Jelajah Bali, Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Unik yang Bikin Penampilan Fashionable

Selasa, 17 Mei 2022 19:07 Penulis: Iwan Tantomi
Jelajah Bali, Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Unik yang Bikin Penampilan Fashionable
Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi Plus - Ingin menikmati wisata yang memberikan panorama alam yang memikat? Enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, #DiIndonesiaAja ada beragam destinasi yang bisa memanjakan mata. Salah satunya Bali yang dikenal sebagai surga wisata yang keindahan alamnya sudah diakui oleh traveler dari berbagai penjuru dunia.

Selain menjadi tujuan wisata, Bali juga sering menjadi tuan rumah berbagai event baik yang berskala nasional maupun internasional. Salah satunya adalah Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang akan digelar pada November 2022 mendatang.

G20 sendiri merupakan Group of Twenty, yaitu forum kerja sama multilateral yang diikuti oleh 19 negara dan 1 kawasan ekonomi, Uni Eropa. Tahun ini, Indonesia mendapatkan kehormatan memegang presidensi G20 selama setahun penuh yang mengusung tema Recover Together, Recover Stronger.

Sambil menikmati euforia dan rasa bangga karena Bali akan menjadi tuan rumah KTT G20 yang semakin mempromosikan daya tariknya kepada dunia luar, yuk saatnya kembali menikmati wisata di Pulau Dewata. Selain menikmati keindahan alam, kekayaan budaya, dan kuliner yang lezat, jangan lupa jadwalkan juga belanja oleh-oleh unik yang bisa bikin penampilan fashionable. Apa saja sih?

1. Kebaya Khas Bali dengan Warna Cantik

Credit via Shutterstock.com/Oka DianaCredit via Shutterstock.com/Oka Diana

Kebaya memang menjadi salah satu pakaian khas di berbagai daerah yang ada di Indonesia, enggak terkecuali di Bali. Namun, kebaya Bali punya ciri tersendiri yang membuatnya terlihat berbeda jika dibandingkan dengan daerah lain.

Secara umum, kebaya Bali dibuat dari kain brokat atau katun. Selain itu, ciri yang paling membedakan dengan kebaya lain adalah penggunaan warna yang cerah seperti merah, oranye, ungu, kuning, dan semacamnya. Jadi, jarang banget menemukan kebaya Bali dengan warna gelap seperti hitam, cokelat, atau abu-abu. Selanjutnya, selendang pada kebaya Bali digunakan dengan cara diikat di bagian pinggang.

Dengan kecantikan pakaian tradisional yang satu ini, kebaya Bali cocok jadi oleh-oleh yang bisa bikin penampilan fashionable yang bisa digunakan saat menghadiri acara spesial. Misalnya saja saat datang ke pesta pernikahan, acara ulang tahun, atau acara istimewa lain yang membuat kamu harus berdandan secara spesial.

2. Tas Rotan yang Melengkapi Penampilan

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Sebagai salah satu negara penghasil rotan terbesar, enggak heran jika masyarakat Indonesia mengkreasikan bahan baku tersebut menjadi berbagai produk ekonomi kreatif. Salah satunya adalah tas rotan yang menjadi oleh-oleh khas saat berkunjung ke Pulau Dewata. Di berbagai sentra aksesori dan suvenir, kamu bisa menjumpai tas rotan dalam berbagai desain, mulai dari sling bag hingga hand bag yang menawan.

Kreasi tas rotan juga enggak membosankan karena para perajin juga mengikuti tren fashion masa kini. Banyak tas rotan yang diberikan sentuhan aksesori lain seperti pita atau syal yang menambah kesan fashionable saat digunakan. Seiring dengan tren sling bag yang lagi booming, kamu juga bisa ikut mempopulerkan sling bag dari rotan yang artinya mendukung produk karya anak bangsa.

3. Aksesori Batu Alam yang Eksotis

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Bali memang dikenal kaya dengan produk ekonomi kreatif yang dikembangkan oleh masyarakat lokal. Produk ini kemudian berkembang menjadi oleh-oleh yang banyak dicari oleh traveler. Salah satunya adalah aksesori batu alam yang eksotis.

Saat menjelajah di Bali, kamu akan menemukan berbagai aksesori batu alam yang disulap menjadi gelang, cincin, hingga kalung. Produk ini banyak diincar oleh para wisatawan karena dianggap eksotis dan bisa menyempurnakan penampilan.

4. Kain Pantai Bali yang Bisa Jadi Rok Kekinian

Credit via Shutterstock.comCredit via Shutterstock.com

Satu lagi produk ekonomi kreatif khas Bali yang bisa jadi oleh-oleh untuk membuat penampilan fashionable. Pastinya sudah enggak asing lagi dong dengan kain pantai Bali yang biasanya dihiasi dengan berbagai motif dan warna menarik!

Yup, item yang satu ini enggak hanya berfungsi sebagai kain saja. Kamu bisa menjadikannya rok lilit cantik yang menemani busana jalan-jalan ke pantai. Buat yang suka berkreasi sendiri, banyak juga tutorial do it yourself atau DIY yang menyulap kain pantai Bali menjadi dress hingga cardigan kekinian. Pastinya bisa melengkapi gaya fashion sehari-hari!

Wah, ternyata ada banyak produk ekonomi kreatif khas Bali yang bisa menjadi oleh-oleh cantik untuk membuat penampilan makin fashionable. Jangan lupa masukkan ke dalam wish list saat traveling nanti biar enggak terlewat ya, KLovers!

Wisata menjelajah Bali memang memberikan sensasi liburan yang maksimal. Namun, jangan lupa untuk berwisata dengan penuh tanggung jawab. Selain harus menghargai alam dan budaya Bali, penting juga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rutin mencuci tangan, hingga menghindari keramaian dan menjaga jarak. Dengan berwisata menikmati keindahan alam Bali, mencicipi kuliner lezat yang disajikan oleh masyarakat lokal, hingga membeli oleh-oleh produk ekonomi kreatif yang jadi favorit, artinya kamu sudah berkontribusi membantu bangkitnya ekonomi kreatif.

Kebangkitan sektor pariwisata tanah air juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah dengan tujuan membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan pertumbuhan ekonomi. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

“Oleh karena itu kita akan mempercepat, dan tugas kami di pemerintah adalah memfasilitasi dengan kegiatan-kegiatan dan kami akan pastikan para investor untuk mulai menginvestasikan, tidak menunggu lagi sehingga terbuka lapangan kerja dan ekonomi,” katanya.

Masih banyak surga wisata lain di Indonesia yang bisa kamu jelajahi, lho! Temukan inspirasinya dengan follow Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia supaya enggak ketinggalan update inspirasi destinasi wisata dan ekonomi kreatif yang saat ini sedang hits. Ikuti juga Pesona Punya Kuis (PUKIS) di mana kamu bisa mendapatkan kesempatan hadiah merchandise dan uang jutaan rupiah dari Wonderful Indonesia setiap bulannya.

(kly/wri)

Reporter:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI