Google Berulang Tahun ke-23, Ini Sederet Fakta dan Sejarah Mesin Pencari Terbesar di Dunia

Senin, 27 September 2021 13:33 Penulis: Nurul Wahida
Google Berulang Tahun ke-23, Ini Sederet Fakta dan Sejarah Mesin Pencari Terbesar di Dunia
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Peringatan ulang tahun Google tahun ini jatuh pada tanggal 27 September 2021. Setelah melalui perjalanan cukup panjang sejak berdiri pada 1998 silam, Google berhasil jadi teknologi mesin pencari utama terbesar pengguna internet di dunia.

Sejarah Google sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa serta produk internet ini telah dimulai sejak 23 tahun silam. Hari ulang tahun Google dari tahun ke tahun memang selalu menghadirkan tampilan baru berupa logo ataupun Doodle khusus. Biasanya Doodle untuk ulang tahun Google, ditampilkan pada logo atau beranda halaman utama.

Tidak heran kalau misalkan hari ini, kalian melihat tampilan berbeda dari logo Google serta laman beranda Google. Sesuai usianya, Doodle ulang tahun Google kali ini bertuliskan angka 23 yang berbentuk cake.

Mengulik tentang sejarah Google yang tengah berulang tahun ke-23, berikut ini ada sejumlah fakta yang perlu kalian ketahui. Apalagi kini Google telah bertransformasi jadi perusahaan teknologi internet nomor satu di dunia. Berikut fakta dan sejarah Google yang berulang tahun ke-23 telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Sejarah Berdirinya Google

Sejarah singkat berdirinya Google dimulai dari pertemuan para pendirinya yakni Sergrey Brin dan Larry Page. Pendiri awal Google tersebut adalah seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Stanford yang tengah mengerjakan sebuah proyek yakni berupa mesin pencari bernama backrub yang selanjutnya berganti menjadi Google.

Ada yang menarik tentang sejarah berdirinya Google sebelum diresmikan. Pasalnya nama Google didapatkan setelah terjadi salah ketik tulisan Googol.com untuk nama domain menjadi Google.com. Ya, awalnya sang pendiri ingin menggunakan nama Googol yang artinya angka 1 lalu diikuti angka 100 kali nol. Menurut sejarahnya, nama ini dipilih sesuai dengan visi misi mereka yakni berharap dapat mengelola informasi dunia yang berguna serta bisa diakses untuk semua orang.

Namun akhirnya nama Google menjadi nama resmi untuk perusahaan mereka yang didirikan pada 4 September 1998. Berdirinya perusahaan Google menarik sejumlah investor salah satunya Andy Bechtosheim yang memberi cek kepada sang pendiri Google sebesar 100 ribu dollar AS. Akhirnya berdirilah perusahaan bernama Google LLC.

Kantor pertama Google didirikan di Menlo Park, California yakni milik Susan Wojcicki yang saat ini CEO Youtube. Perusahaan Google berkembang begitu pesat dan mendunia. Pemindahan kantor selanjutnya dipusatkan di Mountain View, California.

2. Perubahan Tanggal Ulang Tahun Google

Sejarah Google sebagai perusahaan multinasional bergerak di bidang jasa dan produk internet ini memang cukup panjang. Meski secara resmi didirikan pada 4 September 1998, hanya saja dalam perkembangannya, ulang tahun Google sebelumnya diperingati pada tanggal yang berbeda.

Ini terjadi terutama pada tujuh tahun pertama didirikan. Misalnya saja pada ulang tahun keenam diperingati pada tanggal 7 September. Sementara tahun 2005, Google memperingati ulang tahun pada 26 September.

Namun setelah mengalami perubahan tanggal peringatan ulang tahun Google, tahun 2006 akhirnya ditetapkan bahwa ulang tahun Google jatuh pada 27 September. Karena itulah kini setiap tanggal tersebut diperingati sebagai hari ulang tahun Google.

3. Awal Doodle Google

Doodle adalah gambar berupa garis acak bahkan terkadang abstrak. Meski begitu, terkadang doodle juga dapat memiliki makna tertentu. Seperti perusahaan Google, menggunakan doodle untuk tampilan logo ataupun laman beranda.

Doodle pertama Google sebenarnya sudah ada sejak 1998, yakni terdapat di antara logo-logonya. Doodle Google tersebut berupa gambar orang-orangan. Doodle Google pertama bukan sekedar gambar semata, melainkan memberi pesan kepada pengunjung atau pengguna bahwa staf Google tengah mengikuti Festival Burning Man.

Sedangkan kini, doodle jadi ciri khas Google yang bisa dilihat di laman berandanya untuk menyampaikan suatu pesan khusus di hari penting ataupun bersejarah. Seperti hari ini, 27 September 2021, sebagai hari peringatan ulang tahun Google ada doodle cake bertuliskan angka 23.

 

4. Jenis dan Produk Layanan Google

Google memberikan beragam jenis dan produk layanan yang bisa digunakan setiap orang. Karena kecanggihan layanan dan produk inilah menjadikan Google banyak digunakan oleh siapapun di seluruh dunia. Di antara jenis dan produk layanan Google sebagai berikut.

Adanya produk iklan berupa Google Adsense dan Google Adwords.

Adanya produk mesin pencari berupa Google Search, Google Maps, Google Earth.

Produk komunikasi Google berupa Google Mail (Gmail), Google Drive, Google Docs, ataupun Google Chrome.

Mengembangkan ke perangkat lunak Android.

Adanya Google Video, Google Analytics, Google SMS, dan Google+.

5. Berkembang Jadi Situs Web Nomor Satu di Dunia

Google telah menjadi situs web paling populer dan banyak di gunakan setiap orang di dunia. Tidak heran kalau Google jadi situs web nomor satu di dunia. Bahkan berdasarkan Alexa, Goolgle masih bertahan memegang predikat nomor satu sebagai situs web paling banyak diakses dan dikunjungi di dunia.

Jadi perusahaan berbasis teknologi jasa dan produk internet, Google telah meraup banyak keuntungan. Melansir dari Kompas.com, induk perusahaan Google yakni Alphabet dapat memperoleh pendapatan hingga 55,3 miliar dollar AS setara dengan Rp 801,85 triliun dalam tiga bulan atau kuartal 1 di tahun 2021.

Nah itulah sejarah Google dan fakta-faktanya yang tengah berulang tahun ke-23. Berbagai layanan dan produk Google kini masih jadi primadona pengguna internet di seluruh dunia.

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI