Irzan Raditya Bikin Kamu Nggak Gampang Nyerah Dirikan Startup!

Sabtu, 14 April 2018 00:01 Penulis: Ayu Miranti
Irzan Raditya Bikin Kamu Nggak Gampang Nyerah Dirikan Startup!
©facebook/irzanraditya

Kapanlagi Plus - Perkembangan infromasi dan teknologi bukan hanya memudahkan kehidupan banyak orang tapi juga membuka beragam lapangan kerja. Jika dulunya profesi non formal ini sering dianggap sebelah mata, kini generasi zaman now berlomba-lomba mengusung bisnis startup yang potensinya cukup menggiurkan. Sayangnya, nggak semuanya langsung mendapat kesuksesan dalam waktu singkat, seperti kisah inspiratif dari Irzan Raditya.

Namanya mungkin belum familiar, tapi mungkin KLovers sudah pernah menggunakan startup keren besutannya, YeeBossNow.com. Tapi keberhasilannya di bidang ranah digital ini nggak datang dalam sekejap, ada perjuangan panjang di baliknya. Dimulai saat Irzan menuntut ilmu di Jerman selama 8 tahun, ia juga mengisi waktunya menjadi developer Android paruh waktu.

Setelah lulus, cowok yang jago main musik ini sempat menimba pengalaman di berbagai perusahaan, seperti Zalando, sister company-nya Zalora, dan TakeAway.com, jasa layanan antar online terbesar di Eropa. Walau sudah bekerja di perusahaan besar, namun ia merasa ada “sesuatu” yang hilang.

©facebook/irzanraditya©facebook/irzanraditya

Penggemar musik punk dan rock ini kemudian mencoba meluncurkan empat startup buatannya. Mulai dari Amplitweet, clothing line Cape & Fly, aplikasi fashion STYYLI, hingga Rumah Diaspora. Namun semuanya belum memberikan hasil yang memuaskan.

Tapi bukan Irzan namanya jika ia langsung patah semangat. Pengalaman dan pelajaran dari bisnis terdahulu dipakai untuk membangun YesBossNow.com pada Juni 2015 di Jerman. Ia nggak bekerja sendiri, karena ada Christian Franke dan Wahyu Wrehasnaya di sampingnya.

Memanfaatkan teknologi conversational commerce, YessBoss akan membantu penggunanya mengerjakan segala sesuatu, mirip asisten pribadi, sehingga dapat menghemat waktu. Tinggal kirimkan pesan dingkat dan kebutuhanmu akan dipenuhi tanpa butuh waktu lama. Hal ini dilatarbelakangi pengalamannya selama hidup di Jerman yang sangat tepat waktu dan efisien. Pentingnya waktu yang dimiliki menjadi inspirasi cowok penggemar superhero ini yang kemudian diaplikasikan lewat startup buatannya.

Berbekal modal Rp70 juta, kesuksesan yang dipetik Irzan ternyata di luar dugaan! Hanya dalam waktu satu tahun, YessBoss sudah dimanfaatkan oleh 70ribu pengguna dan lebih dari 100ribu permintaan. Pertumbuhan bisnisnya per bulan pun bisa mencapai 40-60 persen. Untuk meningkatkan performanya, cowok ramah senyum ini menggandeng partner lainnya seperti FoodPanda, Grab, hingga RajaKarcis.

Irzan kasih bukti yang nyata buat anak muda kalau kegagalan bukan alasan seseorang menyerah buat mengejar passionnya. Justru kamu harus terus menggali potensi yang ada, kembangkan ide kreatif, dan buktikan ketangguhanmu lewat kompetisi yang memberikan banyak manfaat. Seperti The NextDev 2018!

(c) Instagram/thenextdev(c) Instagram/thenextdev

The NextDev 2018 merupakan ajang pencarian startup terbaik Indonesia yang menghasilkan karya out of the box dan memberikan social impact buat masyarakat. Rangkaian The NextDev 2018 akan dimulai dengan Pitching Day di 7 kota yang akan diawali di Surabaya pada 27 April 2018 nanti. Rangkaian ini masih terus berjalan hingga Oktober 2018 mendatang, jadi segera siapkan dirimu mumpung masih banyak kesempatan! Info lebih lengkap klik di sini.

Selain itu, kamu juga bisa ketemu dan sharing langsung bersama Irzan Raditya dan para speakers inspirasional lainnya dengan ikutan iDEAX x The NextDev yang bakal diadakan pada tanggal 27-28 April mendatang. Bertempat di SSCC Convention Hall Mall Pakuwon, Surabaya, acara seru ini akan diisi beragam konten menarik seperti Ideatalks, Conference, dan Texpo.

Yuk, klik di sini untuk mendaftar dan cek info selengkapnya!

(kpl/eth/ayu)

Reporter:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI