Indosiar Tegaskan Tak Ada Iklan Rokok Dalam Pertandingan Liga 1

Kamis, 13 Oktober 2022 17:01
Indosiar Tegaskan Tak Ada Iklan Rokok Dalam Pertandingan Liga 1
Indosiar tegaskan iklan rokok tak ada kaitannya dengan pertandignan Liga 1 ©Merdeka.com


Kapanlagi Plus - Direktur Programming Indosiar SCM, Harsiwi Achmad sudah bertemu dengan Komnas HAM. Dalam pertemuannya itu, Harsiwi sebagai perwakilan Indosiar mengatakan bahwa tak ada kaitannya penyiaran Liga 1 di jam prime time untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Termasuk mengakomodir produk rokok sebagai pengiklan.

"Tidak ada," tegas Harsiwi kepada awak media, Kamis (13/10). 

Harsiwi melanjutkan, sejak tahun 2018, Indosiar resmi menjadi pemegang hak siar pertandingan Liga 1. Dan selama itu pula, Siwi memastikan tidak pernah ada perusahaan rokok yang menjadi sponsor. 

"Sekali lagi bahwa Liga 1 sejak kami tahun 2018, 2019, 2020, 2021 dan 2022, tidak ada sponsor rokok sama sekali," tegasnya. 

 

1. Soal Iklan Rokok

Terkait munculnya iklan rokok, Siwi mengatakan bahwa itu tak ada hubungannya dengan pertandingan Liga 1. Dalam broadcasting, ada istilah time signal, di mana rokok diperbolehkan muncul pada pukul 21.30 WIB. 

"Kalau sponsor rokok itu muncul di televisi saat pertandingan itu adalah time signal. Di mana iklan rokok tidak memilih program. Jadi bisa pada program apa saja yang tayang di jam tersebut. Yang penting tayang di atas jam 21.30 Wib. Apakah itu program Liga Dangdut, Dangdut Academdy, apakah sinetron, itu tidak memilih program," ujarnya. 

 

2. Jadwal Liga 1

Sebelumnya, Harsiwi juga menjelaskan, semua jadwal pertandingan disusun oleh PT LIB selaku operator Liga 1. Dan setelah itu, jadwal tersebut dikomunikasikan kepada broadcaster, yang tak lain adalah Indosiar sebagai pemegang hak siar Liga 1. 

"Akan ada solusi solusi yang didiskusikan bersama. Endingnya, karena yang tahu lapangan LIB maka final otoritas ada di LIB. Kami semua termasuk broadcaster dan seluruh stakeholder mengikuti jadwal final yang dikeluarkan LIB," paparnya.

 

(kpl/dwn)



MORE STORIES




REKOMENDASI