Ini Tips Efektif Pesan Tiket Kereta Api Liburan Akhir Tahun

Jum'at, 16 November 2018 00:01 Penulis: Iwan Tantomi
Ini Tips Efektif Pesan Tiket Kereta Api Liburan Akhir Tahun
© shutterstock

Kapanlagi Plus - Sudahkah kamu pesan tiket kereta api untuk liburan akhir tahun nanti? Meski perayaan Natal dan tahun baru masih sekitar satu bulan lagi, hal ini penting bila tujuan liburan akhir tahunmu adalah destinasi wisata favorit. Apalagi, bepergian selama periode puncak liburan dapat membuatmu stres menghadapi ketatnya perebutan tiket kereta api.

Supaya liburan tetap terlaksana, ada cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan tiket kereta api. Simak beberapa tips pesan tiket kereta api berikut ini:

Pesan tiket dari jauh hari

©Shutterstock

Tiket kereta api selalu dijual sekitar 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemesanan tiket kereta api dari jauh-jauh hari untuk menghindari kelangkaan tiket liburan. Lagipula, memesan tiket kereta sejak dini memungkinkan Anda memilih kelas dan tempat duduk dengan lebih leluasa.

Cari alternatif tanggal atau rute kereta api



©Shutterstock

Pada musim liburan, bisa dipastikan sejumlah rute favorit akan diserbu calon penumpang di waktu bersamaan. Maka dari itu, jangan terpaku pada satu tanggal atau rute, tetapi juga menyiapkan alternatif tanggal atau rute kereta lain agar kamu bisa memiliki banyak opsi keberangkatan. Contohnya, kamu bisa memilih stasiun di kota lainnya yang dekat dengan kota tujuan jika kehabisan tiket langsung.

Pesan tiket di beberapa situs online



©Pexels

Sebaiknya, andalkan pula lebih dari satu tempat pembelian tiket kereta api. Sebab, ketersediaan tiket kereta api tak hanya ada di situs resmi dan loket stasiun KAI tetapi seluruh mitra resmi yang bekerja sama dengan PT KAI.

Salah satu pilihan terbaik adalah memesan tiket kereta api melalui online travel agent (OTA) seperti Traveloka. Dengan cara ini, kamu dapat menikmati banyak keuntungan seperti pilihan rute lengkap, harga terjangkau, jaminan keamanan, serta kemudahan pemesanan lewat satu situs web atau aplikasi (Traveloka App). Kamu bahkan bisa mendapatkan bermacam promo menarik, sehingga bisa mendapatkan tiket murah.

Pilih metode pembayaran yang paling mudah



©Pexels

Pada beberapa kasus, banyak pengguna berhasil mendapatkan tiket namun berakhir hangus karena telat melakukan pembayaran. Oleh karena itu, mengingat sistem pembayaran tiket kereta api memiliki tenggat waktu yang singkat, maka  gunakanlah sistem pembayaran yang paling memudahkan kamu, seperti mobile banking atau kartu kredit. Dengan begitu, tiket bisa cepat didapatkan tanpa masalah.

Membeli tiket kereta lanjutan



©Pexels

Kamu tetap belum mendapatkan tiket kereta api? Tenang saja, cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan kereta api lanjutan. Perjalanan dengan sistem transit ini memungkinkan kamu tiba di tujuan utama dengan rute sambungan, sehingga harus berganti beberapa kereta dengan rute berbeda. Meski sedikit boros waktu, tak ada salahnya dicoba. Apalagi, kereta api lanjutan juga bisa menjadi solusi untuk bepergian ke tempat-tempat yang tidak memiliki akses kereta langsung.

Itulah 5 cara yang bisa kamu coba jika berencana liburan dengan kereta api. Yuk, langsung ikuti cara-cara di atas agar kamu bisa mendapatkan tiket liburan akhir tahun nanti. Selamat mencoba!

 

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI