Catat! Ini Syarat dan Ketentuan Sebelum Liburan ke Eropa

Rabu, 16 Oktober 2019 07:00 Penulis: Iwan Tantomi
Catat! Ini Syarat dan Ketentuan Sebelum Liburan ke Eropa
©Freepik

Kapanlagi Plus - Ada begitu banyak tempat yang menawarkan nuansa yang unik dan berbeda buat merayakan pergantian tahun. Daripada bingung mencari destinasi liburan, kenapa nggak mencoba menghabiskan waktu libur di Eropa?

Pengalaman berbeda dijamin bakal kamu rasakan selama berlibur ke berbagai destinasi hits yang ada di sana. Mulai dari dinner cruise di Sungai Seine yang ada di Perancis, London Wonderland di Hyde Park, hingga berpesta di Madeira Islands, Portugal. Sebelum mengemas koper untuk merayakan New Year's Eve di Eropa, ada syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi, salah satunya visa Schengen.

Banyak yang menganggap dokumen sakti yang dapat membawamu ke 26 negara di kawasan Schengen ini cukup ribet untuk diurus. Padahal kalau memahami cara dan prosesnya, cukup mudah kok untuk mendapatkan visa ini.

Apa Sih Visa Schengen Itu?

Jika ingin traveling ke negara-negara yang ada di Eropa dalam area Schengen, kamu wajib memiliki Visa Schengen. Visa yang satu ini membuat para traveler bisa mengunjungi 26 negara hanya dengan satu visa saja. Beberapa negara di Eropa yang tergabung antara lain Austria, Belanda, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Hungaria, Italia, dan masih banyak lagi.

Kunjungi Agen Pembuatan Visa

Perhatikan detil yang diminta sebelum memilih negara perwakilan untuk mengajukan permohonan visa. Sebagian besar bisa diurus di VFS, tapi ada juga beberapa negara yang nggak memiliki kantor perwakilan di Indonesia. Umumnya, kamu bisa mengajukan permohonan visa Schengen di negara pertama tempatmu mendarat atau negara tempatmu menghabiskan waktu paling banyak selama liburan di Eropa.

Dokumen yang Diperlukan

Pastikan kelengkapan dokumen sebelum apply visa Schengen. Selain paspor yang masih memiliki masa berlaku minimal 6 bulan, form permohonan visa yang sudah diisi lengkap, dan rekening koran, siapkan juga foto berlatar belakang putih, tiket pesawat PP, bukti reservasi pengonapan, dan itinerary perjalanan selama di Eropa. Tak ketinggalan, asuransi visa Schengen yang jadi penentu mendapatkan visa untuk mengunjungi negara-negara di kawasan Schengen.

Biaya Pengurusan Visa Schengen

Untuk mengurus visa Schengen dibutuhkan biaya tertentu. Bagi yang berusia di atas 12 tahun, biaya yang dibutuhkan adalah 60 Euro. Sementara bagi anak-anak yang berusia 6 hingga 11 tahun wajib membayar sekitar 35 Euro. Terakhir, bagi yang berusia kurang dari 5 tahun dibebaskan dari biaya visa alias gratis.

Asuransi Perjalanan

Selain visa, dokumen lainnya yang pasti diperlukan saat traveling adalah asuransi perjalanan. Yup, jangan hanya memberikan perlindungan kendaraan saja, perjalanan yang kamu lakukan pun perlu proteksi maksimal. Asuransi perjalanan jadi salah satu hal penting yang dapat melindungi diri dari risiko yang muncul selama perjalanan, baik itu traveling atau perjalanan bisnis. Ada banyak hal tak terduga yang bisa merusak liburanmu, mulai dari sakit, kecelakaan, delay, hingga kehilangan bagasi.

Asuransi perjalanan juga menjadi salah satu syarat untuk memiliki visa Schengen. Untungnya, sekarang mengurus hal tersebut nggak perlu ribet lagi karena kini asuransi online bisa jadi solusi.

Cermat Memilih Asuransi

Untuk mendapatkan asuransi perjalanan terbaik, kamu wajib cermat membandingkan satu asuransi dengan yang lainnya, terutama manfaat yang diberikan. Salah satu yang memberikan proteksi yang dibutuhkan selama perjalanan liburanmu adalah asuransi Traveloka. Selain terjangkau dan terpercaya, Traveloka yang bekerjasama dengan Chubb Insurance juga dapat digunakan di seluruh dunia, termasuk di Eropa.

Traveloka Protect bakal bikin kunjunganmu ke Eropa jadi lebih nyaman dan aman. Cara mengurusnya pun cukup praktis. Cukup masuk ke halaman utama Traveloka lalu pilih ikon Asuransi yang akan memberikan beberapa opsi. Jika ingin memuluskan permohonan visa Schengen, pilih yang memiliki keterangan valid for Schengen visa application. Lanjutkan dengan melakukan pemesanan dan membayarnya lewat berbagai pilihan metode pembayaran.

Jangan menunda liburanmu ke Eropa, segera lengkapi perjalananmu dengan asuransi perjalanan Traveloka. Untuk informasi selengkapnya, temukan panduan membuat Visa Schengen melalui url terlampir.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI