Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email Dengan Mudah, Lengkap Dengan Tutorial

Penulis: Editor Kapanlagi.com

Diperbarui: Diterbitkan:

Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email Dengan Mudah, Lengkap Dengan Tutorial Ilustrasi email (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi.com - Di era millenial sekarang ini apa-apa bisa lewat email. Melamar pekerjaan saja juga bisa dilakukan via email loh. Kamu sudah tau dong tentunya cara membuat email?Selain menghemat waktu, melamar pekerjaan via email memang lebih mudah di bandingkan dengan mengirim lewat pos atau mengantarkannya sendiri. Karena yang diperlukan hanyalah folder lengkap dan koneksi internet yang lancar.

Mengirim lamaran kerja lewat kantor pos, atau jasa antar, masih kalah efektif dibandingkan dengan lewat email. Kenapa? Karena jika dikirim lewat jasa antar barang akan memakan waktu yang cukup lama, dan juga nggak jamin kalau berkas nya masih dalam keadaan rapi atau tidak. Wah, pastinya bisa menurunkan nilai kalian dalam melamar pekerjaan. Sedangkan, membuat lamaran kerja via email hanya butuh beberapa saat saja, bahkan jika koneksi internetnya kuat dan lancar, bisa hanya beberapa detik. Buruan bikin kalo belum punya, karena cara membuat email itu nggak susah kok buat kamu yang belum punya.

Tapi memang nggak semua perusahaan memberikan opsi ini kepada si pelamar. Namun sangat memungkinkan sekali kalau kalian memperoleh info pekerjaan dari internet, kemungkinan besar mengharuskan kalian mengirim CV lewat email guys. Nah, karena itu buat kalian yang mungkin belum pernah mengirim CV lewat email sebelumnya, simak cara membuat lamaran kerja via email dengan mudah, lengkap dengan tutorial:

1. Pastikan kalian memiliki akun email

Jika belum, silahkan buat dulu ya guys.

2. Membuat berkas-berkas yang perlu di lampirkan

Biasanya berkas yang perlu kalian ketik kan adalah CV dan daftar riwayat hidup. Namun juga tergantung perusahaan yang bersangkutan, jika beberapa berkas telah di siapkan di website perusahaan, maka kalian hanya perlu mengunduh, kemudian mengedit. Biasanya untuk kelengkapan berkas kalian juga diminta untuk menyiapkan soft file, ijazah, dan pas foto. Untuk hal ini kalian hanya perlu men-scan berkas-berkas tersebut. Namun perlu di ingat, itu semua tergantung dari ketentuan perusahaan yang kalian lamar. Maka dari itu, cek dulu dan cermati dengan teliti.

3. Buka akun email kalian (yahoo mail atau Gmail)
4. Klik compose/tulis
5. Isikan alamat email perusahaan yang dituju
6. Isi juga subject email

Sangat penting untuk menulis subject email, kenapa? Karena jika kalian mengisi subject email dengan tujuan yang jelas seperti contoh “Lamaran Kerja 2019”, maka email kalian akan di notice oleh HRD. Jika tidak maka email kalian tidak akan dibaca dan malah akan tertimbun oleh email pelamar lainnya yang mencantumkan subject di email mereka. Sedangkan, untuk cc bisa dikosongi.

7. Sertakan cover letter

Apa itu cover letter? Cover letter adalah kata pengantar untuk perkenalan identitas kalian secara singkat, menuliskan posisi jabatan yang sedang dilamar, deskripsi keahlian dan ketrampilan secara singkat, dan juga jangan lupa diakhiri dengan ucapan terima kasih. Dengan catatan, harus sopan, jelas, dan tidak berbasa-basi.

8. Upload atau masukkan berkas-berkas yang akan dilampirkan

Caranya dengan klik icon yang dilingkari merah seperti di bawah ini.

9. Klik kirim/sent

Setelah semua berkas dirasa lengkap, kalian bisa langsung mengirimnya guys. Tapi lebih baik kalian cek lagi berkas file yang kalian kirimkan supaya tidak ada yang terlewatkan.

Selamat mencoba.

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

 

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/mag/evv)

Rekomendasi
Trending