Impian Millennial Jadi Youtuber Bisa Dimulai dari Sini

Jum'at, 01 Desember 2017 00:01 Penulis: Ayu Miranti
Impian Millennial Jadi Youtuber Bisa Dimulai dari Sini
┬ęshutterstock

Kapanlagi Plus - Jika dulu ditanya ingin jadi apa saat dewasa, jawabannya biasanya nggak jauh dari dokter, tentara, atau guru, Tapi kini generasi millenial memiliki profesi impian yang baru, yaitu jadi Youtuber atau content creator. Selain dapat menuangkan kreativitasnya, kesempatan untuk jadi terkenal dan mendapatkan rejeki juga bisa berasal dari video yang kamu buat.

Kalau ingin menjadi salah satunya, siapkan dulu peralatan tempur pendukungnya, seperti berikut ini.

Kamera
Untuk mendapatkan banyak subscribers, video yang dibuat juga harus berkualitas dan jauh dari buram atau goyang. Kalau punya budget terbatas, pertimbangkan kamera handphone dengan pencahayaan dan kualitas lensa oke untuk menghasilkan video berkualitas baik.

Kalau memang serius ingin terjun menjadi Youtubers, mirrorless camera bisa jadi pilihan karena performa yang bagus dan ringan, jadi lebih mudah dibawa ke mana-mana. Tapi khusus buat yang doyan traveling, nggak ada salahnya punya action camera yang praktis di bawa ke mana-mana.

Tripod
Buat menjaga kamera tetap stabil saat merekam, kamu butuh tripod sebagai penyangga. Selain monopod yang digunakan di atas permukaan yang datar, miliki juga gorillapod yang ketiga kakinya lentur dan mudah diletakkan di bidang apa pun. Ukurannya pun kecil sehingga praktis dibawa ke mana saja.

Lighting
Pencahayaan yang remang-remang hanya akan bikin mata sakit saat menonton videomu. Selain menggunakan pencahayaan alami sinar matahari, kamu juga wajib beli alat tambahan seperti softbox yang memberikan cahaya halus.
Bagi yang ingin membuat tutorial makeup, Youtubers biasanya memiliki ring light, yaitu lampu LED yang bentuknya mirip donat. Lampu ini membuat cahayanya terfokus pada satu arah, sehingga detil-detil makeup-nya lebih terlihat.

Microphone
Kamera, laptop, atau smartphone biasanya sudah dilengkapi dengan mic internal, tapi agar suara terdengar lebih jelas, beberapa Youtubers memilih menambah mic external. Cara ini dapat meminimalkan suara-suara pengganggu, seperti angin atau keramaian lalu lintas.

Jika kameramu memiliki hot shoe, pasang saja mic-nya di atas kamera sehingga lebih praktis. Cara lainnya, letakkan microphone di meja depanmu atau sematkan di baju untuk membuat kualitas suaramu terjamin bening.

Laptop yang dilengkapi software editing video
Alat-alat perekam sudah siap, teknik juga oke punya, tapi laptopnya jadul dan gampang ngadat? Dijamin bakal stres sendiri! Miliki laptop yang sudah dilengkapi dengan software editing video, misalnya dengan menambahkan teks, filter, atau clipart yang lucu. Ada juga tambahan backsound atau sound effect yang bikin video makin kece.

Modal jadi Youtuber atau content creator masa kini memang nggak sedikit. Tapi, impian ini bisa semakin dekat kalau kamu rajin naik GrabBike, lho. Eh, kok bisa sih? Soalnya, kalau sering naik GrabBike, kesempatan mendapatkan #GrabMasnya bakal semakin besar. Kalau bertemu dengan pengendara Grab Masnya yang berjaket dan helm emas, pastikan kamu mendapatkan tiket hadiahmu. Gosok sendiri tiketnya dan lihat kejutan apa yang kamu dapatkan dari Grab Indonesia.


 
Ada banyak hadiah menarik yang menanti, mulai dari diskon perjalanan sampai uang tunai Rp 5 juta yang bisa buat tambahan untuk mewujudkan impian jadi Youtuber kenamaan. Nggak cuma itu, Grab Indonesia juga ngajakin kamu buat ikutan challenge di Instagram @grabid tanggal 3 Desember 2017 nanti.

Jangan lupa follow akun Instagram @grabid biar kamu bisa update terus dengan challenge seru apa yang bakal diadakan beserta hadiah menariknya yang bisa kamu dapatkan. Yuk, saatnya bikin impian jadi Youtuber hits makin #DekatDenganGrab dengan ikutan challenge ini! Info lebih lengkap klik di sini.

(kpl/wri/ayu)

Reporter:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI