Dari Lembah Indah hingga Pantai Menawan, Ini Sederet Destinasi Wisata Alam Taiwan yang Wajib Dikunjungi

Senin, 19 September 2022 13:35
Dari Lembah Indah hingga Pantai Menawan, Ini Sederet Destinasi Wisata Alam Taiwan yang Wajib Dikunjungi
Ilustrasi travelling © Shutterstock.com


Kapanlagi Plus - Kondisi pandemi semakin membaik di banyak negara. Hal itu membuat geliat pariwisata kembali menggelora. Tak sedikit orang yang sudah bolak-balik pergi ke luar negeri. Taiwan jadi salah satu tempat yang bisa diperhitungkan. Pasalnya, di sana ada banyak wisata alam yang menakjubkan.

Menjelajah keindahan Taiwan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk melalui National Scenic Area atau kawasan panorama nasional, yang mana pemerintah setempat telah menetapkan 13 tempat wisata nasional untuk mempermudah wisatawan dari berbagai negara berlibur di negara ini.

National Scenic Area terdiri dari ragam wisata alam, budaya dan kuliner unik dengan berbagai aktivitas dan pengalaman menarik lainnya yang hanya bisa ditemukan di sini. Diberkati dengan pariwisata indah, Taiwan memiliki alam yang masih terjaga keasliannya dan eksotik.

Dari 13 tempat wisata nasional, berikut tujuh di antaranya yang wajib dikunjungi saat liburan ke Taiwan!

1. Area Panorama Nasional Siraya

Dikenal sebagai tanah kelimpahan, Siraya dipenuhi dengan pertanian yang menghasilkan berbagai macam buah-buahan dan produk lainnya. Siraya menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi jika Anda ingin menjelajahi pedesaan Taiwan sekaligus mencicipi berbagai macam makanan lezat.

Sebagai tempat pemandian air panas terbaik di Taiwan, Siraya memiliki Guanziling sebagai resor utama. Mata air lainnya juga tersebar di sekitar area tersebut. Anda juga bisa menemukan bendungan di Siraya, termasuk Bendungan Wushantou yang cocok untuk melihat bunga sakura dan beragam flora dan fauna lainnya.

Kenali Siraya lebih dalam dengan mengunjungi museum dan rumah bersejarah. Di antaranya Museum Fosil Cailiao, Rumah Bersejarah Keluarga Lutaoyang Jiang, desa pertanian bergaya Fukien hingga rumah anyaman bambu.

2. Area Panorama Nasional Teluk Dapeng

Dengan kedalaman mencapai 3 meter hingga 6 meter, Dapeng Bay merupakan laguna terbesar di Taiwan yang menyediakan sumber daya hewan dan tumbuhan laut yang kaya di wilayah ini. Magrove, burung, kerang dan serangga bisa ditemukan dengan mudah di Detan Wetland Park, puncak laguna.

Di sini wisatawan bisa melakukan aktivitas lainnya. Seperti menjajal perahu dan berkeliling sambil menikmati keindahan Dapeng Bay. Tersedia juga olahraga air lainnya. Sementara Dapeng Bay Bridge akan menampilkan pertunjukkan cahaya dan acara pembukaan jembatan untuk membiarkan kapal masuk ke laguna.

Sebagai tempat Penbay International Circuit, Dapeng Bay juga terdiri dari Little Liuqiu, pulau karang kecil di pantai dekat Donggang. Banyak keindahan alam seperti terumbu karang, tanaman dan berbagai jenis hewam yang bisa ditemukan di sini. Termasuk budaya dan masakan khas yang membuat ketagihan.

3. Area Panorama Nasional Pesisir Utara dan Gunung Guanyin

North Coast and Guanyinshan menawarkan bebatuan dan pantai berpasir halus serta pemandangan yang menakjubkan. Ada juga mata air panas, sungai deras, dan air terjun yang selalu menarik wisatawan baik lokal dan mancanegara.

Baik Anda mencari pantai yang sepi dan sunyi, matahari terbenam di pantai berpasir, atau sejarah, budaya, dan makanan enak, Anda akan menemukannya di North Coast and Guanyinshan. 

Saat berkunjung ke North Coast and Guanyinshan pastikan Anda mengunjungi tempat-tempat populer seperti Eksploratorium Pantai Utara, Pelabuhan Memancing Fuji, Mercusuar Tanjung Fugui, Tanjung Fugui, Taman Layang-layang Shimen dan Jalur Bunga Sakura.

4. Area Panorama Nasional Pesisir Timur Laut dan Yilan

Terletak di timur Taiwan, Northeast and Yilan Coast terkenal dengan banyak tanjung dan teluk yang didukung oleh pegunungan hijau. Daya tarik lokasi ini meliputi batuan yang spektakuler, bentang alam terkikis laut yang unik, pantai berpasir emas halus, keanekaragaman hayati laut yang kaya, dan warisan budaya yang masih terjaga. 

Ini adalah tujuan wisata multiguna yang bisa menjadi fungsi ganda dari ruang kelas alam yang menarik dan taman bermain pantai yang mempesona. Northeast and Yilan Coast juga membentang dari Juifang selatan ke Beigangkou di Kabupaten Yilan.

Di mana keindahan alam seperti terumbu karang, sungai, sawah bertingkat, perbukitan hijau, mercusuar, dan dua pantai terbaik Taiwan dapat ditemukan di sini. Nikmati juga pengalaman berkemah, panjat tebing, hiking di sepanjang jalan setapak berusia 200 tahun, dan olahraga air, seperti berenang, selancar, selancar angin, jet ski, berperahu, snorkeling, dan scuba diving.

5. Area Panorama Nasional Lembah Huadong

East Rift Valley disebut sebagai Negeri Madu Susu. Saat melewati Jalan Raya Provinsi No.9, Anda akan melihat ladang pertanian hijau yang membentang ke pegunungan di kedua sisi. Tempat wisata nasional sendiri membentang dari Sungai Mugua di Hualien ke utara ke Kota Taitung dengan luas 138.386 hektar.

Tempat wisata nasional tersebut meliputi pegunungan, lembah, dan mata air panas, bersama dengan sawah, bunga lily, buah pomelo, teh, dan srikaya yang melimpah. Penduduk yang ramah dan hangat dengan suasana pedesaan, dan sungai yang jernih menjadikan East Rift Valley sebagai surga di bumi.

East Rift Valley juga rumah bagi empat suku asli Taiwan, yaitu Amis, Atayal, Bunun, dan Puyuma. Budaya Aborigin adalah salah satu yang paling penting dan paling mewakili sumber daya berharga East Rift Valley.

6. Area Panorama Nasional Pesisir Timur

Terbentang dari Hualien hingga Taitung di bagian tenggara Taiwan, East Coast relatif belum terjamah dan penuh bebatuan. Area ini dipenuhi dengan desa-desa nelayan kecil yang membuka restoran dengan makanan laut lokal sebagai menu utamanya. 

Ada juga tradisi pertanian yang kaya di sini dengan banyak sawah cantik yang menghadap ke Samudra Pasifik. Bagi Anda yang mencari kegiatan yang seru, East Coast juga bisa menjadi menjadi pilihan menarik untuk berselancar lantaran memiliki ombak terbaik.

Beberapa tempat wisata populer di East Coast yang bisa dikunjungi meliputi Pantai Shitiping dengan bebatuan dan berbagai macam rumput laut dan hewan laut. Sanxiantai yang terkenal karena jembatan yang unik. Budaya yang kaya dengan banyak suku membuat wisatawan berkesempatan untuk belajar tentang budaya dan warisan, serta mencicipi masakan unik mereka.

7. Area Panorama Nasional Maolin

Maolin terletak di kaki Pegunungan Tengah antara Kaohsiung dan Pingtung. Ini adalah area lain di Taiwan dengan sejarah dan budaya yang kaya dan masih terjaga untuk dijelajahi. Hal tersebut terbukti melalui Taman Budaya Masyarakat Adat Taiwan serta desa-desa seperti Sandimen. 

Di desa Duona, Anda juga dapat melihat beberapa contoh rumah batu tulis unik Suku Rukai yang terpelihara dengan baik. Saat ini sekitar 30 rumah batu tulis dilestarikan, menjadikannya koleksi terbesar rumah batu tulis di Taiwan. Maolin juga terkenal sebagai tempat untuk melihat kupu-kupu, yang mana Lembah Kupu-Kupu Ungu dan Taman Ekologi Maolin menjadi tempat ribuan varietas.

Maolin memiliki banyak tempat indah. Seperti Pemandian Air Panas Baolai, Pemandian Air Panas Bulao, Pemandian Air Panas Duona, Gunung Shiba Luohan (Luohanshan), Air Terjun Lembah Meiya, Gunung Longtou, dan Lembah Maolin. Dengan lanskap pegunungan, jembatan gantung dan kuil di sini menawarkan beberapa pemandangan spektakuler.

(kpl/tdr)



MORE STORIES




REKOMENDASI