Jadi Tuan Rumah Asian Para Games 2018, Kontingen Indonesia Ditarget 19 Medali Emas!

Kamis, 06 September 2018 14:31 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Jadi Tuan Rumah Asian Para Games 2018, Kontingen Indonesia Ditarget 19 Medali Emas!
Asian Para Games 2018 © Liputan 6


Kapanlagi Plus - Selepas Asian Games 2018, Indonesia masih belum bisa berleha-leha. Kali ini, tanah air diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018.

Ajang ini akan dilaksanakan pada 6-13 Oktober 2018. Karena ini adalah event yang bertaraf internasional, 42 negara akan ikut ambil bagian dalam event ini, mereka akan berjuang memperebutkan medali dari 18 cabang olahraga.

Sekitar 2.800 atlet, 1.200 official serta 500 media dari seluruh benua Asia diperkirakan akan tumplek blek di Indonesia. Untuk tahun ini, atlet tanah air diberikan target untuk meraih 19 medali emas.

1. Target 19 Emas!

"Target 19 emas tentunya peringkat tujuh. Namun, harapannya kita terinspirasi untuk mengikuti jejak para atlet Indonesia dalam Asian Games 2018 atau minimal 5 besar," ujar Sekretaris Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (Inapgoc), Bayu Rahardian, pada hari Rabu (5/9).

Inapgoc sendiri telah melaksanakan prosesi pengambilan api untuk obor Asian Para Games 2018. Api obor ini diambil di sumber Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Tak berbeda dengan Asian Games, obor tersebut nantinya juga akan diarak melalui beberapa kota. Dimulai dari Solo, obor tersebut akan dibawa ke Ternate, Makassar, Bali, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang dan berakhir di Jakarta.

2. Asian Games Resmi Ditutup

Pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018 resmi ditutup. Acara yang dimulai pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September ini resmi ditutup pada hari Minggu (2/9) kemarin dan berjalan sukses.

Indonesia sukses meraih 98 medali, dengan 31 di antaranya adalah medali emas. Dengan perolehan medali sebegitu banyak, Indonesia berada di posisi 4 dan menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang ebrada dalam 10 besar klasemen.

Pasca closing ceremony digelar di Gelora Bung Karno, muncul ucapan perpisahan dari panitia Asian Games 2018. Ucapan tersebut dicetak melalui koran dan menjadi viral di social media.

3. Terima Kasih

"Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
TERIMA KASIH
Untuk para sponsor dan rekanan atas dukungan tiada henti sejak awal hingga akhir. Untuk semua lembaga pemerintah yang terlibat menyukseskan. Untuk TNI, POLRI dan petugas keamanan yang bersama selalu menjaga keamanan dan ketertiban. Untuk para pewarta yang memastikan kabar tentang ajang ini, terdengar di seluruh dunia. Untuk mereka yang memunguti sampah tanpa rasa gengsi. Untuk yang sabar mengantre demi menonton langsung atau membeli boneka Bhin Bhin, Kaka dan Atung. Untuk penonton di rumah, di kantor, di seluruh Indonesia. Untuk yang sempat kesal kehabisan tiket, tapi terobati dengan keseruan nonton bareng di Asian Fest. Untuk yang harus bersabar karena aturan ganjil genap. Untuk ibu yang mengantarkan anaknya berjumpa atlet jagoannya. Untuk ayah yang menemani calon-calon atlet menonton dan terus mendorong cita-cita mereka. Untuk orangtua yang rela berjauhan dengan anak-anaknya yang berjuang demi merah Putih. Untuk semua yang ikut #goyangdayung. Untuk netizen yang selalu menggelora di dunia maya. Untuk yang bilang Asian Games harusnya 1 bulan. Untuk sukarelawan yang menyambut semua delegasi dengan senyum. Untuk supporter yang menyorakkan semangat sampai serak. Untuk yang dengan semangat menyambut obor Asian Games di seluruh penjuru negeri. Untuk yang tetap mendukung, walau atlet favoritnya tak jadi juara. Untuk para pemenang yang menunjukkan bahwa tidak ada perjuangan yang sia-sia. Untuk yang pulang tanpa medali, namun tidak akan menyerah meriah bintang. Untuk seniman, musisi dan artis yang menghidupkan gegap gempita. Untuk ribuan penari yang telah membuka mata dunia. Untuk seluruh panitia yang bahu membahu tak kenal menyerah. Untuk yang hanyut dalam kebanggan hingga melupakan perbedaan. Untuk tiap tetes ait mata ketika Indonesia Raya berkumandang. Terima kasih Indonesia. Terima kasih Asia. Berkat semua, pesta olahraga terbesar di Asia telah terlaksana denga baik. Mari terus berkobar, karena kalianlah ENERGI ASIA!"

4. Membuat Mata Meleleh

Tentu saja ucapan tersebut membuat mata siapapun yang membacanya langsung basah. Indonesia tak hanya sukses sebagai tuan rumah Asian Games 2018, namun juga sukses membawa medali lebih banyak dari 4 tahun sebelumnya.

Sontak apresiasi positif pun diberikan oleh para netizen, yang mengakui jika gelaran Asian Games 2018 ini memang benar-benar membawa kesuksesan bagi Indonesia. Siapa kita? INDONESIA!

Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI