5 Cara Scan Foto di HP yang Praktis, Bisa Pakai Aplikasi - Situs Online

Senin, 06 Desember 2021 18:11 Penulis: Dhia Amira
5 Cara Scan Foto di HP yang Praktis, Bisa Pakai Aplikasi - Situs Online
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Di zaman yang serba mudah ini, apapun bisa kita lakukan terutama bersangkutan dengan teknologi. Ya, HP saat ini bukan hanya digunakan untuk komunikasi saja, namun bisa dilakukan untuk apapun termasuk scan foto. Yup! Nyatanya ada loh cara scan foto di HP, bahkan ini bisa kalian lakukan sendiri dengan mudah.

Scan dokumen memang perlu dilakukan, terutama untuk kalian yang sedang melamar pekerjaan, hingga tugas kampus maupun kantor. Dulu scan hanya bisa dilakukan dengan mesin scan, bila tidak memilikinya, tentu kita harus ke tempat fotocopy. Hal ini tentu akan sedikit merepotkan, apalagi bila dokumen yang diperlukan dengan segera. Tentu ini akan membuat kita merasa sedikit kesulitan.

Namun tenang KLovers, di zaman modern ini sudah banyak kemudahan untuk kita, terutama cara scan foto di HP. Yup! Kalian bisa loh melakukan scan foto di HP kalian. Bahkan hal ini bisa dilakukan secara gratis. Kalian bisa melakukannya dengan aplikasi ataupun melalui situs online. Bahkan cara scan foto di HP ini sangat mudah dilakukan, tanpa memerlukan waktu yang lama.

Bagi KLovers yang penasaran cara scan foto di HP dengan mudah dan praktis. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa cara scan foto di HP. Bisa menggunakan aplikasi hingga situs online gratis. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Cara Scan Foto di HP Via Google Drive

Cara scan foto di HP yang pertama yaitu, kalian bisa menggunakan aplikasi Google Drive. Ya, biasanya aplikasi Google Drive merupakan aplikasi bawaan dari HP. Sehingga kalian tidak perlu mendownload aplikasi ini. Berikut ini beberapa cara scan foto di HP dengan menggunakan Google Drive:

1. Pertama kalian bisa buka aplikasi Google Drive.

2. Setelah itu, lihat di kanan bawah, ketuk Tambah (Add), kemudian pilih opsi "Scan".

3. Ambil foto dokumen yang ingin kalian pindah. Sesuaikan area pemindaian: Ketuk Pangkas (Crop).

4. Ambil foto lagi: Ketuk Re-scan halaman "Re-scan current page", kemudian pindai halaman lain: Ketuk Tambah (Add).

5. Untuk menyimpan dokumen yang sudah selesai, ketuk Selesai (Done).

2. Cara Scan Foto di HP Via Aplikasi Simple Scanner

Kemudian cara scan foto di HP yang kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi Simple Scanner. Ya, bagi kalian yang ingin menggunakan aplikasi, maka cara scan foto di HP dengan Simple Scanner ini bisa menjadi pilihan kalian. Berikut ini beberapa cara scan foto di HP dengan aplikasi Simple Scanner:

1. Pertama kalian wajib install aplikasi Simple Scanner.

2. Setelah itu, buka aplikasi Simple Scanner yang sudah di download, lanjut klik ikon kamera di pojok bawah.

3. Jika telah di scan ataupun di foto seperti di foto, klik ceklist di bagian kanan bawah.

4. Kemudian kalian bisa sesuaikan KTP di Scan, lalu kalian dapat mengganti warna pada dokumen tersebut. Bila telah, klik centang ataupun berikutnya.

5. Ganti Warna di Scan KTP. Bila kalian mau menyimpannya di gallery, maka kalian dapat klik "File Dokumen" tersebut yang sudah di scan.

6. Pilih Dokumen di "Simple Scan Android".

7. Selanjutnya klik titik 3 yang ada di bagian kanan atas, kemudahan klik "Pengaturan Simple Scan".

8. Berikutnya, klik "Simpan Ke Gallery" dan selesai.

3. Cara Scan Foto di HP Aplikasi Tiny Scanner

Sama mudahnya dengan aplikasi Simple Scanner, kalian juga bisa menggunakan aplikasi Tiny Scanner sebagai salah satu cara scan foto di HP. Ya, Tiny Scanner merupakan sebuah aplikasi scan dokumen berupa foto yang bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis. Berikut ini beberapa cara scan foto di HP dengan menggunakan Tiny Scanner:

1. Pertama kalian bisa download aplikasi Tiny Scanner melalui Playstore.

2. Kemudian buka aplikasinya, lalu pilih ikon kamera lalu foto dokumen yang ingin di scan.

3. Atur posisi sesuai kebutuhan dan tekan centang untuk menyimpan.

4. Pilih format hasil scan disimpan dalam PDF atau JPG.

5. Selesai.

4. Cara Scan Foto di HP Via Situs Online

Tidak ingin menggunakan aplikasi? Tenang KLovers, kalian bisa menggunakan sebuah situs online kok, sebagai salah satu cara scan foto di HP. Ya, salah satu situs online ini bisa mempermudah kalian dalam melakukan scan di HP. Berikut ini cara scan foto di HP dengan menggunakan situs online:

1. Pertama, kunjungi web onlinecamscanner.com terlebih dahulu.

2. Berikutnya, jalani scan lewat Kamera ataupun Galeri, bila kamera maka akan muncul kamera di OnlineCamScanner.

3. Lalu arahkan kamera tersebut ke dokumen yang mau discan dan gambar dokumen yang mau di Scan.

4. Bila sudah, klik "OK" dan ambil gambar scan dokumen di kamera.

5. Setelah itu, kalian dapat memotong gambar sesuai dengan pola berkas tersebut. Bila telah diatur klik "Tanamkan" ataupun ikon "Centang" di pojok kanan bawah.

6. Sesuaikan ukuran Hasil Scan yang kalian inginkan. Jika telah selesai, kalian dapat mengunduh file tersebut dengan cara klik "Download".

7. Pilih format mau PDF, JPG, ataupun PNG sesuaikan dengan yang diinginkan.

8. Dan selesai.

5. Cara Scan Foto di HP iPhone

Dan yang terakhir yaitu ada cara scan foto di HP dengan menggunakan iPhone. Ya, bagi kalian pengguna iPhone bisa loh menggunakan cara scan foto di HP ini. Berikut ini beberapa cara scan foto di HP iPhone yang mudah dan praktis:

1. Pertama kalian bisa buka Notes.

2. Ketuk ikon kotak dengan pensil di dalamnya untuk membuat catatan baru.

3. Ketuk lingkaran dengan tanda + di dalamnya.

4. Menu muncul di atas keyboard kalian. Di menu itu, ketuk lagi lingkaran dengan tanda + di dalamnya.

5. Pilih Scan Documents.

6. Posisikan kamera ponsel kalian di atas dokumen yang akan dipindai. Notes akan secara otomatis fokus dan mengambil gambar dokumen atau kalian dapat mengontrolnya secara manual.

7. Setelah kalian memindai halaman, Notes akan menunjukkan kepada kalian pratinjau dan memberikan opsi untuk Keep Scan atau Retake.

8. Setelah selesai memindai semua halaman, kalian dapat meninjau daftar dokumen yang dipindai di Notes. Jika kalian perlu melakukan koreksi, seperti memotong gambar atau memutar gambar, cukup ketuk gambar halaman yang ingin kalian koreksi dan itu akan membuka halaman itu dengan opsi pengeditan ditampilkan.

10. Ketika kalian selesai dengan koreksi apa pun, ketuk Selesai/Done di sudut kiri atas untuk menyimpan pemindaian yang disesuaikan secara otomatis.

11. Saat kalian siap untuk mengunci pemindaian sebagai PDF, ketuk ikon Unggah/Upload. kalian kemudian dapat memilih untuk membuat PDF, menyalin ke program lain, dan sebagainya.

12. Ketuk Buat PDF. PDF dari dokumen yang dipindai kalian akan terbuka di Notes. Ketuk Selesai/done.

Itulah beberapa cara scan foto di HP yang bisa kalian dengan mudah dan praktis. Cara scan foto di HP ini bisa kalian lakukan menggunakan aplikasi hingga situs online. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI