Gambaran Isi Percakapan CVR Lion Air JT610, Penyebab Jatuh Adalah Kesalahan Sensor?

Kamis, 21 Maret 2019 18:00 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Gambaran Isi Percakapan CVR Lion Air JT610, Penyebab Jatuh Adalah Kesalahan Sensor?
Lion Air © Straitstimes


Kapanlagi Plus - Penyebab kecelakaan pesawat Lion Air JT610 hingga kini masih diselidiki. Meski begitu, ada beberapa sumber yang mengklaim mengetahui isi percakapan Cockpit Voice Recorder pasca tragedi tersebut terjadi.

Dilansir The Straits Times (20/3), Data Cockpit Voice Recorder menunjukkan jika pilot sempat membuka buku panduan untuk mencari tahu masalah pesawat tersebut. Sayang, mereka tak punya waktu lebih untuk menyelamatkan pesawat.

Artikel tersebut memang tak menjelaskan secara detail mengenai isi rekaman tersebut. Namun diperkirakan kesalahan sensor menjadi penyebab pesawat tersebut jatuh di laut.

 

1. Komputer Pesawat Salah Analisis

Dari laporan perliminary report yang dirilis November lalu, diketahui jika kopilot sempat melaporkan adanya 'masalah kontrol penerbangan' 2 menit setelah lepas landas. Kopilot tak merinci masalah tersebut, namun salah satu sumber mengatakan jika kecepatan udara sempat disebut dalam CVR.

Dikatakan jika sistem komputer pesawat salah menganalisis kondisi pesawat dengan stall, sehingga otomatis menurunkan hidung pesawat untuk mendapatkan daya angkat. Sementara pilot berjibaku menaikkan hidung pesawat dan 'melawan' komputer pesawat.

2. Sempat Dalam Kondisi Yang Sama Sehari Sebelum Kecelakaan

Sumber dari The Telegraph mengatakan jika sehari sebelum jatuh, pesawat sempat mengalami kondisi yang sama. Hanya saja saat itu pesawat diselamatkan oleh pilot off-duty yang kebetulan berada dalam pesawat tersebut.

Pilot off duty tersebut berada di kursi kokpit saat komputer pesawat salah menganalisa. Pilot tersebut lalu memberitahu kru cara menonaktifkan sistem kontrol pesawat yang akhirnya menyelamatkan pesawat dari jatuh.

Keesokan harinya, pesawat pun mengalami hal yang sama. Sayangnya, dengan kru yang berbeda, masalah terebut gagal ditangani sehngga membuat pesawat tersebut jatuh di Laut Jawa di Tanjung Karawang, Jawa Barat.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI