Detail Kemeriahan Penutupan Asian Games 2018, Ini Bocorannya

Jum'at, 31 Agustus 2018 13:17 Penulis: Mahardi Eka Putra
Detail Kemeriahan Penutupan Asian Games 2018, Ini Bocorannya
KapanLagi.com®/ Agus Apriyanto


Kapanlagi Plus - Acara penutupan Asian Games 2018 yang bakal digelar Minggu (2/9) menjadi sorotan. Hal tersebut erat kaitannya dengan suksesnya opening ceremony Asian Games pada 18 Agustus lalu. Mulai dari tarian Ratoh Jaroe yang rampak, parade para atlet peserta, sampai penampilan para musisi Indonesia menjadi kenangan manis acara tersebut. 

Direktur Kreatif Upacara Penutupan Asian Games 2018, Wishnutama Kusubandiro menuturkan bahwa ide besar dari upacara penutupan ini ialah untuk menunjukkan bahwa Asia merupakan kekuatan besar. Gagasan inilah yang berkaitan dengan benang merah tema Asian Games 2018: Energy of Asia.

"Ini akan menjadi perayaan kebersamaan kita sebagai bangsa di Asia. Nanti juga ada budaya Korea dan Tiongkok (yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022)," ucapnya, saat konferensi pers soal Asian Games 2018 di Jakarta Convention Center, Senin (27/8/2018).

Tinggal menghitung hari sebelum Asian Games 2018 resmi ditutup hari Minggu nanti. 
Apakah KLovers juga menantikannya? Berikut ini beberapa bocoran untuk mengobati rasa penasaranmu. 

1. Tema Penutupan Asian Games 2018

Seperti dilansir Liputan6, panitia telah menyebut tema yang akan diusung dalam Penutupan Asian Games 2018 ini. Dalam jumpa pers yang digelar, Selasa (28/8) disebutkan bahwa tema khusus yang diangkat adalah 'terima kasih'.  

Konsep ini ditujukan kepada para atlet dan pelatih yang telah berjuang, serta ribuan relawan yang telah membantu pelaksaan Asian Games 2018. Sedikit banyak panitia ketika memberikan bocaran, terutama bakal tampilnya boyband terkenal Korea Selatan, iKON dan Super Junior.

Selain iKON dan Super Junior, beberapa artis dari negara Asia lainnya dipastikan juga akan ikut tampil menghibur. Di antaranya adalah artis dari India dan Tiongkok.

 

2. Penyerahan Bendera

Jika dalam opening ceremony ada pengibaran bendera, maka penutupan Asian Games juga akan menghadirkan acara seremonial berkaitan dengan bendera. Nanti bakal ada penyerahaan bendera serta obor Asian Games kepada Tiongkok, sebagai tuan rumah penyelenggara Asian Games 2022.

3. Musisi yang Tampil

Acara penutupan Asian Games 2018 juga dipastikan bakal dihiasi musisi-musisi terkenal. Sebut saja Isyana Sarasvati, Denada, Gigi, Siti Badriah, Bunga Citra Lestari, dan beberapa nama lainnya.

4. Persiapan Singkat

Bahkan sejumlah perbedaan akan tampak nantinya. Upacara penutupan akan dikemas lebih sederhana mengingat waktu persiapan yang lebih singkat.

Para panitia hanya memiliki waktu satu hari unttuk membangun panggung upacara penutupan. Sedangkan panggung pembukaan Asian Games 2o18 memiliki waktu berbulan-bulan.

"Upacara ini bersifat selebrasi terhadap penyelenggara dan atlet. Intinya sebagai ucapan terima kasih kepada atlet yang berprestasi." Ungkap Wishnutama. Tapi yang pasti, Wishnutama menjanjikan upacara penutupan yang dikemas secara menarik dengan menyisipkan kejutan-kejutan dalam upacara penutupan Asian Games 2018.

Dengan penampilan sederet musisi dalam dan luar negeri, tentunya Closing Ceremony Asian Games 2018 menjadi salah satu agenda akhir pekan yang tak boleh terlewatkan dan akan dikenang sepanjang masa. 

5. Tertarik Menonton?

Upacara penutupan Asian Games ke-18 digelar pada Minggu, 2 September 2018. Acara itu akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Deputi II Bidang Administrasi INASGOC, Francis Wanadi, mengemukakan penjualan tiket Upacara Penutupan (Closing Ceremony) Asian Games 2018 telah dimulai pada 28 Agustus 2018.

Sementara itu, Creative Director INASGOC Wishnutama Kusubandio mengatakan bahwa acara penutupan ini konsepnya sangat berbeda dengan pembukaan yang sifatnya kolosal dengan tampilan set yang masif. Acara penutupan Asian Games kali ini ini sifatnya lebih ke celebration.

"Celebration terhadap penyelenggaraan ini, khususnya kepada para atlet. Intinya, berterima kasih kepada para atlet yang telah turut serta dalam pertandingan-pertandingan yang ada di Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang ini," kata Wishnutama.

Bagi KLovers yang berhalangan menonton langsung bisa pantau terus dalam video streaming di bawah ini ya. 

(kpl/dka)



MORE STORIES




REKOMENDASI