Content Creator Harus Tahu Cara Lindungi Hak Cipta di YouTube

Rabu, 05 Desember 2018 13:46 Penulis: Iwan Tantomi
Content Creator Harus Tahu Cara Lindungi Hak Cipta di YouTube
© Po Yeah1

Kapanlagi Plus - Persoalan tentang hak cipta atau copyright kini menjadi salah satu isu yang cukup hangat dibicarakan antar content creator YouTube. Pasalnya, nggak sedikit orang atau pihak tertentu yang sengaja mengambil konten dan tidak memiliki izin. Hal ini tentu saja akan membuat content creator seperti kamu merasa dirugikan. Nah, agar konten yang kamu buat dengan maksimal nggak sembarangan diambil orang pihak yang nggak bertanggung jawab. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk melindungi kontenmu. Simak yuk!

Fenomena Pelanggaran Hak Cipta

Di zaman serba digital ini, mengakses, unduh, sampai upload video yang ada di dunia maya bisa terjadi dengan gampang banget, cukup sekali klik. Nggak heran kalau masalah pelanggaran hak cipta jadi hal yang sering ditemui. Hal ini bakal sulit ditangani kalau kontenmu nggak ada perlindungan resmi dari MCN (Multi Channel Network – mitra resmi YouTube).

Kriteria pelanggaran hak cipta terjadi jika terdapat tindakan menyalin teks tanpa mengedit, meringkas, atau mentransmisi karya orang lain tanpa mendapatkan izin, bahkan nggak mencantumkan sumbernya. Saat mendeteksi hal ini YouTube biasanya akan memberikan sanksi berupa video dihapus, pemotongan suara, atau malah menutup channel.

Cara Youtube Menangani Masalah Hak Cipta

Content ID menjadi senjata ampuh yang dimiliki YouTube untuk memfilter video yang bisa mendeteksi pencurian konten. Jadi, biarpun hanya ada sepotong video pendek yang melanggar hak cipta, video bisa langsung dihapus hanya dalam hitungan detik. Cara kerja filter ini adalah dengan mengunggah dan membandingkan konten video yang baru diunggah dengan yang terdapat dalam bank data, jadi mencegah duplikasi informasi. Youtube juga dikenal memiliki sistem pelaporan yang bisa membuat pendeteksian bekerja lebih efektif.

Bergabung di MCN,  Lindungi Kontenmu dari Pelangaran Hak Cipta

Kamu ingin memiliki Content ID untuk akun YouTube-mu? Sayangnya, kamu nggak bisa memintanya dengan gampang. Perlu adanya rujukan dari MCN seperti Yeah1 Network yang telah dipercaya di Asia. Yeah1 Network memberikan perlindungan pada akun YouTube-mu agar nggak gampang disalahgunakan.

Kini ada banyak content creator Asia yang mulai gabung dengan Yeah1 Network. Kamu juga bisa memulai langkah yang sama, lho. Nggak hanya membantu kontenmu terlindungi, bergabung dengan MCN ini juga memberikan keuntungan tersendiri. Mulai dari peningkatan pendapatan, peningkatan jumlah pageview hingga subscribers. Kamu juga akan mendapatkan pendapatan setiap tanggal 10, lebih awal dari pembayaran Google AdSense yakni  tanggal 20-25. Bisa gajian lebih awal, nih!

Untuk sistem pembayarannya, kamu akan membagikan 30% pendapatan dari Google AdSense pada Yeah1 Network untuk mempertahankan sistemnya. Cara ini mulai begitu popular di kalangan content creator Asia kok.

Yuk, saatnya jadi content creator yang hits dengan mendaftar di PO Yeah 1 Network. Kunjungi website https://id.yeah1network.com/ dan kepoin terus informasi terbaru di Facebook Yeah1 Network.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI