Ini Alasan Kenapa Singapura Jadi Tempat Tepat Bagi Para Design Enthusiast

Sabtu, 09 Februari 2019 10:00 Penulis: Wuri Anggarini
Ini Alasan Kenapa Singapura Jadi Tempat Tepat Bagi Para Design Enthusiast
© Singapore Tourism Board

Kapanlagi Plus - KLovers, jika mendengar kata 'Singapura', yang terbesit di kepala adalah wisata belanja dan kuliner yang bikin ngiler bukan? Yup, Singapura memang dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik dengan berbagai suguhan makanan, tempat belanja, tempat hiburan dan pertunjukan yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Namun, Singapura ternyata tak hanya berkutat pada wisata belanja atau pun kuliner. Selama beberapa tahun belakangan ini Singapura membangun citra sebagai ibukota desain Asia. Bukanlah hal yang mengherankan, langkah ini diambil untuk memperkuat kedudukan Singapura sebagai Creative City of Design yang dianugerahkan oleh UNESCO.

Gelar ini bukan tanpa alasan. Selama bertahun-tahun, Singapura menyimpan potensi pasar yang luas dengan talenta-talenta designer local yang hebat, membuat dunia design kini mulai mengalihkan pandangannya dari daerah Barat ke Timur yang sedang berkembang.

Buat kamu, design-enthusiast, ini alasan kenapa Singapura jadi destinasi negara yang tepat untuk kamu mengolah rasa dan mengembangkan diri di The Lion City:

Pangsa pasar dan konsumen yang mendukung

© Singapore Tourism Board© Singapore Tourism Board

Sebagai Creative City of Design sejak tahun 2015, Singapura telah bertransformasi menjadi pusta desain yang memelopori pengembangan industri di regional Asia. Begitu banyak perusahaan multi-nasional yang mendirikan pusat desainnya di Singapura, untuk menciptakan berbagai produk eksklusif yang ditujukan khusus untuk pasar Asia, misalnya Procter & Gamble, Electrolux, Porsche Design Studion hingga Tupperware Brand.

Tentunya keputusan perusahaan-perusahaan multi-nasional ini beralasan kuat, karena Singapura merupakan tempat di mana secara unik seni, budaya, bisnis dan teknologi bisa melebur menjadi satu. Hal ini juga didukung oleh pangsa pasar dan konsumen yang mendukung.

Banyaknya arsitek internasional yang datang ke Singapura untuk berkolaborasi mengembangkan proyek-proyek arsitektur. Misalnya Learning Hub oleh Thomas Heatherwick, The Interlace dan DUO oleh Ole Scheeren.

Jaringan desainer berbakat

© Singapore Tourism Board© Singapore Tourism Board

Singapura memiliki desainer-desainer lokal yang berbakat dan telah diakui internasional. Inisiator-inisator lokal Singapura turut mendukung karya para desainer Singapura sehingga berhasil menyabet berbagai penghargaan bergengsi dunia dalam bidang design.

Nggak mengherankan jika kalender event design di Singapura sangat dinamis, dipenuhi berbagai perhelatan design yang beragam. Mulai dari fashion, arsitektur sampai interior design. Semuanya memiliki wadah dan kesempatan yang sama untuk memamerkan karyanya kepada masyarakat.

Sebagai bentuk dedikasi dan dukungan terhadap industri ini, The DesignSingapore Council telah meluncurkan Design Masterplan untuk membawa Singapura ke tahun 2025, tahun yang dicanangkan Singapura untuk menggiatkan desain sebagai ekonomi bernilai tinggi bagi masyarakatnya.

Singapura memiliki situs-situs design yang relevan

Di Singapura, para desainer maupun design-enthusiast memiliki ruang untuk berkarya yang mumpuni karena didukung penuh oleh pemerintah dan juga inisator lokal. Misalnya National Design Center dan ArtScience Museum.

National Design Center merupakan pusat design terintegrasi antara galeri dan laboratorium design. Terletak di pusat kota, tempat ini memupuk inovasi design dan membangun ekosistem yang sehat dan menyenangkan bagi para seniman.

Sementara ArtScience Museum, yang dirancang oleh arsitek ternama, Moshe Safdie, seolah tak pernah sepi agenda pamera dan tur yang diadakan seputar seni, sains, design, arsitektur hingga teknologi.

Kesempatan terbuka lebar untuk berkembang

© Singapore Tourism Board© Singapore Tourism Board

Singapura secara rutin mengadakan konferensi yang menyatukan koleksi kegiatan desain lokal dan internasional dalam sebuah agenda bertajuk Singapore Design Week (SDW). Tahun ini, gelaran akbar yang telah mencapai edisi keenam tersebut bakal diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 17 Maret 2019. Salah satu festival desain terbesar di Asia ini terbuka komunitas desain, bisnis, mahasiswa desain, pejabat sektor publik, dan masyarakat umum. Dengan begitu diharapkan kehadiran acara ini mampu menghadirkan inovasi dan solusi sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Singapore Design Week 2019 merupakan kesempatan emas bagi talenta di ranah desain dan bisnis dari Singapura dan penjuru Asia untuk berkolaborasi. Dampak positif dalam jangka panjang yang hendak diraih adalah terjadi peningkatan sinergi demi perwujudan Singapura sebagai kota desain secara global.

Bukan hal yang berlebihan apabila Singapore Design Week 2019 menjadi salah satu agenda ranah desain terbaik di Asia Tenggara. Pasalnya, beragam program yang dilahirkan pada edisi kali ini memiliki value luar biasa. Pertama, ada Brainstorm Design yang bakal digelar pada tanggal 5 sampai 7 Maret untuk kedua kalinya. Mengusung tema Vision, Empathy, and Scale, brainstorm yang akan dipimpin oleh tim editorial FORTUNE ini akan mengeksplorasi dan memperkuat beragam ide dari pertemuan perdana pada 2018.

Lalu yang kedua ada SingaPlural yang akan diadakan lagi di National Design Centre dari tanggal 4 hingga 17 Maret 2019. Mengusung tema Unnatural Phenomena, program ini akan dikuratori langsung oleh Formwerkz dan Bravo. Poin yang bakal dieksplorasi pun tak kalah menarik, yakni evolusi hibrida saat disiplin ilmu bercampur dalam pencarian yang sama.

Terakhir ada International Furniture Fair Singapore (IFFS) yang merupakan pameran dagang di Marina Bay Sands yang akan digelar pada 9 hingga 12 maret 2019. Makin istimewa karena program ini bakal diadakan bersama dengan Furniture Show and NOOK Asia. IFFS dijamin dapat menghadirkan inspirasi kepada pengunjung untuk lebih dalam mengetahui tentang kekayaam warisan budaya dan keanekaragaman negara-negara ASEAN.

Melihat begitu besarnya potensi dan ruang yang disediakan, Singapura merupakan tempat yang tempat bagi kemajuan industri desain di Asia. Saatnya impian menjadi nyata.

(adv/wnd)

Reporter:

Winda Carmelita



MORE STORIES




REKOMENDASI