Hasil Penelitian, Jerawat Bisa Muncul Hingga Usia 50-an

Jum'at, 09 September 2022 13:53
Hasil Penelitian, Jerawat Bisa Muncul Hingga Usia 50-an
Jerawat bisa muncul hingga usia 50 tahun (credit: Dokumentasi Pribadi)


Kapanlagi Plus - Jerawat merupakan masalah kulit ketiga yang paling sering dialami masyarakat Indonesia, dengan persentase tertinggi dialami remaja. Berdasar penelitian dari Universitas Airlangga, jerawat juga bisa dialami mereka yang sudah berusia lanjut.

"Pada tahun 2022, Universitas Airlangga menyebutkan, jerawat dapat dialami semua usia, antara usia 1-12 bulan, usia remaja, hingga dewasa. Angka kejadian pada usia remaja lebih tinggi pada laki-laki, akan tetapi pada usia dewasa lebih banyak dialami perempuan. Tingkat prevalensi jerawat adalah 64% pada usia 20-an, 43% di usia 30-an, dan 1-7% di usia 50 tahun ke atas," tutur dr. Ricky Maharis yang merupakan Dermatologist Clinic De Votre Peau.

Menurut Ricky Maharis, banyak faktor yang menyebabkan jerawat bisa muncul di usia lanjut, misal penglupasan kulit yang kurang baik.

"Paling banyak terjadi adalah pengaruh dari reseptor pada hormonal yang sangat hiperaktif, jadi posisinya reseptor menangkap hormon kebanyakan sehingga memproduksi minyak juga banyak. Ini bisa jadi salah satu penyebab jerawat di usia lanjut," tuturnya saat pembukaan Clinic De Votre Peau di kawasan Gading Serpong, Tangerang, Kamis (8/9/2022).

1. Dipicu Oleh Gaya Hidup Kurang Sehat

Masalah jerawat juga, utamanya dipicu oleh gaya hidup kurang sehat, pola diet tidak seimbang, produksi minyak berlebih pada kulit, dan stres.

"Masyarakat Indonesia lebih rentan mengalami masalah jerawat karena kondisi iklim tropis yang membuat produksi keringat jadi lebih tinggi. Jerawat juga mudah muncul pada mereka yang bertempat tinggal di kota besar yang tinggi tingkat polusinya,” lanjutnya.

Untuk mencegah timbulnya jerawat, menurut dr. Ricky Maharis, menyarankan rutin melakukan skin investment. Namun bila sudah berjerawat dan kondisinya sudah berat, harus melalui penanganan dokter.

"Karena untuk mencegah peradangan dan after peradangannya agar tidak muncul bekas sampai bopeng," ujarnya.

2. Berikan Solusi

Ricky Maharis menjelaskan di klinik De Votre Peaur memberikan solusi dengan pendekatan holistik dan inovatif untuk masalah jerawat, dengan menargetkan permasalahan jerawat tidak hanya di permukaan kulit tetapi juga dari dalam, yakni dengan combination treatment, seperti acne peeling untuk membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak, serta mengangkat sel-sel kulit mati, laser untuk membunuh kuman-kuman penyebab jerawat dan mengurangi peradangan di kulit, serta acne infusion untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

"Di sini juga menawarkan perawatan skin restoration yang juga membantu masalah jerawat, seperti filler, botox, dan skin booster," tukasnya.

(kpl/dan/nda)



MORE STORIES




REKOMENDASI