Cara Mencari Jurnal di Google Cendekia untuk Bahan Skripsi, Lengkap dan Praktis Banget

Kamis, 30 Juni 2022 18:44
Cara Mencari Jurnal di Google Cendekia untuk Bahan Skripsi, Lengkap dan Praktis Banget
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Bagi seorang akademisi, jurnal cukuplah penting dalam menunjang proses pembelajaran. Terlebih saat ini mencari jurnal sangatlah mudah. Apalagi ada fitur dan layanan Google Cendekia yang memudahkan akademisi mencari jurnal secara lengkap dan terpercaya.

Google Cendekia dikenal juga dengan nama Google Scholar.  Kalian pastinya sudah nggak asing lagi dengan penggunaan Google Scholar yang sangat memudahkan banyak pelajar, akademisi, ataupun praktisi menemukan karya ilmiah dari berbagai perguruan tinggi.

Fitur-fitur di Google Cendekia sangatlah lengkap untuk mencari materi ilmiah berupa jurnal-jurnal secara online. Tidak heran layanan ini sangatlah menguntungkan bagi para pelajar, akademisi, maupun praktisi di seluruh dunia. Apalagi, cara mencari jurnal di Google Cendekia terbilang sangat praktis dan mudah.

Pasalnya pengguna hanya perlu memasukkan kata kunci pada kolom search di Google Cendekia. Selain itu jurnal yang disediakan juga sangat beragam dalam berbagai format sekaligus bahasa. Oleh karena itu di bawah ini ada panduan cara mencari jurnal di Google Cendekia secara mudah.

1. Cara Mencari Jurnal di Google Cendekia

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, cara mencari jurnal di Google Cendekia cukup praktis. Langkahnya sebenarnya serupa seperti kalian searching di Google browser. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencari jurnal di Google Cendekia. Nah, berikut ini panduan cara mencari jurnal di Google Cendekia.

- Buka browser kalian di laptop ataupun HP.

- Kemudian kunjungi situs Google Cendekia https://scholar.google.co.id/schhp?Hl=id

- Setelah itu kalian bisa memasukkan kata kunci atau keyword jurnal yang ingin dicari pada kolom search Google Cendekia.

- Kemudian Google Cendekia akan memproses pencarian jurnal.

- Maka akan muncul banyak referensi jurnal dari berbagai perguruan tinggi dalam beragam format.

- Untuk membuka dan membaca jurnal kalian bisa langsung klik salah satu halaman yang sesuai dengan materi skripsimu.

- Selesai.

Itulah panduan cara mencari jurnal di Google Cendekia yang sangat mudah kalian akses. Sehingga membantumu menemukan beragam materi jurnal ilmiah di Google Cendekia secara praktis.

2. Cara Mengunduh Jurnal di Google Cendekia

Tidak hanya cara mencari jurnal di Google Cendekia saja yang mudah. Karena pengguna juga bisa mengunduh atau menyimpan jurnal ilmiah melalui Google Cendekia. Setelah tahu bagaimana cara mencari jurnal di Google Cendekia, cek di sini bagaimana langkah untuk cara mengunduh jurnal di Google Cendekia.

- Buka situs Google Cendekia di browser kalian.

- Cari jurnal yang kalian butuhkan.

- Buka jurnal sesuai referensi yang ingin kalian gunakan.

- Setelah halaman terbuka kalian bisa klik PDF pada keterangan Full Text.

- Kemudian akan terbuka halaman jurnal di Google Cendekia.

- Klik ikon Download untuk mengunduhnya.

- Tunggu hingga proses pengunduhan file jurnal selesai.

- Maka otomatis jurnal yang sudah didownload akan tersimpan pada penyimpanan perangkat kalian.

- Selesai.

3. Kelebihan dan Kekurangan Google Cendekia

Setelah tahu cara mencari jurnal di Google Cendekia dan mengunduhnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kalian mengakses Google Cendekia. Salah satunya mengenai kelebihan dan kekurangan Google Cendekia. Oleh karena itu sebagai bahan referensi tambahan, di bawah ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan Google Cendekia yang perlu kalian ketahui.

1. Kelebihan Google Cendekia:

- Mudah diakses oleh siapapun secara free dan tidak terbatas.

- Lengkap bisa menemukan banyak artikel ilmiah.

- Mudah menyimpan dan mengunduh artikel ilmiah yang dibutuhkan.

- Pencarian bisa disesuaikan dengan tahun, jenis, penerbit dan lainnya di Google Cendekia.

- Adanya fitur seleksi.

- Fitur mengutip tulisan secara langsung.

- Mengaktifkan notifikasi update terbaru artikel atau jurnal ilmiah dari Google Cendekia via Gmail.

2. Kekurangan Google Cendekia:

- Tidak adanya fitur download file secara langsung.

- Beberapa referensi di Google Cendekia memerlukan login apabila ingin mengunduh file.

- Sejumlah bahan ataupun data mungkin tidak bisa ditemukan secara spesifik.

- Beberapa di antaranya tidak menyediakan nama penerbit lengkap.

4. Situs Mencari Jurnal dan Artikel Ilmiah Lainnya

Selain Google Cendekia atau Google Scholar, terdapat beberapa situs yang dapat digunakan oleh pelajar, akademisi, dan praktisi untuk mencari jurnal atau artikel ilmiah. Nah, sebagai tambahan informasi berikut ini ada beberapa situs mencari jurnal dan artikel ilmiah lainnya.

1. Perpusnas

Situs ini bisa dimanfaatkan untuk mencari jurnal atau artikel ilmiah secara mudah. Di mana layanan ini dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI. Untuk mengaksesnya pengguna perlu mendaftarkan diri sebagai anggota terlebih dahulu. Adapun alamat situsnya yakni https://e-resources.perpusnas.go.id/.

2. Academia.edu

Situs ini juga dapat pengguna manfaatkan untuk mencari jurnal atau artikel ilmiah. Situs ini sangatlah populer di kalangan pelajar dan akademisi. Di mana pengguna dapat mendaftarkan diri lebih dahulu agar bisa mengakses setiap jurnal, artikel, atau penelitian di Academia.edu.

3. Research Gate

Situs ini juga dapat pengguna gunakan buat mencari banyak artikel dan jurnal ilmiah. Menariknya lagi dalam situs ini juga menyediakan forum diskusi. Meskipun tersedia secara gratis, namun beberapa di antaranya memerlukan izin akses dari pemilik.

4. Jurnal.lipi.go.id

Situs ini bisa pengguna akses untuk mencari jurnal kimia, biologi, teknik fisika ataupun lainnya secara free. Di mana situs ini disediakan oleh LIPI untuk memudahkan masyarakat mencari bahan skripsi ataupun artikel ilmiah.

Itulah penjelasan mengenai cara mencari jurnal di Google Cendekia. Semoga dapat membantumu mengetahui langkah-langkah menemukan jurnal ilmiah dan artikel secara mudah.

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI