Cegah Baju Favorit dari Kerusakan, Perhatikan 4 Hal Ini saat Mencuci Pakaian

Rabu, 19 Januari 2022 15:26 Penulis: Jeffrey Winanda
Cegah Baju Favorit dari Kerusakan, Perhatikan 4 Hal Ini saat Mencuci Pakaian
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Apapun agendanya, rasa kepercayaan diri akan meningkat signifikan ketika menggunakan OOTD yang stylish dan mencerminkan persona diri. Nggak heran jika outfit kesayangan yang melengkapi OOTD harian sering banget dicuci kering lalu dipakai kembali.

Sayangnya, ada beberapa hal yang membuat siklus mencuci pakaian bisa merusak outfit favorit. Biar pakaian kesayangan tetap keren dan terhindar dari kerusakan, perhatikan hal ini saat mencucinya ya!

1. Terlalu Banyak Menggunakan Detergen

Anggapan yang mengatakan jika menggunakan banyak detergen bisa membuat baju lebih bersih nggak sepenuhnya benar. Alih-alih membersihkan, jumlah detergen yang melimpah dalam proses pencucian bisa merusak pigmen warna dari outfit favoritmu. Tentunya kamu nggak mau kan outfit kesayanganmu warnanya menjadi pudar dari hari ke hari?

2. Kurang Memperhatikan Petunjuk Perawatan

Sebagian besar outfit memiliki label pemeliharaan yang terletak di bagian dalam jahitan. Label ini berisi petunjuk perawatan yang sebaiknya digunakan agar pakaian tetap berkualitas baik meski sudah sering digunakan.

Biasanya label pemeliharaan ini berisi informasi mengenai bahan pakaian serta anjuran pencucian serta setrika. Jadi, penting banget untuk merawat pakaian sesuai label pemeliharaan agar outfit kesayangan kamu nggak gampang rusak ya KLovers!

3. Nggak Memasang Kancing dan Resleting saat Mencuci

Meski terkesan sepele, nyatanya mencuci pakaian dalam kondisi kancing dan resleting terbuka juga bisa menyebabkan kerusakan pada pakaian. Kondisi mesin cuci yang berputar selama proses pencucian bisa menimbulkan robekn pada pakaian yang nggak terkancing sempurna.

4. Mesin Cuci yang Jarang Dibersihkan

Faktor eksternal juga mempengaruhi kondisi pakaian pasca dicuci. Salah satunya adalah kondisi mesin cuci yang jarang dibersihkan.

Penggunaan mesin cuci dalam kurun waktu yang lama dan minim perawatan bisa membuat banyak endapan kotoran, sisa detergen, dan jamur menempel di dalamnya. Jika sudah begini, lakukan sterilisasi mesin cuci dengan menggunakan air panas yang dicampur cuka untuk melarutkan kotorannya ya!

Menariknya, kini kamu bisa mencuci outfit kesayanganmu tanpa khawatir merusak baju. Sebab, kini telah hadir mesin cuci anti bakteri yang didesain untuk membersihkan pakaian tanpa merusak bahan, sehingga outfit favoritmu bisa tetap bersih dan nyaman digunakan.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI