Cara Membuat Akun Google Baru yang Mudah dan Tepat, Bisa Dibuat di Komputer - HP

Kamis, 07 Oktober 2021 17:22 Penulis: Dhia Amira
Cara Membuat Akun Google Baru yang Mudah dan Tepat, Bisa Dibuat di Komputer - HP
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Setiap perangkat ponsel saat ini pasti terhubung dengan akun Gmail atau akun Google. Sehingga penting untuk kita mengetahui cara membuat akun Google baru, bila dibutuhkan. Dengan menggunakan akun Google pengguna bisa menikmati berbagai layanan dan fitur menggunakan akun Google atau Gmail. Misalnya saja terhubung dengan Google Playstore, akun sosial media, Google Drive, Gmaps, dan seterusnya.

Bukan hanya itu saja memiliki akun Google atau Gmail di HP juga dapat membantu kalian melacak ponsel ketika hilang. Karena itulah kini berbagai smartphone memerlukan akun Google untuk bisa menikmati layanan dan fitur canggih. Dan tenang KLovers, membuat akun Google baru tidak ribet kok dan cukup mudah untuk dilakukan. Terpenting kalian harus mengingat username dan password-nya bila sudah membuat akun Google.

Nah, untuk kalian yang ingin mengetahui bagaimana sih cara membuat akun Google baru baik di HP ataupun PC? Berikut ini ada beberapa tahapan yang bisa kalian pahami. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Manfaat Akun Gmail

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat akun Google baru, kalian perlu tahu bagaimana manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan memiliki akun Google. Ada banyak sekali manfaat yang kalian miliki dengan memiliki akun Google, bahkan akun yang diatur dengan baik dapat mempermudah kalian dalam berbagai hal. Berikut ini beberapa manfaat yang kalian dapat dengan memiliki akun Google:

1. Manfaat yang pertama yaitu dapat melakukan penyaringan spam. Google mencoba menyaring adanya upaya spam, virus, dan phising iklan, tapi tidak penyaringan yang 100 persen efektif. Sehingga akan lebih aman bagi kalian untuk memiliki sebuah aplikasi dan sebagainya.

2. Kemudian yang kedua yaitu, mendapatkan sebuah akses offline. Apa itu maksudnya? Kalian akan mendapatkan sebuah akses Google secara offline pada komputer meskipun tidak terhubung dengan internet. Caranya cukup mudah kok, kalian hanya perlu memasang ekstensi Google offline chrome pada web browser milik kalian.

3. Dan manfaat memiliki akun Gmail yang terakhir yaitu dapat merger dengan Google Hangouts. Pada dekstop Gmail akan menampilkan kontak hangouts di sisi kiri layar, sehingga kalian dapat mengetahui siapa saja kontak email yang menggunakan hangouts.

2. Cara Membuat Akun Google Baru di Komputer

Cara membuat akun Google yang pertama yaitu, kalian bisa melakukannya di komputer. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja, dan cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini beberapa tahapan dan cara membuat akun Google baru di komputer kalian:

1. Pertama kalian bisa masukkan ke alamat www.Gmail.com pada web browser.

2. Setelah itu kalian bisa klik create an account, maka sebuah kotak akan terbuka.

3. Atau kalian juga dapat langsung masuk ke alamat https://accounts.google.com/signup. Isi dengan memberikan data diri secara lengkap. Data diri yang perlu dilengkapi meliputi nama depan, nama belakang, username, dan password.

4. Pada isian setelah nama, kalian akan diminta untuk menuliskan username, kalian dapat memilih sendiri apa username kalian.

5. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Ada beberapa kemungkinan hal ini terjadi. Antara lain Username sudah digunakan orang lain, kemudian tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan. Dan bila kalian menemui hal semacam ini maka bisa mengakalinya dengan menambah angka atau mencoba username yang lain.

6. Setelah selesai memilih username, kalian bisa klik next dan isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.

7. Bila sudah mengisi semua kolom dengan baik dan tepat, maka kalian bisa langsung klik Next Step, maka setelah itu akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada I Agree.

8. Selesai, kalian telah memiliki akun Gmail sekarang.

3. Cara membuat Akun Google baru di HP Android

Selanjutnya yaitu, ada cara membuat akun Google baru dengan menggunakan HP android. Cara ini bisa kalian lakukan kapanpun, karena hanya menggunakan HP yang kalian miliki. Dan berikut ini ada beberapa tahapan dan cara membuat akun Google baru di HP android kalian:

1. Pertama kalian bisa cari menu setting atau pengaturan di HP.

2. Selanjutnya kalian bisa cari menu account atau akun.

3. Pilih add account atau tambah akun. Kemudian cari ikon google.

4. Setelah itu maka akan muncul pilihan sign in dan create a new account.

5. Selanjutnya kalian bisa pilih create a new account.

6. Isi nama depan dan nama belakang dan klik next.

7. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin dengan tepat dan klik next.

8. Pilih nama sebagai username kalian dan klik next.

9. Jika ternyata terdapat tulisan "That username is taken. Try another" Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kalian pilih. Maka kalian bisa mengakalinya dengan menambah angka.

10. Selanjutnya adalah memilih password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa. Samakan isian kolom atas dengan bawah.

11. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi. Jika kalian ingin mengisinya kemudian klik next. Jika tidak, kalian bisa klik skip.

12. Setelah itu akan muncul kotak Privacy and Terms dan klik I Agree.

13. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password.

14. Kemudian muncul pilihan pembayaran. Kalian bisa melewatinya dengan pilih No Thanks, lalu klik Next. Aplikasi akan memproses.

15. Setelah itu kalian akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa kalian telah memiliki akun Gmail baru.

 

4. Cara Membuat Akun Google Baru di iPhone

Dan cara membuat akun Google baru yang terakhir yaitu, kalian bisa membuatnya di iPhone. Cara ini hampir mirip dilakukan ketika kalian membuatnya di HP android. Berikut ini beberapa tahapan dalam cara membuat akun Google baru di iPhone:

1. Pertaa bukalah aplikasi Gmail milik kalian di iPhone, kemudian klik Google. Atau kalian juga bisa diakses melalui web pencarian www.gmail.com

2. Selanjutnya akan muncul halaman baru klik More Option.

3. Kemudian klik Creat Account, isikanlah nama depan dan nama belakang kalian, lalu tekan Next.

4. Masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin kalian, lalu klik Next.

5. Masukkan password yang kalian buat sendiri.

6. Jika muncul That username is taken. Try another itu berarti alamat email tersebut sudah ada yang menggunakannya. Cobalah kalian tambahkan angka atau salah satu inisial nama kalian.

7. Selanjutnya masukkan nomor Handphone kalian pada menu Add Phone number.

8. Setelah itu akan muncul di halaman Persyaratan klik Agree.

9. Selesai, akun Google baru kalian sudah siap. Bila sudah kalian bisa masukkan alamat email dan password yang tadi kalian buat lalu klik Next.

10. Guna mengsinkronkan Gmail milik kalian dengan Iphone, dan bukalah pengaturan serta klik menu Sandi dan Akun yang berada di bawah dengan lambang kunci.

11. Kemudian klik Tambah Akun, lalu pilih Google.

12. Masukkan alamat email dan password kalian, lalu klik Berikutnya.

13. Tunggu sampai ada verifikasi dalam inbox atau kotak masuk Gmail kalian. Dan akun Google milik kalian bisa langsung digunakan.

Itulah beberapa cara membuat akun Google baru di Hp hingga komputer dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba KLovers.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI