Indonesia Mengajar Kembali Tebar Inspirasi, Angkat Kisah Ratusan Pengajar di Timur Indonesia

Rabu, 21 September 2022 18:33 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati
Indonesia Mengajar Kembali Tebar Inspirasi, Angkat Kisah Ratusan Pengajar di Timur Indonesia
Indonesia Mengajar Kembali Tebar Ispirasi (Credit: Istimewa)


Kapanlagi Plus - Indonesia Timur kerap kali lekat dengan image yang memilukan hati, seperti susahnya akses jalan, minimnya fasilitas, rintangan budaya yang sulit dilawan, membuat belahan bumi pertiwi yang satu ini selalu akrab dengan kata tertinggal. Begitupun dengan pendidikan di sana.

Mencoba mematahkan stigma tersebut, sebuah sesi diskusi dan konfersi pers diselenggarakan di Gedung Kementrian Pendidikan, Selasa (20/9). Indonesia Mengajar memberi beberapa kisah abdi mereka di Indonesia Timur.

“Syaratnya untuk berani beragam dengan pendekatan di lapangan. Kita harus terbuka dulu. Kita nggak pernah bisa memahami bahwa pendekatan pengembangan pendidikan itu bisa dan harus beragam tanpa kita berani mendengar dan bersikap terbuka lebih dalam tentang apa yang sesungguhnya terjadi di lapangan,” ungkap Hikmat Hardono selaku Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar.

1. Bertolak Belakang

Mendampingi Hikmat Hardono, ada Iffah Sulistyawati Hartana, salah satu guru dari Indonesia Mengajar yang mendapat tugas mengajar di Papua Barat.

Iffah menceritakan pengalamannya selama bertugas di sana, dimana ia mendapatkan hal yang luar biasa, dan sangat bertolak belakang dengan pandangan atau stigma buruk yang sering didengar.

“Masyarakat di sana juga menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan saya, salah satunya makan, dimana warga sekitar tepatnya ibu pendamping atau mamah piara saya membeli berbagai perabotan baru untuk makan dan juga menyediakan berbagai makanan halal sesuai dengan kebutuhan saya,” kisahnya.

2. Pupuk Kepedulian

“Malah saya yang diberitahu tentang beberapa berita atau kabar terbaru dari Jakarta atau belahan dunia lain, yang saya belum tahu. Ternyata mereka menonton dari Youtube,” bebernya.

Indonesia mengajar mengadakan acara Konferensi Pendidikan Indonesia Timur, yang akan diselenggarakan pada tanggal 24-25 September 2022 di Gedung Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta Pusat. Acara tersebut akan memupuk kepedulian dan perhatian satu sama lain secara khusus di dunia pendidikan di Indonesia Timur.

(kpl/tdr)



MORE STORIES




REKOMENDASI