Gempa Dahsyat 8 SR Hantam Peru, Guncangan Terasa Hingga ke Brasil

Minggu, 26 Mei 2019 20:23 Penulis: Tyssa Madelina
Gempa Dahsyat 8 SR Hantam Peru, Guncangan Terasa Hingga ke Brasil
Gempa guncang Peru (Credit: Shutterstock)


Kapanlagi Plus - Pada hari Minggu (26/05) pukul 07.41 waktu setempat, gempa dengan magnitudo 8 SR mengguncang wilayah Peru. Menurut laporan dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat (US Geological Survey/USGS), gempa itu terjadi sekitar 180 kilometer sebelah timur kota Moyobamba.

Dikutip dari AFP, pusat gempa diketahui berada pada kedalaman sekitar 105 kilometer di bawah permukaan tanah. Melihat jarangnya penduduk di wilayah yang terkena dampak gempa, getarannya tidak sampai mengancam keselamatan manusia. Namun beberapa netizen media sosial turut melaporkan kalau guncangan gempa tersebut terasa hingga ke wilayah Brasil dan Ecuador.

Sejumlah warga diketahui telah meninggalkan rumah masing-masing saat merasakan gempa. Hingga kini mereka dikabarkan masih mengungsi di tempat yang aman.

1. Tidak Berpotensi Tsunami

Titik gempa diketahui berada jauh dari bibir pantai. Tim dari Pacific Tsunami Warning Center pun menyatakan kalau gempa yang terjadi lebih dari dua menit itu tidak berpotensi tsunami.

"Berdasarkan semua data yang tersedia, tidak ada ancaman tsunami. Sebab, pusat gempa terletak jauh di dalam bumi," tulisnya.

2. Bukan Pertama Kali

Ini bukan pertama kalinya Peru diguncang gempa berkekuatan dahsyat. Sebelumnya pada bulan Februari 2019 kemarin, wilayah perbatasan Peru dan Ekuador dilanda gempa dengan magnitudo 7,5 SR.

Lalu di bulan Januari, gempa berkekuatan 7,3 SR juga menghancurkan bangunan dan menewaskan dua orang di selatan kota Arequipa. Peru memang terletak di daerah seismik di mana wilayahnya rentan dilanda gempa.

 

(kpl/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI