Jakarta Lengang Karena Lebaran, Kualitas Udara Jadi Lebih Baik

Rabu, 13 Juni 2018 15:31 Penulis: Ferry Sanjaya
Jakarta Lengang Karena Lebaran, Kualitas Udara Jadi Lebih Baik
Jakarta Lengang © Merdeka

Kapanlagi Plus - Kamu yang tinggal di Jakarta mungkin bisa 'bernafas lega', literally. Ibu Kota sendiri sudah mulai lengang usai ditinggal warganya yang berlebaran di kampung halaman masing-masing.

Volume kendaraan yang biasanya memadati ruas jalan Jakarta pun menurun sangat drastis. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Isnawa Adji pun mengatakan jika kualitas udara ibu kota jadi membaik.

"Asap kendaraan bermotor merupakan penyumbang terbesar pencemaran udara di Jakarta," ungkapnya seperti dilansir Merdeka, Rabu (13/6).

Jakarta Lengang © MerdekaJakarta Lengang © Merdeka

Isnawa memaparkan jika hasil monitoring kualitas udara di Stasiun DKI 1 Bundaran Hotel Indonesia mencatat terjadinya penurunan konsentrasi SO2 sebesar 27,36 persen, penurunan konsentrasi CO sebesar 66,91 persen dan penurunan konsentrasi NO2 sebesar 70,81 persen.

Isnawa menambahkan jika kualitas udara yang membaik tak hanya disebabkan oleh menurunnya jumlah kendaraan bermotor di jalanan Ibu kota, tapi juga karena hujan yang turun Selasa malam.

"Membaiknya kualitas udara dapat dirasakan, antara lain dengan lebih nyamannya udara ketika dihirup di alam terbuka," tutupnya.

(kpl/mer/frs)

Editor:

Ferry Sanjaya



MORE STORIES




REKOMENDASI