Destinasi Muslim-Friendly di Eropa Terfavorit untuk Habiskan Cuti Akhir Tahun

Kamis, 19 September 2019 12:49 Penulis: Wuri Anggarini
Destinasi Muslim-Friendly di Eropa Terfavorit untuk Habiskan Cuti Akhir Tahun
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Sudah makin mendekati akhir tahun, nih? Sudah ada planning memanfaatkan promo tiket ke mana nih? Kalau belum punya rencana untuk menghabiskan sisa cuti di tahun 2019, ada beberapa destinasi pilihan untuk liburan halal. Nggak tanggung-tanggung, arahkan tujuan ke beberapa kota di Eropa yang muslim-friendly berikut ini.

Bulgaria

Siapa sangka jika Bulgaria pernah menjadi rumah bagi kerajaan Muslim yang tak terhitung jumlahnya? Dipercaya, agama Islam mulai masuk ke Bulgaria pada pertengahan abad ke-9.

Kini, kamu dengan mudah menemukan masjid seperti masjid Banya Bashi, masjid Dzumaya di Plodiv hingga Masjid Tumbul di Shumen. Selain memiliki komunitas muslim yang cukup besar, dijamin nggak kesulitan menemukan makanan halal di Bulgaria.

Siprus

Siprus merupakan destinasi yang populer di kalangan wisatawan muslim yang ingin mengeksplorasi liburan halal di Eropa. Berbatasan dengan Turki dan Laut Mediterania, Siprus akan membuat siapa saja terpesona dengan keindahan alamnya.

Meskipun tak terlalu luas, siap-siap disambut oleh pantai pasir putihnya yang cantik, kekayaan sejarah masa lalu dan budaya yang unik. Selain itu, kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai restoran halal dan masjid, termasuk Masjid Lala Mustafa Pasha yang memberimu kesempatan mempelajari sejarah Islam di Siprus.

Bosnia dan Herzegovina

Sempat diremehkan, destinasi wisata halal di Eropa kini mulai diperhitungkan namanya. Situs arkeologi kekaisaran Ottoman yang tersebar di seluruh negeri bakal mengisi hari liburmu. Ikuti tur jalan kaki di sepanjang jalan-jalan Sarajevo atau ikuti tur dengan bus lokal untuk melihat Stari Most, jembatan indah yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Memiliki populasi yang sepertiganya memeluk agama Islam, menemukan makanan halal di Bosnia nggak menjadi masalah besar. Selain itu, terdapat banyak hotel halal di Sarajevo yang juga menawarkan paket wisata muslim ke Eropa, khususnya di Bosnia dan Herzegovina.

Spanyol

Bukan hanya jadi kota Romawi yang penting, Cordoba di Spanyol juga merupakan pusat penyebaran agama Islam di abad pertengahan. Terbukri dari Masjid Agung Cordoba yang memiliki interior dan ukuran yang fantastis, menjadikannya salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi di dunia.
Nggak heran jika Cordoba terkenal sebagai salah satu tujuan Muslim-friendly di Eropa. Selain mengunjungi masjid agung, jangan lupa untuk mengunjungi Alcazar Park, Istana Viana dan Museo Romero de Torres.

Malta

Malta mungkin bukan destinasi yang terpikirkan saat memikirkan soal liburan halal di Eropa. Tapi siap-siap untuk terkejut karena kamu akan mendapat sambutan hangat di sini. Selain menyediakan banyak tempat sholat, termasuk Masjid Mariam Al-Batool di Paola, jangan lewatkan mengunjungi St. Julians kota tepi pantai yang unik, Istana Spinola dan Museum Barok.

Portugal

Jangan heran jika Portugal masuk dalam daftar destinasi Muslim-friendly di Eropa. Pasalnya, negara ini memiliki 65ribu penduduk yang memeluk agama Islam. Ada banyak warisan Islan di Portugal, termasuk Sintra yang merupakan rumah bagi kastil, reruntuhan dan monument kuno yang kental arsitektur Islam. Ada beberapa hotel halal yang cukup populer di Lisbon dan tempat-tempat makan untuk menikmati sajian yang halal untuk menghabiskan akhir tahun.

Tak perlu bingung mencari destinasi tepat di Eropa untuk liburan halal di akhir tahun. Yuk, rencanakan mulai sekarang!

(kpl/eth)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI