Doa Meminta Turun Hujan Sesuai Kebiasaan Rasulullah SAW

Penulis: Louvina Gita

Diterbitkan:

Doa Meminta Turun Hujan Sesuai Kebiasaan Rasulullah SAW
credit: Shutterstock

Kapanlagi.com - Berada di wilayah garis khatulistiwa membuat Indonesia akhirnya memiliki dua musim yaitu hujan dan kemarau. Saat kemarau panjang melanda, tak jarang sejumlah daerah di Tanah Air mengalami kekeringan. Seperti yang sedang terjadi saat ini.

Parahnya lagi, kemarau panjang tidak hanya menyebabkan kekeringan saja tapi juga kebakaran hutan dan lahan. Hujan yang tak kunjung turun membuat beberapa daerah juga mengalami gagal panen karena kesulitan mendapatkan air.

Kondisi serupa ternyata juga pernah terjadi di masa Rasulullah Muhammad SAW. Kala itu tak sedikit dari sahabat yang meminta pada Rasulullah untuk berdoa agar diturunkan hujan.

Melansir Dream.co.id, dalam riwayat yang diabadikan Imam Muslim dan Imam Al Baihagi, sahabat pernah meminta Rasulullah berdoa agar Allah SWT menurunkan hujan saat Madinah sedang dilanda kekeringan.

Rasulullah pun memenuhi permintaan itu dan berdoa kepada Allah SWT. Tak lama kemudian, awan hitam datang dan akhirnya menurunkan hujan selama beberapa hari.

Doa Meminta Hujan:

Doa turun hujan. (credit: dream.co.id)

Allahumma hawalayna wa la 'alaina

Artinya,
" Ya Allah, (turunkanlah hujan)di sekeliling kami, bukan (azab) atas kami."

1. Doa Saat Merasa Kenyang

Makan menjadi satu kebutuhan pokok bagi seorang makhluk hidup. Bagi umat islam, makanan juga sebagai bentuk dari rezeki pemberian Allah SWT.

Setelah makan, tentu kita akan merasa kenyang. Perut kenyang inilah yang kemudian menghadirkan rasa nyaman dan tentram dalam diri kita. Maka sepatutnya kita bersyukur atas nikmat yang telah diberikan ini.

Setiap kali kenyang, Rasulullah Muhammad SAW selalu membaca doa syukur. Berikut doa tersebut, yang diriwayatkan Imam Thabrani dari Abu Umamah.

Doa saat merasa kenyang. (credit: dream.co.id)

Alhamdulillahi hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fihi ghoiro makfurin wala muwadda’in.

Artinya,
" Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik dan diberkahi, yang senantiasa tidak diinkari nikmatnya dan tidak terputus."

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Doa Memohon Ampun Karena Mencela Orang

Sebagai manusia yang mempunyai perasaan, wajar bila pernah merasakan marah dan emosi. Namun seseorang dianjurkan untuk bisa menahan diri dan bisa mengendalikan amarah itu.

Meski begitu, sebagian orang tak mampu menahan amarah yang ada dalam dirinya. Satu hal yang paling sering keluar dari orang marah adalah mencela. Mengucap kata-kata tak pantas pada orang yang menjadi lawan bicaranya.

Dalam Islam, hal itu tentu tidak dibenarkan. Dan bila sudah terlanjur terjadi, inilah doa yang bisa dipanjatkan untuk memohon ampun karena sudah mencela orang lain.

Doa mohon ampun setelah mencela orang. (credit: dream.co.id)

Allahumma fa ayyuma mukminin sababtuhu faj’al zalika lahu qurbatan ilaika yaumal kiamati.

Artinya,
" Ya Allah, seandainya akau pernah mencela seorang mukmin, maka jadikanlah itu sebagai hal yang mendekatkan dirinya pada-Mu di hari kiamat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending