Gebrak Tradisi Olahraga, GirlPower Hadir Sebagai Tim Sepakbola Wanita Pertama Rusia

Senin, 09 Juli 2018 11:30 Penulis: Editor KapanLagi.com
Gebrak Tradisi Olahraga, GirlPower Hadir Sebagai Tim Sepakbola Wanita Pertama Rusia
girl-power.club

Kapanlagi Plus - Sepakbola memang menyenangkan, namun stereotypenya sebagai olahraga untuk lelaki ternyata nggak lantas bisa diterima. Begitulah yang terjadi di Rusia. karenanya, sekelompok wanita membentuk tim sepakbola dan tunjukkan bahwa mereka bisa bermain dengan apik. Siapa mereka? Bagaimana mereka terbentuk?

1. Bernama GirlPower, Tim ini terdiri dari wanita dengan beragam profesi

(Credit: Buro.247)(Credit: Buro.247)

Dilansir dari The Guardian, Para wanita yang bergabung dalam GirlPower bermacam-macam profesinya. Mulai dari Wartawan, Manajer perusahaan transportasi, Pramuniaga, hingga Diplomat. Mereka merupakan sekelompok ibu-ibu di sekolah sepakbola lokal Moskow. Sebetulnya yang bersekolah di situ adalah anak-anak mereka, tapi mereka nggak mau cuma nonton dari pinggir lapangan. Yup, mereka juga ingin berpartisipasi dalam sepakbola Rusia.

2. Meski bekerja, mereka tetap rajin berlatih

(Credit: The Guardian)(Credit: The Guardian)

Dibentuk pada musim semi 2014 silam, GirlPower berlatih selama 1-2 jam per hari selama 5 kali seminggu. Mereka berlatih menggiring bola hingga mencetak gol. pastinya sesi ini nggak lepas dari jeritan dan celoteh ala perempuan kan? nggak kebayang gimana riuhnya lapangan.

3. Bermain sepakbola ternyata jadi mimpi para anggotanya

(Credit: girl-power.club)(Credit: girl-power.club)

Bagi beberapa perempuan, bergabung di GirlPower berarti mewujudkan mimpi mereka. “Ketika saya menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Moskow, saya bersemangat untuk mengetahui bahwa ada tim sepak bola wanita. Tetapi pelatih menolak saya karena semua gadis dalam tim lebih berpengalaman. Saya sangat kecewa," tukas Yelizaveta Surganova.

4. Pertandingan profesional mereka hadapi, buktikan permainannya bukan main-main

(Credit: girl-power.club)(Credit: girl-power.club)

Tim mulai mengambil bagian dalam turnamen, bermain melawan klub amatir dan profesional di Moskow dan di wilayah Rusia lainnya. “Pemenang dan runner-up Piala Rusia diundang ke Piala Eropa. Tim yang datang pertama dan kedua menolak untuk pergi, karena berbagai alasan, jadi kami diundang, ”kata Dolgy-Rapoport ceritakan pencapaian mereka hadiri Piala Eropa.

5. Sempat kesulitan cari sponsor, kini mereka jadi endosemen brand Adidas

(Credit: girl-power.club)(Credit: girl-power.club)

Nama GirlPower mulai dikenal dan diliput oleh berbagai media internasional. Langkah mereka nggak cuma sebatas di lapangan, dalam konferensi internasional untuk mendukung perkembangan sepakbola wanita pun mereka hadir. Nggak hearan kalau brand sebesar Adidas menjadikan mereka brand endorsement.

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI