Daftar Life Skill Wajib Dikuasai Para Perantau yang Jauh dari Keluarga

Minggu, 19 Juni 2022 11:29 Penulis: Wuri Anggarini
Daftar Life Skill Wajib Dikuasai Para Perantau yang Jauh dari Keluarga
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Bangga dong rasanya bisa lulus kuliah dan akhirnya bisa mendapatkan pekerjaan impian. Sayangnya, cita-cita yang ingin diraih ternyata harus membuatmu berada jauh dari keluarga. Demi terus berjalan maju dan menjadi pribadi yang lebih berkembang, kesempatan ini jelas harus diambil demi masa depan.

Tinggal sendiri jauh dari keluarga bikin kamu wajib membekali diri dengan beberapa life skill yang terkesan sepele, tapi ternyata penting. Apa saja sih?

Masak Menu Sederhana

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Biarpun makan bisa beli, tapi masak sendiri bisa lebih sehat, higienis, dan jelas hemat di kantong. Selain itu, buang jauh-jauh pikiran memasak adalah kegiatan yang hanya dilakukan perempuan, karena sesungguhnya masak adalah sebuah skill bertahan hidup.

Jadi, penting banget untuk membekali diri dengan skill memasak agar bisa survive selama di perantauan. Nggak perlu menu ribet, minimal kamu tahu caranya gimana cara mengolah menu sederhana seperti nasi goreng, ayam goreng, sup, dan hidangan sehari-hari lain yang simpel dan praktis. Apalagi sekarang udah banyak cooking hacks yang disebar lewat berbagai media sosial, harusnya bisa terbantu juga dong.

Angkat Galon Air Mineral

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Skill yang satu ini memang wajib dimiliki, apalagi kalau kamu tinggal sendiri. Mengangkat galon air mineral dan memasangnya ke dispenser mungkin terkesan sepele, tapi percayalah kalau nggak bisa melakukannya hanya bikin air jadi berantakan ke mana-mana.

Nggak hanya mengandalkan kekuatan, tapi butuh teknik agar bisa lancar melakukannya tanpa harus merasa berat. Segera cari trik yang tepat biar kamu nggak perlu galau nggak bisa minum karena galon air mineral nggak bisa terpasang.

Ganti Tabung Gas

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Mengganti tabung gas mungkin terlihat mudah, tapi kalau nggak terbiasa melakukannya dijamin akan bingung sendiri. Banyak juga yang merasa takut kalau tabung gas akan meledak saat memasang atau mencopot selangnya.

Nggak perlu parno berlebihan. Percayalah kalau tabung gas nggak akan meledak tiba-tiba hanya dengan memasang atau mencopot selangnya. Perlu diketahui kebanyakan kasus tabung gas meledak karena adanya kebocoran dan api yang menyala. Jadi, perlu cek baik-baik jika teknik mengganti tabung gas yang dilakukan sudah benar dan pastikan nggak ada kebocoran sebelum kamu menyalakan apinya.

Ganti Bola Lampu yang Putus

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Coba ingat-ingat lagi, kalau bola lampu di tempat kos atau kontrakanmu putus, sudah bisa menggantinya sendiri? Kalau belum, saatnya membekali diri dengan skill penting yang satu ini.

Banyak yang merasa takut mengganti bola lampu sendiri. Mulai dari takut kesetrum hingga nggak berani karena harus naik ke kursi atau meja. Sebelum mengganti bola lampu, pastikan saklar lampu berada dalam posisi off. Selain itu, biar nggak perlu susah naik-naik saat akan mengganti bola lampu yang tinggi, sedia saja tiang pemasang lampu yang bisa memudahkanmu.

Hidup sendiri di perantauan memang penuh tantangan. Biar bisa lebih mandiri, jangan lupa bekali diri dulu dengan berbagai life skill di atas, KLovers!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI