Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Paling Ampuh, Mudah & Tanpa Sakit

Sabtu, 11 Mei 2019 12:27 Penulis: Editor KapanLagi.com
Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Paling Ampuh, Mudah & Tanpa Sakit
ilustrasi komedo (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Sama halnya seperti jerawat, munculnya komedo juga bisa bikin kamu kesal. Pasalnya, selain membuat permukaan kulit menjadi terlihat kasar, bagi kamu yang suka memakai make up, dengan adanya komedo make up tidak bisa menempel dengan sempurna. Hal itu bisa mempengaruhi penampilan dan juga membuat kamu menjadi kurang percaya diri.

Seperti dilansir dari alodokter, jerawat sendiri adalah benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit dan biasanya nampak seperti sekumpulan bintik-bintik kecil berwarna gelap bila dilihat. Komedo biasanya muncul di bagian hidung. Namun, tak hanya di hidung atau pun bagian wajah saja, komedo juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya seperti punggung, bahu, dada, ataupun lengan.

Munculnya komedo biasanya disebabkan oleh banyak hal, seperti penggunaan make up secara berlebihan atau pun karena kamu tidak cocok dengan kandungan yang ada pada make up tertentu. Stress dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak juga menjadi penyebab munculnya masalah kulit yang satu ini. Ada banyak cara untuk menghilangkan komedo. Baik secara manual ataupun dengan perawatan seperti peeling. Namun, biasanya menghilangkan komedo secara manual akan berasa lebih sakit. Nah, untuk itu ada salah satu cara alami yang bisa kamu coba untuk menghilangkan komedo tanpa rasa sakit yakni dengan menggunakan pasta gigi. Bahan yang sangat familiar bagi kita ini bisa menjadi alternatif lain jika kamu ingin membasmi komedo dengan mudah dan pastinya tanpa sakit. Berikut, 2 cara praktis dan ampuh hilangkan komedo dengan menggunakan pasta gigi.

Cara 1: Pasta Gigi dan Garam

Pasta gigi dan garam merupakan kombinasi yang pas bagi kamu yang ingin menghilangkan komedo. Yodium yang terkandung pada garam dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan fluoride yang ada pada pasta gigi berguna untuk mengatasi peradangan pada kulit yang disebabkan komedo. Lalu, bagaimana langkah-langkahnya?

  1. Campurkan 1 sdt garam dan 1 sdt pasta gigi mint, aduk hingga rata
  2. Aplikasikan campuran keduanya pada area yang berkomedo
  3. Biarkan selama 5 menit
  4. Pijat area yang sudah diolesi secara lembut
  5. Bilas dengan air dingin
  6. Bilas kembali dengan air hangat

Cara 2: Pasta Gigi

ilustrasi sikat dan pasta gigi (credit: shutterstock)ilustrasi sikat dan pasta gigi (credit: shutterstock)

Cara selanjutnya yakni cukup sederhana dan sangat mudah. Kamu juga bisa menggunakan pasta dan sikat gigi untuk membasmi komedo. Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Oleskan pasta gigi secukupnya ke area yang komedo
  2. Sikat secara perlahan menggunakan sikat gigi sekitar 5-10 menit
  3. Bilas dengan air bersih

Bagaimana cara di atas? Cukup mudah kan? Kini, kamu bisa menghilangkan komedo di rumah dengan mudah dan tanpa merasa sakit. Tapi, segera hentikan pemakaian ya jika kulitmu mengalami iritasi seperti gatal dan kemerahan karena kulit setiap orang berbeda-beda dalam menghadapi kandungan bahan tertentu. Selamat mencoba.

Penulis: Devi Puspita

 

(kpl/mag/dev)



MORE STORIES




REKOMENDASI