Fakta Baru Seputar Meikarta, Sudah Pada Tahu?

Rabu, 13 September 2017 00:01 Penulis: Wuri Anggarini
Fakta Baru Seputar Meikarta, Sudah Pada Tahu?
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Sebagian orang mungkin sudah tak asing dengan proyek baru bernama Meikarta. Megaproyek garapan Lippo Group ini memang cukup massif dikenalkan. Bukan saja media cetak, media online bahkan televisi pun berbondong-bondong menyiarkannya.

Hasilnya, sudah barang tentu, membuat satu per satu masyarakat Indonesia akhirnya mulai kenal dengan kota baru Meikarta. Meski begitu, tak sedikit yang belum tahu lebih jauh. Termasuk beberapa fakta terbaru seputar Meikarta berikut ini.

Punya Nilai Investasi Ratusan Triliun Rupiah

Butuh dana besar untuk menggarap sebuah megaproyek layaknya Meikarta. Tak tanggung-tanggung, Lippo Group pun menyiapkan nilai investasi fantastis untuk membangun kota baru yang digadang lebih baik dari Jakarta ini. Bukan lagi miliaran, melainkan menyentuh angka ratusan triliun.

Mendatangkan Banyak Investor

Dana sebesar itu ternyata bukan diperoleh dari khas Lippo Group semata. Sebaliknya, sebagai strategi pendanaan, Lippo bekerjasama dengan banyak investor dari luar negeri. Di antaranya, ada Mitsubishi dan Toyota dari Jepang. Dengan mekanisme multiple partnership ini Lippo mampu memenuhi sisa pendanaan yang bersumber dari khas, yaitu 65 persen.

Interpretasi Kerjasama yang Unik

Seperti diketahui, Meikarta memiliki tiga tipe, yaitu Amerika, Asia dan Eropa. Kehadiran investor asing tersebut ternyata turut memberikan sumbangsih pada wujud apartemen ke depannya. Misalnya Toyota dan Mitsubishi ingin apartemen yang mereka danai nanti bernuansa Jepang. Hal ini akan menjadikan Meikarta layaknya New York, di mana ada Central Park di bagian tengahnya, serta gedung-gedung dengan arsitektur menarik di sekelilingnya.

Didukung Banyak Kontraktor

Selain investor asing, Meikarta juga mendapatkan dukungan banyak kontraktor lokal dalam pengerjaannya. Sebut saja PT Total Bangun Persada, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT PP Properti Tbk, menjadi beberapa kontraktor yang bermitra dengan Lippo Group. Dukungan ini menjadi bukti jika Meikarta siap menjadi ‘kota’ baru sekaligus solusi atas permasalahan padatnya Jakarta.

Selain keempat fakta baru tersebut, kamu juga bisa mengikuti perkembangan terbaru tentang meikarta lewat meikarta.com.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI