Cegah Sebelum Terlambat, Ketahui Gejala Demam Berdarah Sejak Dini

Kamis, 07 Februari 2019 10:05 Penulis: Winda Carmelita
Cegah Sebelum Terlambat, Ketahui Gejala Demam Berdarah Sejak Dini
© Pixabay.com

Kapanlagi Plus - Indonesia lagi darurat demam berdarah. Di mana-mana, di seluruh pelosok Nusantara, penyakit ini mulai kembali datang dan menghantui banyak orang. Nggak cuma menyerang masyarakat umum, para selebriti dan keluarganya pun juga nggak luput dari ancaman mematikan ini. Mulai dari Christy Jusung, Angel Ibrahim, Annisa Trihapsari, hingga Indy Barends sudah pernah merasakan teror demam berdarah.

Dalam perkembangannya, gejala demam berdarah bisa menimbulkan kerusakan pada organ dalam manusia. Selain itu penyakit yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti ini juga menurunkan kadar trombosit dan sel keping darah. Kalau dibiarkan saja tanpa terdeteksi sejak dini dan penanganan yang tepat, bisa menimbulkan kematian bagi penderitanya.

Nggak cuma bikin kerepotan penderita dan keluarganya, orang yang terinfeksi penyakit ini juga bakal mengalami gejala demam berdarah yang cukup menyiksa. Karena itu, diperlukan kepekaan dari keluarga atau orang disekitarnya untuk segera mengetahui gejala demam berdarah agar penderita bisa segera mendapatkan perawatan medis dari rumah sakit.

Demam Tinggi

© Pixabay.com© Pixabay.com

Demam tinggi bukan cuma tanda bahwa kamu lagi sakit flu. Bisa jadi, perasaan nggak enak badan dan menggigil ini merupakan peringatan bahwa dirimu sudah terjangkit gigitan nyamuk aedes aegypti. Bukan demam biasa karena suhu tubuh bisa mencapai 40 derajat Celcius yang bahkan bisa membuatmu mengigau karena saking tingginya demam. Situasi yang nggak boleh diremehkan karena bisa berakibat fatal kalau dibiarkan tanpa penanganan

Nyeri Pada Seluruh Badan

Selain demam tinggi, kamu yang mengalami gejala demam berdarah juga akan merasakan nyeri pada seluruh badan, terutama pada bagian tulang-tulang, otot dan sendi. Salah satu yang paling kentara adalah rasa sakit yang merambah bagian jemari tangan.

Rasa nyeri juga bakal menyiksa beberapa bagian tubuh lainnya, seperti bagian belakang mata, serta rasa sakit kepala yang sangat menyiksa.

Hilang Nafsu Makan

Kalau sebelumnya kamu selalu makan hingga piringnya bersih, tapi tiba-tiba hilang nafsu makan disertai dua tanda-tanda di atas, bisa jadi sedang mengalami gejala demam berdarah. Pertanda ini bukan cuma buat kamu saja. Wajib perhatikan teman-teman atau anggota keluarga lain yang badannya mendadak panas dan ogah-ogahan untuk menghabiskan menu yang ada di depannya. Bisa jadi dia sedang mengalami salah satu tahapan demam berdarah.

Mual dan Muntah

Kecurigaan pada gejala demam berdarah bakal makin nyata kalau penderita juga mengalami rasa mual  pada perut, disertai muntah-muntah. Gejala ini bisa berlangsung selama dua sampai empat hari, dibarengi dengan rasa nggak nyaman yang menyerang bagian punggung.

Muncul Bintik-Bintik Merah di Bagian Lengan

© Shutterstock© Shutterstock

Kalau gejala demam berdarah ini pasti semua orang tahu. Tapi bukan berarti begitu kamu terinfeksi, langsung muncul bintik-bintik merahnya. Diperkirakan, ruam-ruam tersebut bakal mulai kelihatan dua hingga lima hari setelah mengalami demam tinggi.

Kalau kamu atau orang lain mengalami lima gejala demam berdarah di atas, segera lakukan pertolongan dengan membawanya ke rumah sakit terdekat. Soalnya sampai sekarang belum ada obat yang bisa mengatasi penyakit ini. Perawatan dan pengobatan intensif sangat dibutuhkan agar penderita bisa melalui demam berdarah tanpa harus berakhir dengan kematian.

(kpl/wnd/xap)

Reporter:

Winda Carmelita



MORE STORIES




REKOMENDASI