Festival Kuliner Bekasi: Saatnya Wisata Kuliner Menikmati Budaya Makassar

Kamis, 05 Oktober 2017 08:58 Penulis: Mahardi Eka Putra
Festival Kuliner Bekasi: Saatnya Wisata Kuliner Menikmati Budaya Makassar
Dokumentasi Summarecon Mall Bekasi

Kapanlagi Plus - Memasuki tahun kelima, Festival Kuliner Bekasi (FKB) 2017 kembali hadir dengan kuliner lezat khas nusantara. Tahun ini pengunjung diajak untuk menikmati sejumlah kuliner khas kota Makassar, Sulawesi Selatan. Selama 26 hari mulai 20 September - 15 Oktober 2017, bertempat di area parkir barat The Downtown Walk akan diisi oleh 81 tenant yang siap menyajikan kuliner dengan rasa terbaik.

Hadir dengan tagline “nganreki' sanggenna bassoro” yang berarti “Yuk makan sampai kenyang”, FKB mengajak pengunjung untuk mencicipi kuliner yang tersaji hingga puas.

Tidak hanya berisi ragam kuliner, The Downtown Walk Festival yang berisi penampilan sederet musisi papan atas Indonesia juga akan turut menjadi sajian entertainment menarik bagi pengunjung. Kolaborasi antara kuliner dan hiburan musik ini tentu akan membuat pengunjung lebih betah menikmati nuansa masakan tradisional dan kebudayaan Makassar dengan balutan musik terkini.

Ugi Cahyono selaku Center Director Summarecon Mal Bekasi mengatakan “setiap tahunnya kami berusaha untuk memberikan hal baru di FKB. Selain tema masakan Makassar yang membedakan dengan tahun sebelumnya, di tahun ini FKB juga menghadirkan permainan bagi anak-anak dan Gyro Rides. Di dalam FKB kali ini juga akan hadir festival kopi dan The Downtown Walk Festival dengan sederet penyanyi ternama Indonesia. Untuk menambah nilai edukasi bagi pengunjung, pada tahun ini kami bekerja sama dengan Taman Mini Indonesia Indah menampilkan mini museum yang didalamnya terdapat berbagai kebudayaan khas Makassar.”

Kuliner khas Makassar dan nusantara
Nuansa kota Makassar mulai terasa begitu pengunjung memasuki area parkir barat The Downtown Walk. Berbagai replika dari Balla, sebutan untuk rumah khas Makassar, akan menghiasi dekorasi dari puluhan booth makanan di Festival Kuliner Bekasi. Lebih menarik lagi adanya sejumlah replika yang menjadi ciri khas kota Makassar diantaranya Kapal Pinisi sebagai kapal layar tradisional khas kota Makassar, Tugu Kayu dengan ujung yang berbentuk rumah Toraja dan Pantai Losari yang telah menjadi ikon dari kota Makassar. Area seluas 9500m2 akan dipenuhi oleh 81 tenant yang terbagi menjadi 48 booth dan 33 gerobak dengan ciri khas makanan Makassar dan nusantara. Selama 26 hari, pada hari Senin-Kamis pengunjung dapat menikmati acara Festival Kuliner Bekasi mulai pukul 16.00-22.00 WIB, sedangkan untuk hari Jumat mulai pukul 16.00-23.00 WIB. Untuk hari Sabtu dan hari libur dimulai pukul 11.00-23.00 WIB, sementara hari Minggu mulai pukul 11.00-22.00 WIB.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati menu utama Tersedia 48 booth makanan diantaranya Coto Makassar, Mie Kering, Sop Konro Karebosi, Nasi Goreng Merah, Mie Titi, Ayam Pedes Bali Made, Ketupat Gloria 65 Ny.Kartika Tjandra, Bakso Bom Mas Erwin dan puluhan booth lainnya. Sementara untuk menu cemilan tersedia 33 gerobak yaitu Es Teler Panaikang, Pisang Ku Riang, Kopi Joss & Roti Bakar, Jagung Bakar Legenda, Tahu Slawi dan masih banyak menu lainya.

Untuk dapat menikmati kuliner dan permainan, pengunjung terlebih dahulu melakukan transaksi pengisian kartu top up FKB di setiap booth kasir di dalam area. Selain dapat digunakan untuk bertransaksi di event FKB, kartu ini juga dapat digunakan di area Food Temptation dan Bekasi Food City di dalam area mal. Kartu ini dapat memudahkan pengunjung untuk melakukan transaksi dengan lebih mudah dan praktis.

Panggung Hiburan, Area Permainan & Museum Mini
Seperti tahun sebelumnya, rangkaian FKB akan berdampingan dengan rangkaian event The Downtown Walk Festival yang akan menyajikan hiburan musik spesial. Setelah puas menikmati ragam kuliner lezat pengunjung dapat menyaksikan hiburan spesial dari penyanyi ternama Indonesia diantaranya Harvey Malaiholo (23 September), Once Mekel (30 September), Ruth Sahanaya (7 Oktober), dan Vidi Aldiano (14 Oktober) yang berlangsung di panggung utama The Downtown Walk setiap pukul 20.00 WIB di setiap akhir pekan.

Untuk membuat pengunjung lebih nyaman dan dapat menikmati waktu lebih lama di area FKB, sejumlah hiburan kebudayaan, musik dan permainan pun telah dipersiapkan. Bagi anak-anak, sejumlah permainan menarik seperti mini train, jumbo train animal safari rides, mini bianglala, mobil gowes, permainan capit boneka dan happy inflatable balloon berbentuk istana mini dengan kisaran harga Rp 10.000 - Rp 20.000 /permainan. Sementara bagi orang dewasa perlu mencoba permainan baru yaitu Gyro Rides. Anda akan diajak duduk di dalam sebuah besi berbentuk bundar dan diputar ke berbagai arah.

Melengkapi kebersamaan pengunjung bersama dengan keluarga dan orang terdekat, di area FKB akan hadir area Rabbit Farm. Nantinya para pengunjung dapat mengajak para buah hatinya untuk memberi makan dan bermain bersama kelinci yang lucu dan menggemaskan. Cukup dengan membeli tiket seharga Rp 15.000 (weekdays) dan Rp 20.000 (weekend), pengunjung sudah dapat masuk ke area Rabbit Farm dan diberi makanan untuk memberi makan para kelinci. Bila ingin menambah makanan, pengunjung dapat membelinya dengan harga Rp 5.000/pakan.

Tidak hanya fokus pada kuliner, FKB juga hadir guna melestarikan kebudayaan Indonesia, salah satunya budaya Makassar. Di panggung utama akan hadir ragam tarian Sulawesi Selatan diantaranya Tarian Gandrang Bulo, Tari Pakarena, Tari Pa'Gellu, Tari Paduppa dan kesenian Paraga. Selain itu, mini museum sebagai sarana edukasi juga dapat dikunjungi oleh masyarakat yang berisikan kebudayaan Makassar seperti kerajinan,baju adat, dan alat musik.

Festival Kopi
Para pencinta kopi pun patut bersiap dengan adanya Festival Kopi yang akan hadir di dalam area FKB tahun ini. Sebanyak 10 gerai kopi diantaranya Kopi Es Tak Kie, Kedai Tetirah, Kopi Melo, Kopi D'Mari, BSP Coffee, Papous Coffee, On Coffee, Semeru Sirup X Koffie Molen, Saturdays Coffee Roaster dan Brightness Coffee siap membawa ragam kopi nusantara yang nikmat. Berbagai kompetisi juga memeriahkan festival kopi di FKB diantaranya kompetisi Fun Brewing dan Latte Art Throwdown dengan babak penyisihan pada 29 & 30 September 2017 pukul 17.00 WIB. Babak final akan dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2017 pukul 17.00 WIB di panggung The Downtown Walk yang juga bertepatan dengan Hari Kopi Sedunia. Pada hari tersebut para gerai kopi juga akan mengadakan ngopi gratis dan ngopi bareng komunitas.Tidak hanya dapat menyeruput kopi dengan nuansa tradisional yang kental, para pencinta kopi juga dapat saling berdiskusi dan semakin mengenal ragam biji kopi bersama para barista di setiap booth.



(kpl/dka)



MORE STORIES




REKOMENDASI