Cek Tagihan Listrik PLN Bisa Melalui SMS Sampai Aplikasi, Nggak Ribet Ternyata!

Selasa, 11 Juni 2019 15:07 Penulis: Editor KapanLagi.com
Cek Tagihan Listrik PLN Bisa Melalui SMS Sampai Aplikasi, Nggak Ribet Ternyata!
ilustrasi tagihan listrik (credit: shutterstock)

Kapanlagi Plus - Saat ini, listrik menjadi kebutuhan wajib bagi hampir semua orang karena dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, pastilah kita membutuhkan listrik. Mulai dari menanak nasi hingga mengisi daya baterai handphone kita memerlukan adanya listrik. Seperti yang sudah kita ketahui, fasilitator penyedia listrik terbesar di Indonesia ialah PT. Perusahaan Listrik Negara atau PLN yang memfasilitasi hampir semua kebutuhan listrik di seluruh Indonesia. Bicara tentang listrik pasti kita juga membicarakan tentang tagihan. Besaran tagihan listrik setiap rumah pastilah berbeda karena besaran daya listriknya pun juga berbeda-beda. Untuk pembayaran listrik sendiri ada 2 jenis yakni prabayar dan juga pasca bayar.

Nah, jika dulu kita harus datang dan mengantre panjang di kasir PLN jika ingin mengetahui berapa tagihan listrik kita sekaligus membayarnya, saat ini kita enggak perlu lagi nih seperti itu. Sekarang, sudah banyak cara untuk mengetahui tagihan listrik kita dengan cepat dan mudah. Apa saja caranya? dilansir dalam finance.detik, berikut ini beberapa cara cek tagihan listrik PLN yang bisa kamu coba.

1. Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

Cara yang pertama yakni kamu bisa cek tagihan listrikmu melalui SMS. Selain kamu bisa mendapatkan informasi tagihan listrikmu per bulan, kamu juga bisa lho berlangganan. Jadi, kamu akan mendapatkan informasi tagihan listrikmu secara otomatis per bulannya. Tapi, perlu diperhatikan ya jika layanan ini berbayar yakni sebesar Rp.500 (belum termasuk ppn 10%) per sms. Untuk formatnya sendiri, seperti di bawah ini:

Cek Tagihan Listrik per Bulan

Untuk cek tagihan listrikmu per bulannya, kamu bisa kirim SMS dengan format seperti ini:

REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, REK 9970787789 kirim ke 8123.

Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik

Jika kamu enggak ingin repot harus SMS setiap bulannya, kamu bisa juga lho berlangganan informasi tagihan listrik yang akan dikirim otomatis setiap bulan ke hp kamu, cukup kirim SMS dengan format seperti berikut ini,

PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN ON 997078773612 kirim ke 8123.

Berhenti Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik

Nah, jika sebelumnya bagaimana cara untuk berlangganan, yang satu ini bagaimana caranya untuk kamu menghentikan layanan tersebut. Caranya, dengan mengirim format seperti berikut,

PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN OFF 997078773612 kirim ke 8123.

2. Cek Tagihan Listrik Melalui Telepon

ilustrasi menelepon (credit: shutterstock)ilustrasi menelepon (credit: shutterstock)

Selain dengan SMS, kamu juga bisa cek tagihan listrik PLN melalui telepon. Cara ini cukup membantu saat sinyal internet susah atau kamu sedang di daerah yang sama sekali tidak ada sinyal internet misalnya. Terlebih, layanan ini juga buka 24 jam lho jadi kamu bisa cek tagihan listrikmu kapanpun. Dan untuk biayanya sendiri dikenakan tarif telepon normal. Lalu, bagaimana caranya?

Kamu bisa langsung melakukan panggilan ke call centre PLN di 123, jangan lupa untuk mencantumkan kode areamu ya. Misalnya, jika kamu berdomisili di Surabaya, berarti kamu telepon ke (031)-123. Lalu, selanjutnya cukup ikuti petunjuk dari operator.

3. Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi

Cara yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang enggak ingin ribet. Kamu bisa cek tagihan listrikmu langsung melalui aplikasi di smartphonemu. Tapi, pastikan kamu memiliki sambungan internet ya untuk menikmati layanan ini. Seperti ini langkah-langkahnya,

  1. Download aplikasi PLN Mobile dari Google Play ataupun App Store
  2. Selanjutnya, jika kamu sudah memiliki akun sebelumnya kamu bisa langsung login atau jika kamu enggak ingin login, kamu bisa pilih 'masuk tanpa login'
  3. Kemudian, pilih menu 'informasi' yang berlogo bola lampu
  4. Setelah itu, pilihlah 'Informasi Tagihan dan Token Listrik'
  5. Selanjutnya, masukkan ID Pelanggan atau nomer meteranmu pada kolom yang sudah disediakan dan klik cek tagihan
  6. Selesai dan kamu bisa melihat status tagihan listrikmu sekaligus nominalnya.

4. Cek Tagihan Listrik Dengan Datang Langsung ke Kantor Cabang atau Mitra PLN Terdekat

Terakhir, jika kamu memiliki banyak waktu luang, kamu bisa langsung datang ke kantor cabang atau mitra PLN terdekat untuk menanyakan tentang status serta tagihan listrikmu sekaligus juga bisa langsung membayarnya. Meskipun cara yang satu ini kurang begitu efektif, tak ada salahnya juga kok jika kamu ingin mencoba cara yang satu ini.

Jadi, itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk cek tagihan listrik PLN. Sekarang, kamu enggak perlu bingung ataupun ribet lagi jika ingin mengetahui berapa tagihan listrik kamu setiap bulannya. Karena saat ini kamu bisa mengaksesnya secara cepat dan mudah kapan saja dan dimana saja. Semoga membantu ya.

Penulis: Devi Puspita

 

 

(kpl/mag/dev)



MORE STORIES




REKOMENDASI