daftar internet banking BRI lewat kantor cabang.

1) Nasabah yang akan membuat akun internet banking bisa langsung datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat. Tentunya, nasabah harus membawa persyaratan berupa KTP, buku tabungan, dan kartu ATM.

2) Untuk mendaftar, nasabah juga diharuskan memiliki nomor telepon dan email aktif. Isi formulir pendaftaran IB BRI dan aktivasinya.

3) Setibanya di kantor cabang BRI, nasabah bisa melakukan pengisian data sembari menunggu antrean di customer service (CS).

4) Saat gilirannya tiba, nasabah akan mendapatkan layanan dari CS yang akan memproses permohonan pendaftaran BRI IB.

5) Selanjutnya, nasabah akan diberikan pilihan untuk membeli token m-Token BRI.

6) Setelah m-Token diaktifkan, nasabah otomatis dapat menggunakan internet banking BRI untuk berbagai transaksi seperti cek saldo, transfer, dan sebagainya.

 

4. Persyaratan Daftar Internet Banking BRI

Sebelum mengetahui cara daftar internet banking BRI, tentu yang tak kalah penting adalah mengetahui ketentuan dan persyaratannya terlebih dahulu. Pasalnya, tanpa syarat dan ketentuan yang terpenuhi, permohonan untuk pembuatan akun internet banking BRI bisa tidak berhasil. Adapun beberapa persyaratan saat mendaftar internet banking BRI adalah sebagai berikut.

1) Nasabah harus memegang buku tabungan BRI (BritAma, BritAma Junior atau Simpedes) dan Giro (perorangan) yang memiliki kartu ATM BRI (BRI card) dalam status aktif.

2) Nasabah harus memiliki ponsel dengan sim card operator yang telah kerjasama dengan BRI. Dalam hal ini, antara lain: Telkomsel, Indosat, XL, Telkim Flexy, Bakrie Telecom dam Mobile-8.

3) Nasabah harus memiliki alamat email aktif untuk menerima notifikasi transaksi BRI Internet Banking.

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI