Get Ready, Nusantara Fashion Festival 2020 Hadirkan Deretan Brand Lokal Paling Potensial!

Sabtu, 08 Agustus 2020 12:39 Penulis: Wuri Anggarini
Get Ready, Nusantara Fashion Festival 2020 Hadirkan Deretan Brand Lokal Paling Potensial!
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Panggung fashion dunia terus berkembang dan menjadi inspirasi buat para brand lokal untuk terus melebarkan sayapnya. Indonesia boleh berbangga karena geliat industri fashion lagi gencar-gencarnya dalam beberapa tahun terakhir. Satu per satu brand lokal mulai bermunculan mengisi panggung fashion tanah air yang menawarkan koleksi berkualitas.

Kabar gembira karena salah satu festival fashion online terbesar untuk brand lokal tanah air siap digelar. Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 bakal jadi event paling dinanti sama fashionista di seluruh Indonesia karena menghadirkan deretan brand fashion lokal paling potensial. Berikut 5 di antaranya! Get ready, kualitas mereka nggak kalah sama merek internasional. Mulai dari Cotton Ink, Compass, Monday To Sunday, Sean & Sheila hingga Lulu Lutfi Labibi.

Cotton Ink

(c) Instagram/cottonink(c) Instagram/cottonink

Didirikan oleh dua sahabat teman SMP yang sama-sama menggeluti fashion design, yaitu Carline Darjanto dan Ria Sarwono, Cotton Ink dibangun pada tahun 2008. Ide awalnya adalah menciptakan fashion yang nyaman dari kain katun yang dipasarkan lewat halaman Facebook. Saat itu, proses pemasarannya pun dilakukan secara manual dari mulut ke mulut karena media sosial belum berkembang seperti sekarang.

Hingga akhirnya Cotton Ink menjadi salah satu brand lokal yang sukses dikenal karena muncul dalam berbagai majalan fashion dan berhasil terpilih sebagai brand favorit di ajang Jakarta Fashion Week 2010/Cleo Fashion Award. Saat ini, Cotton Ink menjadi salah satu brand lokal yang koleksinya layak disandingkan dengan brand fashion ternama dunia lainnya.

Compass Shoes

(c) Instagram/sepatucompass(c) Instagram/sepatucompass

Compass Shoes berawal dari sebuah industri rumahan di Bandung yang didirikan pada tahun 1998 oleh Kahar Setiadi. Bisnis ini sempat mengalami penurunan tajam di tahun 2000an. Hingga akhirnya Compass diambil alih oleh sang anak Kahar Gunawan yang memutuskan untuk melakukan rebranding produk.

Compass kembali bangkit di tahun 2017 lewat koleksi rebrandingnya yang dipercayakan kepada Aji Handoko Purbo. Gazelle, Bravo 001, Proto 1, Vintage 98 menjadi signature collection yang disukai para pecinta sneakers tanah air.

Compass juga melakukan beberapa kolaborasi keren seperti menggandeng Briant Notodiharjo, Pot Meets Pop, hingga musisi Kelompok Penerbang Roket. Sekarang banyak yang menantikan koleksi terbaru Compass, bahkan nggak jarang menimbulkan antrean panjang saat peluncurannya.

Monday To Sunday

(c) Instagram/mondaytosundaylabel(c) Instagram/mondaytosundaylabel

Brand yang satu ini didirikan pada tahun 2009 oleh 4 fashion creator kreatif. Mereka adalah Dita Addlecoat, Mellyun Xing, Oline Siahaan, dan Riyam Soepardi yang merupakan lulusan Fashion Design ESMOD Jakarta dan Raffles Design Institute Singapore. Konsep busana yang diusung oleh merek lokal ini adalah daily wear yang simpel dan mudah digunakan, baik itu siang atau pun malam. Outfit mereka juga dibuat agar bisa dikenakan dalam berbagai aktivitas, baik itu dari kampus atau kantor hingga acara makan malam santai bersama orang-orang terdekat.

Kalau melihat detail koleksinya, Monday To Sunday punya karakter unik. Seperti potongan yang playful, penuh twist detailing, hingga desain yang terbatas sehingga mempersonalisasi para penggunanya. Mengintip situsnya, kamu bisa melihat sederet koleksi daily wear dengan potongan unik. Bahkan ada juga koleksi spesial seperti Monday To Sunday x Doraemon yang menghadirkan koleksi fashion items bernuansa Doraemon.

Danjyo Hiyoji

(c) Instagram/danjyohiyoji(c) Instagram/danjyohiyoji

Pertama kali didirikan pada 2001 oleh Dana Maulana dan Liza Masitha, Danjyo Hiyoji memang sudah bukan brand yang asing lagi buat para fashion lovers tanah air. Koleksinya selalu fokus pada rancangan daily wear yang sederhana tapi tetap inovatif. Potongan unik, berkarakter, tapi tetap simpel dan elegan menjadi ciri khas dari koleksi Danjyo Hiyoji.

Brand ini berhasil membuktikan eksistensinya dalam industri fashion lokal dengan memenangkan sejumlah penghargaan. Mulai dari pemenang The Most Innovative Local Brand Cleo Indonesia Fashion Award 2009, Label of The Year 2010 ELLE Indonesia Magazine, dan Instyle Magazine Awards 2012. Danjyo Hiyoji menjadi bukti kalau koleksi lokal nggak kalah dengan internasional.

Lulu Lutfi Labibi

(c) Instagram/lululutfilabibi(c) Instagram/lululutfilabibi

Lulu Lutfi Labibi pertama kali membangun brand fashionnya sendiri di tahun 2011. Desainer asal Yogyakarta ini dikenal dengan koleksinya yang punya ciri khas tersendiri, yaitu teknik draping, di mana kain dililit, ditumpuk, atau diikat dengan cantik. Teknik inilah yang menjadi keunggulan tersendiri bagi sang desainer karena bisa berkreasi dengan berbagai items menarik lainnya agar tidak terlihat membosankan.

Lulu memperluas spectrum kreasinya lewat penggunaan lurik yang dirancang dengan lebih modern. Ia bermain dengan motif hingga memadukannya dengan material lain, seperti lace. Kadang ia juga menambahkan border pada koleksinya yang membuat tampilannya jadi semakin etnik. Kini, koleksi Lulu Lutfi Labibi dikenal sebagai fashion items unisex yang nggak hanya terbatas buat perempuan saja. Para pria yang ingin tampil modis juga bisa memadukan teknik draping yang dibawa dalam busananya.

Catat tanggalnya ya, show keren ini bisa disaksikan secara streaming di www.nusantarafashionfestival.com pada tanggal 1 - 31 Agustus 2020. Dijamin jadi event virtual yang inspiratif banget karena rangkaian agenda menarik, seperti Virtual Fashion Show, Fashion Talks, hingga Fashion Charity.

(c) NUFF 2020(c) NUFF 2020

Virtual Fashion Show bakal memamerkan busana dari 75 fashion designers dan label. Setiap desainer akan ditampilkan di atas virtual stage dengan tema yang berbeda-beda. Beberapa fashion designers ternama yang akan meramaikan di antaranya Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, Eddy Betty, dan masih banyak lagi. Kemudian untuk label, selain kelima brand yang sudah disebutin di atas akan ada juga beberapa merek lain seperti Byo, Tulola, IKYK, dan masih banyak lagi.

Makin meriah berkat sesi Special Show yang menghadirkan Rossa, Afghan, Hindia, serta Sara Fajira. Kemudian sesi Fashion Talks bakal diramaikan oleh pembicaraan inspiratif dari beragam tokoh dari berbagai bidang, seperti Erick Thohir dan Anton Wirjono (CEO of The Goods Dept).

Eits, nggak berhenti sampai di situ aja! Di acara Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 kamu juga bisa mendapatkan beragam promo menarik dari Bank BRI. Cek yuk!

MERCHANT ONLINE

Promo Indonesia Mall

- Diskon 20% untuk transaksi di Indonesia Mall - Tokopedia dengan menggunakan Kartu Kredit BRI Mastercard dan BRI Debit Online.
- Minimal transaksi Rp 200 ribu
- Gunakan kode voucher BRIMAL1 :  Kartu Kredit BRI Mastercard
- Gunakan kode voucher BRIMAL2 : BRI Debit Online

Promo Nusantara Fashion Festival
- Diskon 10% di Tokopedia dengan menggunakan Kartu Kredit BRI Mastercard dan BRI Debit Online.
- Minimal transaksi Rp 500 ribu
- Gunakan kode voucher BRINUF11 : Kartu Kredit BRI Mastercard
- Gunakan kode voucher BRINUF2 : BRI Debit Online

Merchant-Merchant dari Bank BRI
- Dapatkan diskon 10%, maksimal diskon Rp 50.000,-
- Minimal transaksi Rp 500.000,-
- Kuota promo selama periode program 100: Debit Card, 100: Credit Card
- Periode program: 15 Juli - 31 Agustus 2020.
- Berlaku untuk Kartu Kredit BRI dan Debit BRI.

Lengkap dan seru banget kan, NUFF 2020 ini? Makanya jangan sampai ketinggalan infonya, Follow akun @bankbri_id dan @nuff.id buat dapetin update info terkini. Don't miss it!
 

(adv/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI