Dari 25 Pangeran Arab, Siapa Putra Mahkota Penerus Raja Salman?

Kamis, 02 Maret 2017 17:18 Penulis: Agista Rully
Dari 25 Pangeran Arab, Siapa Putra Mahkota Penerus Raja Salman?
© istimewa

Kapanlagi Plus - Seperti yang telah diketahui, Raja Salman bin Abdul Aziz merupakan penerus Raja Abdullah. Raja Salman merupakan Raja ketujuh yang mulai menjabat pada tahun 2015, setelah ditunjuk sebagai wakil Putra Mahkota Arab Saudi. Raja Salman menduduki tahta karena Raja Abdullah meninggal pada tahun 2015 lalu di usia 90 tahun.

Sebetulnya sistem perpindahan kekuasaan di kerajaan Arab Saudi cukup mudah dimengerti. Semua keturunan Raja Abdul Aziz yang dikenal sebagai Ibnu Saud secara otomatis berkesempatan menjadi Raja Arab Saudi. Dalam praktiknya, seorang Raja yang terpilih berhak untuk menunjuk Putra Mahkota dan Wakil Putra Mahkota.

Raja Salman, Raja ke-7 Arab Saudi yang menjabat sejak tahun 2015 © AFPRaja Salman, Raja ke-7 Arab Saudi yang menjabat sejak tahun 2015 © AFP

Putra Mahkota nantinya akan meneruskan pemerintahan sebagai Raja Arab Saudi, sementara Wakil Putra Mahkota baru akan menjadi Raja bila Putra Mahkota wafat. Hal ini terjadi pada Raja Salman, yang sebelumnya adalah Menteri Pertahanan sekaligus Wakil Putra Mahkota pada tahun 2012 lalu. Namun kakaknya, Nayef bin Abdul Aziz yang ditunjuk sebagai Putra Mahkota meninggal terlebih dahulu sehingga membuat tahta jatuh ke tangan Raja Salman.

Silsilah Keluarga Raja Salman dari Istri Pertama

Arab Saudi sendiri memiliki cukup banyak pangeran, sebab Raja Abdul Aziz sendiri diketahui memiliki sedikitnya 45 putra dan 36 di antaranya masih hidup hingga kini, Raja Salman salah satunya. Sementara itu, Raja Salman sendiri diketahui dikaruniai 13 anak dari tiga istri. Raja Salman diketahui hanya memiliki seorang putri bernama Putri Hassa.

Raja Salman pertama kali menikah dengan Sultana binti Turki, sepupunya sendiri. Istri pertama Raja Salman meninggal pada usia 71 tahun pada tahun 2011 lalu. Dengan istri pertamanya, Raja Salman dikaruniai 6 orang anak yakni Pangeran Fahad, Pangeran Ahmed, Pangeran Sultan, Pangeran Abdulaziz, Pangeran Faisal, dan Putri Hassa.

Pangeran Sultan, putra ketiga Raja Salman dari istri pertama Sultana binti Turki. Pangeran Sultan merupakan pangeran Arab Saudi pertama yang menjadi astronot © arabnews.comPangeran Sultan, putra ketiga Raja Salman dari istri pertama Sultana binti Turki. Pangeran Sultan merupakan pangeran Arab Saudi pertama yang menjadi astronot © arabnews.com

Putra pertama Raja Salman, Pangeran Fahad meninggal karena serangan jantung pada usia 47 tahun tahun 2001 silam. Menyusul putra keduanya, Ahmad yang juga meninggal karena serangan jantung pada tahun berikutnya. Sementara itu, Putra ketiga Raja Salman yakni Pangeran Sultan menjadi anggota keluarga kerajaan pertama yang menjadi astronot dengan mengendarai Space Shuttle Discovery (STS-51-G) pada bulan Juni 1985 silam. Saat ini Pangeran Sultan menjabat sebagai kepala Departemen Pariwisata dan Budaya Arab Saudi.

Selanjutnya ada Pangeran Abdul Aziz yang menjabat sebagai Menteri Perminyakan sejak tahun 1995 silam. Dan Pangeran Faisal merupakan Gubernur Kota Madinah saat ini.

Silsilah Keluarga Raja Salman dari Istri Kedua

Dengan istri kedua, yakni Sarah binti Faisal Al Subai'ai, Raja Salman dikaruniai seorang putra bernama Pangeran Saud yang tidak diketahui kabarnya saat ini sama seperti Putri Hussa dari pernikahan pertama sang Raja.

Pangeran Faisal, Gubernur Madinah saat ini © arabnews.comPangeran Faisal, Gubernur Madinah saat ini © arabnews.com

Silsilah Keluarga Raja Salman dari Istri Ketiga

Lalu Raja Salman menikah lagi dengan istri ketiga yakni Fahda binti Falah bin Sultan Al Hithalayn. Dengan Fahda, Raja Salman dikaruniai enam orang putra yakni Pangeran Mohammed, Pangeran Turki, Pangeran Khalid, Pangeran Nayif, Pangeran Bandar, dan Pangeran Rakan.

Anak pertama dari perkawinan ketiga Raja Salman, Pangeran Mohammed lahir pada tahun 1985. Pangeran berusia 31 tahun ini kini telah menduduki jabatan penting sebagai Wakil Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, mewakili sepupunya Muhammad bin Nayef. Tak hanya menjadi putra mahkota, Pangeran Mohammed juga ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan Arab Saudi dan mendapatkan titel Menteri Pertahanan Termuda di dunia.

Pangeran Mohammed, putra sulung Raja Salman dari istri ketiga. Pangeran Mohammed disebut sebagai tuan segalanya karena di usia yang masih 31 tahun telah menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Putra Mahkota, serta sederet jabatan penting lainnya © independent.co.ukPangeran Mohammed, putra sulung Raja Salman dari istri ketiga. Pangeran Mohammed disebut sebagai tuan segalanya karena di usia yang masih 31 tahun telah menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Putra Mahkota, serta sederet jabatan penting lainnya © independent.co.uk

Pangeran yang disebut-sebut memiliki kecerdasan di atas Pangeran lainnya ini dapat mengumpulkan kekuasaan dengan sangat cepat. Saat ini Pangeran Mohammed juga menjabat sebagai Ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan untuk mengawasi ekonomi Arab Saudi dan juga memegang kursi kepemimpinan di perusahaan minyak negara, Aramco.

Sementara sang Adik yakni Pangeran Turki menjabat sebagai Pemimpin Dewan Direksi Saudi Research and Marketing Group selama satu tahun. Pangeran Turki memilih mundur dari jabatannya ini pada tahun 2014 lalu dan berfokus pada usaha yang ditekuninya sendiri.

Pangeran Turki, adik Pangeran Mohammed yang sempat menjabat sebagai Dewan Direksi Saudi Research and Marketing Group © arabnews.comPangeran Turki, adik Pangeran Mohammed yang sempat menjabat sebagai Dewan Direksi Saudi Research and Marketing Group © arabnews.com

Lalu ada Pangeran Khalid yang disebutkan oleh Business Insider sebagai seorang pilot jet tempur F-15 yang turut serta memerangi kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pada September 2014 lalu. Sementara ketiga pangeran lain yakni Pangeran Nayif, Pangeran Bandar, dan Pangeran Rakan tidak terdapat informasi yang diketahui.

Prediksi Penerus Raja Salman

Jika ditinjau kembali, bila Raja Salman telah meninggal dunia maka gelar Raja Arab Saudi akan jatuh pada Muhammad bin Nayef yang merupakan anak tertua dari kakak Raja Salman, Nayef bin Abdulaziz. Hal ini disebabkan oleh jabatan yang dipegangnya saat ini sebagai putra mahkota.

Pangeran Khalid, pilot jet tempur yang turut melawan ISIS © arabnews.comPangeran Khalid, pilot jet tempur yang turut melawan ISIS © arabnews.com

Bila terjadi hal yang tidak diinginkan, atau Pangeran Muhammad bin Nayef diketahui meninggal dunia maka tahta kerajaan akan diserahkan pada putra sulung Raja Salman dari istri ketiganya, yakni sang Menteri Pertahanan Termuda Pangeran Mohammed. Cukup rumit juga ya ternyata. Nah setelah membaca penjelasan tersebut, KLovers sudah cukup mengerti dengan silsilah kerajaan Arab Saudi belum?

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI