Desainer Yudhistira Bawa Keindahan Tenun Baduy ke Australia

Kamis, 17 Oktober 2019 19:35 Penulis: Guntur Merdekawan
Desainer Yudhistira Bawa Keindahan Tenun Baduy ke Australia
© Dokumentasi Pribadi


Kapanlagi Plus - Sederet perancang busana asal Indonesia dalam beberapa waktu terakhir ini mulai mendapatkan pengakuan dari dunia, seperti salah satunya Yudhistira. Yang terbaru, Yudhistira bakal menampilkan karya rancangan terbarunya, Gayatri Volume III pada event bertajuk Festival Indoensia yang digelar di Australia.

Sebanyak 20 rancangan ready-to-wear bakal ditampilkan oleh Yudhistira. Pada rancangan terbarunya itu, Yudhistira bakal menyajika keindahan kain Tenun Baduy dalam beragam model busana, baik kasual maupun formal untuk wanita.

Seperti namanya, Koleksi Gayatri ini merupakan seri yang ketiga. Jika di seri pertama dan kedua Yudhistira berhasil menyajikan keindahan kain Batik, maka kali ini, Ia memilih mengangkat Tenun Baduy yang banyak menampilkan motif bergaris dengan warna-warna gelap nan hangat seperti merah tua hingga hitam.

"Untuk koleksi kali ini, saya mencoba memadukan potongan edgy yang lebih modern dengan Tenun Baduy yang berkharisma. Motif garis yang banyak mendominasi Tenun Baduy juga sangat fleksibel untuk diaplikasikan, baik sebagai atasan maupun bawahan. Melalui Koleksi Gayatri Vol. III ini saya ingin menyampaikan pesan kepada dunia bahwa kain-kain khas Indonesia tak hanya cantik dan berkarakter namun juga memiliki nilai versatility untuk diterapkan sebagai busana sehari-hari yang nyaman namun tetap terlihat modern dan elegan," ungkap Yudhistira dalam press rilis yang diteirma KapanLagi.com.

1. Gandeng Nefertiti Paris

Sebagai informasi, Festival Indonesia yang digelar di Australia ini merupakan acara yang digelar untuk mempromosikan produk-produk Indonesia. Event-nya bakal digelar pada tanggal 24 hingga 28 Oktober mendatang.

Untuk melengkapi Koleksi terbarunya, Yudhistira menggandeng Nefertiti Paris sebagai salah satu ahli riasan wajah di Indonesia. Tema make-up yang dipilih untuk para model nantinya adalah gothic.

© Dokumentasi Pribadi© Dokumentasi Pribadi

"Selain berkomitmen menghadirkan inovasi produk terbaru, Nefertiti Paris juga selalu berupaya menghadirkan beragam kegiatan menarik yang bermanfaat, salah satunya mendukung karya perancang busana Indonesia. Selain Yudhistira, Nefertiti Paris juga pernah bekerjasama dengan perancang busana Indonesia lain, yang semuanya bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara. Untuk kolaborasi bersama Yudhistira kali ini, Nefertiti Paris akan menampilkan riasan bertema gothic dengan menggunakan koleksi Diva Lip cream Matte yang memiliki 17 pilihan warna yang selaras dengan keindahan Tenun Baduy, sehingga semakin menyempurnakan tampilan para model," ungkap Dr. Juliana Pateh selaku Direktur Utama dari Nefertiti Paris.

"Saya berharap, melalui Koleksi Gayatri Vol. III ini saya bisa lebih membuka mata dunia akan keindahan dan keragaman budaya Nusantara yang tercermin melalui kain-kain tradisional yang tak hanya menampilkan warna dan motif indah namun juga sarat akan nilai dan makna kearifan lokal," tutup Yudhistira.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI