Fakta-Fakta Kawasaki, Penyakit yang Sempat Diidap oleh Anak Pedangdut Selvi Kitty

Senin, 03 Februari 2020 12:42 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati
Fakta-Fakta Kawasaki, Penyakit yang Sempat Diidap oleh Anak Pedangdut Selvi Kitty
Ilustrasi sakit © Shutterstock.com


Kapanlagi Plus - Beberapa waktu lalu, putra pedangdut cantik Selvi Kitty diketahui menderita penyakit Kawasaki. Sejumlah pihak sempat keliru memberitakan soal penyakit ini. Untuk itu, pada Senin (3/2) Selvi mengunggah sekilas informasi tentang penyakit ini di Instagramnya.

Menurut unggahan Selvi, penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang pembuluh darah. Kawasaki menyebabkan peradangan pada pembuluh darah arteri, vena dan kapiler. Lebih lanjut, dilansir dari Liputan6.com, menurut Dokter spesialis anak RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Agus Harianto SpA (K), penyakit Kawasaki masih cukup sulit untuk dideteksi penyebabnya.

1. Terdapat Sejumlah Gejala

Secara umum penyakit ini menyerang anak berusia 5 bulan. Kendati begitu, Kawasaki bisa saja menyerang anak-anak di atas usia itu. Lebih jauh, sejumlah gejala dari penyakit ini antara lain:

1. Demam tinggi menjadi gejala utamanya. Suhu tubuh yang tidak stabil setidaknya terjadi selama kurang lebih 5 hari.

2. Terdapat perubahan warna mata pada anak, yakni jadi memerah.

3. Bibir berubah warna menjadi biru sementara lidahnya menjadi merah (strawberry tongue).

4. Muncul bercak kemerahan di kulit kaki kan tangan. Tak jarang juga membengkak.

5. Pembengkakan juga terjadi pada kelenjar getah bening di leher anak.

Yang perlu menjadi perhatian, gejala-gejala ini mirip dengan gejala campak dan demam berdarah. Jika tak segera ditangani, gejala tersebut beresiko pada pola detak jantung yang menjadi tak normal. Hal itu dapat berakibat fungsi katup jantung menjadi abnormal.

2. Ada Vaksinnya

Dilansir dari Liputan6.com, pemulihan penyakit ini setidaknya butuh waktu selama 6 minggu tergantung pada kondisi sang anak. Anak harus mengonsumsi obat pengencer darah agar tidak terjadi serangan jantung.

Sementara itu, vaksin penyakit ini bernama Immune Globulin Injection, jenis Gamunex. Harganya sekitar Rp9,5 juta per 50 ml. Penggunaan vaksin tersebut berbeda-beda pada setiap anak tergantung berat badannya. Setidaknya, 50 ml vaksin Kawasaki akan habis dalam waktu sekitar 4 jam.

3. Kasus Pertama di Surabaya

Masih dilansir dari Liputan6.com, di Indonesia, penyakit Kawasaki pertama kali terjadi di Surabaya. Seorang bayi berusia 8 bulan mengalami gejalanya. Bayi tersebut menjalani serangkaian tes, namun semua hasilnya normal.

Dokter lantas makin menduga kuat bayi tersebut menderita Kawasaki melihat suhu badannya yang tinggi, mata memerah, serta mulut dan bibirnya kering kemerahan. Bayi tersebut segera mendapatkan penanganan intensif.

(kpl/tdr)



MORE STORIES




REKOMENDASI