Cara Membuat Whatsapp Baru dan WhatsApp Business dengan Mudah

Senin, 15 November 2021 16:22
Cara Membuat Whatsapp Baru dan WhatsApp Business dengan Mudah
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan yang cukup populer. Wajar jika kini, setiap kali memulai perkenalan, orang sering menanyakan nomor WhatsApp sebagai kontak untuk melanjutkan komunikasi. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui cara membuat WhatsApp baru.

Apalagi, fitur WhatsApp pun terus berkembang sejak perilisannya pada tahun 2009 silam. Cara membuat WhatsApp pun cukup mudah dilakukan. Kalian hanya perlu menginstal, mendaftarkan akun, dan menikmati berbagai fasilitas. Fasilitas tersebut antara lain, fitur pesan via teks, emoji, stiker, voice note, call, dan video call dengan pengguna lain.

Selain itu, jika kalian merupakan seseorang yang baru merintis usaha, perlu untuk mengetahui cara membuat WhatsApp Business. Kalian akan terbantu dalam memaksimalkan bisnis melalui berbagai fitur yang ditawarkan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak berbagai informasi tentang WhatsApp berikut ini.

1. Cara Membuat Whatsapp Baru

Cara membuat WhatsApp baru sebenarnya cukup mudah. Jika kalian lupa atau kali ini memang pengalaman pertama kalian membuat WhatsApp, langsung saja simak penjelasan beserta langkah-langkahnya berikut ini.

1. Unduh Aplikasi WhatsApp di PlayStore atau App Store.

2. Selanjutnya, buka aplikasi yang sudah terunduh.

3. Klik setuju dan lanjutkan, lalu kalian akan melihat tampilan "Selamat datang di WhatsApp".

4. Klik setuju dan lanjutkan.

5. Setelah itu kalian harus memasukkan nomor telepon aktif dan pihak WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS.

6. Lanjut, tulis kode verifikasi di kolom yang sudah disediakan.

7. Jika kalian belum menerima SMS, silakan klik "kirim ulang SMS", jika tetap belum bisa klik "panggil saya".

8. Jika letak kartu nomor dan aplikasi WhatsApp berada di HP yang sama, biasanya kode yang terdiri dari enam digit akan masuk secara otomatis dan terverifikasi.

9. Selanjutnya, kalian bisa mengizinkan akses WhatsApp untuk kontak, foto, media, dan file.

10. Jika ingin menemukan WhatsApp orang lain dari kontak kalian, kalian juga bisa mengizinkan akses kontak.

11. Lanjut isi nama WhatsApp dan kalian bisa memasukkan foto profil.

2. Memulai Chat WhatsApp

Setelah berhasil menerapkan tata cara membuat WhatsApp di atas, kalian bisa mulai mencoba berbagai fiturnya. Sebagai aplikasi pesan instan, kalian bisa mencoba untuk memulai obrolan chat terlebih dahulu melalui langkah-langkah berikut ini.

- Klik tanda mulai chat.

- Cari kontak WhatsApp yang ingin kalian chat.

- Cara lain yang bisa kalian tempuh, yaitu dengan menulis langsung nama kontak orang tersebut di kolom "cari".

- Jika kalian sudah menemukan namanya, langsung klik saja di kontak tersebut.

- Kolom obrolan akan langsung terbuka dan kalian sudah siap memulai obrolan.

- Tulis sapaan atau pesan yang ingin kalian sampaikan, lalu kirim.

- Jika ingin telepon dan video call, klik tanda telepon di sebelah nama orang kontak.

3. Cara Membuat Whatsapp Business

Selai membuat WhatsApp untuk berkirim pesan, kini kalian juga perlu mengetahui cara membuat WhatsApp Business. Kalian pun bisa mengunduh aplikasinya secara gratis untuk menunjang bisnis. Transaksi dengan pelanggan bisa kalian lakukan lebih mudah secara online.

- Unduh lalu buka aplikasi WhatsApp Business di Play Store atau App Store.

- Tinjau Ketentuan Layanan dengan membaca terlebih dahulu sebelum melanjutkan.

- Lanjut daftar dengan memilih negara dari daftar tarik turun untuk menambahkan kode negara, lalu masukkan nomor telepon kalian dalam format nomor telepon internasional, "+62" untuk Indonesia.

- Klik "Selesai", lalu "Oke" dan kalian akan menerima 6 digit kode verifikasi melalui SMS.

- Baca ketentuan dan izinkan akses ke kontak dan foto.

- Selanjutnya, masukkan nama bisnis kalian, pilih kategori, dan masukkan foto profil.

- Selanjutnya, kalian bisa membuat profil dengan klik "Jelajah" kemudian klik "Profil Bisnis" untuk menambahkan informasi, seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lain sebagainya.

4. Fitur Aplikasi WhatsApp Business

Setelah berhasil menerapkan tata cara membuat WhatsApp Business, kalian perlu mengetahui fitur yang bisa dimanfaatkan secara maksimal. Dalam aplikasi ini, kalian bisa terhubung dengan pelanggan secara langsung, mempromosikan produk dan layanan, serta menjawab pertanyaan saat proses transaksi.

Proses tersebut akan sangat terbantu jika kalian memaksimalkan berbagai fitur di bawah ini.

- Katalog: kalian bisa menampilkan dan membagikan informasi produk serta layanan.

- Tautan pendek: fitur ini akan mempermudah pelanggan baru untuk terhubung dengan kalian. Bagikan tautan pendek yang dibuat secara otomatis untuk memungkinkan mereka mengirim pesan.

- Fitur perpesanan: kalian bisa menggunakan template perpesanan WhatsApp untuk membuat percakapan penting dari awal. Buat salam yang dikirim secara otomatis untuk berinteraksi dengan pelanggan baru. Setel pesan di luar jam kerja agar pelanggan mengetahui kapan bisnis akan buka kembali atau buat balas cepat untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

- Label: urutkan percakapan dengan pelanggan menjadi beberapa kategori, seperti "Pelanggan baru" atau "Pesanan dalam proses".

Nah, KLovers, itulah cara membuat WhatsApp baru untuk menunjang kebutuhan komunikasi sehari-hari. Penjelasan mengenai WhatsApp Business pun akan cukup membantu kalian dalam mengembangkan bisnis.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI