5 Cara Merestart HP Oppo dengan Mudah dan Lengkap, Bisa Tanpa Tombol

Jum'at, 31 Desember 2021 10:33
5 Cara Merestart HP Oppo dengan Mudah dan Lengkap, Bisa Tanpa Tombol
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Cara merestart HP Oppo sebenarnya dapat dilakukan dengan beragam langkah mulai dari pakai tombol fisik, tanpa tombol, ataupun memasang aplikasi. Sementara itu ketahui dulu penyebab HP Oppo kalian perlu segera melakukan restart.

Restart HP memiliki berbagai fungsi salah satunya dapat meningkatkan kinerja ponsel. Pasalnya saat melakukan restart HP, maka sistem akan memulai ulang. Sehingga kinerja ponsel dapat lebih ringan dan lancar lagi.

Berbagai jenis ponsel juga dilengkapi dengan cara restart. Termasuk HP Oppo yang sudah dibekali dengan fitur restart. Di antara cara merestart HP Oppo, menggunakan tombol fisik adalah yang paling mudah. Meski begitu ada juga cara merestart HP Oppo tanpa tombol fisik.

Karena itulah berikut ini ulasannya tentang cara merestart HP Oppo. Adapun cara merestart HP Oppo sebagai berikut tidak akan menghapus data-data yang tersimpan di ponsel. Sebab restart berbeda dengan reset.

1. Penyebab HP Oppo Perlu Restart

Setiap ponsel dilengkapi dengan fitur untuk restart HP. Salah satunya HP Oppo yang juga dibekali dengan fitur untuk merestart. Namun terkadang HP juga tak selalu memerlukan restart. Meski begitu ada kondisi mengapa perlu segera merestart HP Oppo. Karena itulah sebelum tahu cara merestart HP Oppo, pahami dulu apa saja penyebab HP perlu melakukan restart. Ya, berikut ini penyebab HP Oppo perlu restart.

- Ketika HP Oppo kalian mulai tidak merespon saat disentuh pada layarnya.

- Ketika HP Oppo kalian mulai mengalami lemot, lamban, dan not responding ketika membuka aplikasi tertentu.

- Ketika HP Oppo kalian tidak dapat mengisi daya.

- Ketika HP Oppo kalian tiba-tiba layar hitam dan tidak dapat menyala.

Itulah beberapa penyebab HP Oppo perlu melakukan restart. Sehingga sistem dapat memulai ulang dan mengatasi masalah yang muncul.

2. Cara Merestart HP Oppo dengan Tombol

Setelah tahu penyebab HP Oppo perlu melakukan restart, ketahui juga bagaimana cara merestart HP Oppo. Sebenarnya hampir semua HP memiliki cara merestart yang hampir serupa. Ya, cara merestart HP Oppo dapat dilakukan dengan menggunakan tombol fisik. Di mana umumnya pengguna bisa memanfaatkan kombinasi antara tombol power dan volume. Meski begitu ada juga beberapa ponsel dapat melakukan restart HP hanya dengan menekan tombol power.

- Sementara itu berikut cara merestart HP Oppo dengan tombol fisik. Cara merestart HP Oppo dengan tombol fisik terbilang sangat mudah dan praktis.

- Pertama cek apakah tombol fisik kalian berfungsi dengan baik.

- Setelah itu, ketika ponsel dalam keadaan hidup tekan dan tahan tombol power dan volume atas.

- Tekan dan tahan selama beberapa detik hingga ponsel kembali menyala.

- Tunggu hingga proses restart selesai dan sistem memulai ulang.

- Selesai.

Itulah cara merestart HP Oppo dengan tombol fisik. Sehingga mudah kalian lakukan untuk segera melakukan cara merestart HP Oppo dan memulai ulang sistem.

3. Cara Merestart HP Oppo Tanpa Tombol

Selain cara merestart HP Oppo dengan tombol fisik, ada pula metode lain untuk restart HP. Ya, cara merestart HP Oppo ini dapat kalian lakukan apabila tombol fisik tidak berfungsi. Artinya ada alternatif lain untuk memudahkan kalian menggunakan cara merestart HP Oppo tanpa tombol. Langsung saja simak ulasannya tentang cara merestart HP Oppo tanpa tombol fisik.

2. Cara Merestart HP Oppo dengan Fitur Bawaan

- Pertama buka menu pengaturan di HP kalian.

- Selanjutnya pilih Pengaturan Tambahan.

- Pilih Aksesbilitas.

-Klik Menu Aksesbilitas.

- Lalu aktifkan Menu aksesbilitas hingga ikon tombol berubah warna hijau.

- Klik Ok.

- Lalu berikan akses izin kontrol.

- Selanjutnya akan muncul ikon pada pojok bawah.

- Nantinya kalian bisa klik ikon tersebut untuk restart HP Oppo tanpa tombol power.

- Selesai.

3. Cara Merestart HP Oppo dengan Melepas Baterai

- Pertama buka pelindung HP Oppo.

- Lalu lepaskan baterai.

- Coba pasang ulang baterai.

- Lalu hidupkan lagi HP Oppo kalian.

- Cara merestart HP Oppo ini cocok buat tipe HP Oppo yang memiliki baterai bisa dilepas. Sedangkan untuk tipe HP Oppo dengan baterai tanam maka kalian dapat meminta bantuan service center untuk melakukan restart HP.

Itulah beberapa cara merestart HP Oppo dengan mudah tanpa tombol fisik. Sehingga dapat membantu kalian untuk segera merstart HP Oppo dan memulai ulang sistem.

4. Cara Merestart HP Oppo dengan Aplikasi

Sementara itu ada juga cara merestart HP Oppo menggunakan aplikasi tambahan. Ya, cara merestart HP Oppo dengan aplikasi dapat dilakukan apabila kalian ingin melakukan restart tanpa tombol power ataupun tanpa perlu melepas baterai. Nah, berikut ini cara merestart HP Oppo dengan aplikasi tambahan.

- Pertama unduh dan instal aplikasi bernama Fast Reboot.

- Lalu buka aplikasi tersebut.

- Selanjutnya pilih menu Restart ataupun Reboot.

- Maka otomatis, HP Oppo akan merestart dengan aplikasi Fast Reboot tersebut.

- Tunggu hingga HP memulai ulang sistem.

5. Cara Merestart HP Oppo Secara Paksa

Ada juga langkah untuk cara merestart HP Oppo secara paksa jika ponsel mungkin tidak merespon atau tombol juga tak berfungsi. Nah, berikut ini langkah untuk cara merestart HP Oppo secara paksa.

- Pertama cek dulu apakah tombol fisik HP Oppo kalian berfungsi dengan baik atau tidak.

- Lalu lepaskan pelindung ponsel untuk memudahkan kalian menekan tombol jika memang berfungsi dengan baik.

- Lalu coba sambungkan ponsel dengan pengisi daya dan biarkan hingga baterai terisi beberapa menit.

- Coba lagi restart HP Oppo seperti biasanya menggunakan tombol power.

- Apabila penyebab ponsel perlu restart adalah karena layar yang tiba-tiba hitam. Cobalah untuk mendinginkan ponsel terlebih dahulu. Karena bisa jadi penyebabnya adalah karena ponsel terlalu panas.

- Cara terakhir adalah dengan melepas baterai untuk melakukan restart HP Oppo.

Itulah beberapa cara merestart HP Oppo dengan mudah untuk membantu kalian memulai ulang sistem. Semoga informasi di atas dapat membantumu tahu langkah cara merestart HP Oppo.

Sumber: Oppo.com, projektino.com dan sumber lainnya.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI