Demi Pulihnya Lombok, Pemerintah Akan Bangun Kembali 80 Ribu Rumah Selama 6 Bulan

Sabtu, 08 September 2018 10:31 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Demi Pulihnya Lombok, Pemerintah Akan Bangun Kembali 80 Ribu Rumah Selama 6 Bulan
Warga Lombok © Dok. K-Link


Kapanlagi Plus - Gempa Lombok memang membawa dampak yang sangat serius. Warga Lombok pun banyak yang masih berada di tenda pengungsian dikarenakan rumah mereka roboh karena terjangan gempa yang terjadi terus menerus.

Pemerintah sendiri berkomitmen akan membantu para warga Lombok membangun kembali rumah mereka. Setidaknya ada sekitar 80 ribu rumah yang akan segera diselesaikan pembangunannya.

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan jika setidaknya 80 ribu rumah akan diselesaikan pembangunannya dalam jangka waktu 6 bulan kedepan. Dirinya kini juga menunggu verifikasi dari para kepala daerah.

1. Fokus Kepada Penanganan Trauma Psikis

"Ketika para korban kembali ke rumah masing-masing, rumah itu kan sedang disiapkan konstruksinya oleh KemenPUPR. InsyaAllah dalam waktu enam bulan bisa selesai seluruh bangunan konstruksinya. Sekitar 80 ribu rumah itu kita tinggal menunggu verifikasi dari kepala daerah," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/9/2018) dilansir dari Liputan 6.

Sementara itu, pemerintah juga sedang difokuskan untuk menangani trauma psikis bagi para korban. 90 pendamping layanan kejiwaan pun disebar di 12 titik wilayah gempa untuk membantu warga yang terkena trauma.

"Rehab sosial itu fokusnya pada program-program trauma healing dan sudah dipersiapkan sekitar 90 pendamping layanan psikologi sosial yang sudah kami sebar di sekitar 12 titik di seluruh NTB, Lombok dan Sumbawa," tutupnya.

2. Pulang ke Lombok, Zohri Jadi Relawan PMI

Sprinter andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri langsung menuju Lombok usai menyumbang medali perak pada perhelatan Asian Games 2018. Dirinya pulang ke kampung halamannya di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Barat.

Zohri memang ingin menengok kondisi keluarganya pasca gempa yang terjadi di Lombok. Tak hanya menengok keluarganya saja, Zohri rupanya juga ikut bergabung menjadi sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI).

Fotonya saat menggunakan rompi merah PMI sempat diunggah oleh akun Instagram @herryftanjung. Dirinya menjadi sukarelawan untuk ikut membantu para korban yang masih berada di pengungsian.

3. Tuai Komentar Positif

"Demi membantu masyarakat yang terdampak #gempaLombok , Lalu Muhammad Zohri (Juara Dunia Junior Sprinter Indonesia) bergabung menjadi Sukarelawan @palangmerah_indonesia Cc #prayforntb #pmisiapbantu #powerofhumanity #Siapuntukselamat," tulis caption dalam foto tersebut.

Tentu saja aksinya tersebut menuai komentar positif. Walaupun telah menjadi juara, namun Zohri masih mau turun tangan membantu saudara-saudaranya di Lombok yang masih dilanda kesusahan.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI