Jelang Sea Games 2019, IeSPA Bakal Gelar Liga dan Kejurnas e-Sport Lho!

Jum'at, 14 Desember 2018 07:00 Penulis: Winda Carmelita
Jelang Sea Games 2019, IeSPA Bakal Gelar Liga dan Kejurnas e-Sport Lho!
© Merdeka.com

Kapanlagi Plus - Masih ingat dengan hingar-bingar cabang olahraga paling gres, e-Sport di gelaran Asian Games 2018 lalu? Meski tergolong baru, dengan banyaknya gamer di Indonesia, cabor ini begitu menarik perhatian. Bukan hanya soal medali, jalannya kompetisi juga sangat seru karena melibatkan game untuk memenangkan pertandingan, khas banget dengan gaya hidup anak muda kekinian.

Berkat kesuksesan di Asian Games 2018, dunia e-Sport Indonesia siap melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi cabor ini bakal dipertandingkan secara profesional di Sea Games 2019, di mana setiap perolehan medalinya akan memengaruhi posisi setiap negara peserta di papan klasemen.

Demi mempersiapkan para atlet, Indonesia e-Sport Association (IeSPA) berkomitmen untuk menggodok para peserta dengan beragam event. Termasuk liga e-sport tingkat universitas dan Kejurnas, yang diharapkan mampu menjaring atlet-atlet berbakat baru di cabor kekinian ini.

"Karena kita memiliki target untuk mendapat 4 medali emas di Sea Games," ujar Eddy Lim, Ketua IeSPA, usai bertemu Menpora Imam Nahrawi di kantor Kemenpora, Selasa (4/12).

Eddy Lim mengakui bahwa Indonesia punya SDM melimpah untuk e-Sport. Diperkirakan ada sekitar empat sampai lima juta atlet yang berkecimpung di olahraga ini. Diharapkan dengan adanya liga dan Kejurnas, bakal muncul bibit-bibit berkualitas yang bisa diikutsertakan di Sea Games 2019 di Filipina. Karena itu, pihak IeSPA juga menjalin kerja sama dengan pengurus-pengurus daerah di 12 provinsi.

"Gamesnya (yang dipertandingkan) itu belum diumumkan, menurut rencana minggu depan diumumkan. Kita memang telah menerima list game dari Komite Olimpiade tapi saya rasa tunggu pengumuman resmi panitia Sea Games," ungkapnya.

Selain itu Eddy juga merasa optimis Indonesia bisa bicara banyak di Sea Games. Soalnya ada satu atlet bernama Jo yang mampu meraih medali perak di Asian Games 2018 lalu lewat cabang Hearthstone.

"Saya punya keyakinan hampir 90 persen mendapat medali emas bisa," pungkasnya.

Nggak mau kalah dengan Eddy Lim, Jo juga mengungkapkan rasa optimisnya. Bahkan menurutnya, Indonesia harus kirim lebih banyak atlet biar bisa menyapu medali.

"Aku bakal latihan banget, harapannya jangan cuma satu atlet doang yang dikirim. Kalau bisa, buat cabang Hearthstone bisa sampai tiga atlet biar kita sapu rata (medali)," tegas Jo.

Buat kamu yang merasa hebat dalam dunia game, tunjukkan kemampuanmu. Ikuti beragam kompetisi e-Sport yang digelar Kemenpora. Siapa tahu, kamulah orang yang bisa mengharumkan nama bangsa di Sea Games 2019. 

(kpl/wnd)

Reporter:

Winda Carmelita



MORE STORIES




REKOMENDASI