Badai Cempaka, Penyebab Cuaca Ekstrem di Indonesia

Beberapa hari belakangan, Indonesia sedang dirundung berbagai masalah cuaca. Mulai dari hujan lebat dan angin kencang sampai banjir yang terjadi di beberapa wilayah. Kondisi tersebut disebabkan oleh Siklon Tropis Cempaka, yakni sebuah badai yang tumbuh di sekitar daerah tropis, terutama yang memiliki suhu muka laut yang hangat.

Dampak badai cempaka tersebut sangat terasa di beberapa wilayah di Indonesia, seperti hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali. Selain hujan, angin kencang hingga kecepatan 20 knots juga berpotensi terjadi di wilayah selatan Jawa.

Lantas, seperti apa kondisi wilayah-wilayah yang terkena dampak badai cempaka tersebut?

Rabu, 29 November 2017 20:10 Penulis: Tyssa Madelina
Ditemui di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Titiek mengaku meletakkan prioritas pertama untuk negeri tercintanya.

Salah satu kota yang terkena dampak badai cempaka adalah Pacitan. Sejak Selasa (28/11) malam, beberapa wilayah terkena banjir bandang akibat curah hujan yang cukup tinggi. Bahkan, sekitar 4000 warga terkena dampaknya. Bencana alam tersebut juga mengakibatkan tanah longsor yang menewaskan 11 korban. Hingga saat ini, bencana banjir dan longsor di wilayah Pacitan yang berada di pesisir selatan Jawa Timur belum juga reda. Sementara wilayah Pantura juga dikabarkan waspada. Sebab, debit air di Bengawan Solo terpantau meningkat.


Hak Cipta: © Merdeka/tmd
1/8



MOST POPULAR