Jelaskan Arti Bersyukur Secara Islami Beserta Penjelasannya dalam Hadist

Kamis, 02 Desember 2021 14:22 Penulis: Dhia Amira
Jelaskan Arti Bersyukur Secara Islami Beserta Penjelasannya dalam Hadist
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Syukur atau bersyukur merupakan sebuah bentuk batin yang harus dimiliki oleh seseorang. Dengan memiliki rasa syukur, kita akan menjadi manusia yang lebih bahagia. Rasa syukur diajarkan oleh setiap agama, termasuk agama Islam. Bagi seorang muslim, apapun yang terjadi di dunia ini harus disyukuri. Jelaskan arti bersyukur secara Islami tentu bisa membantu kita untuk memahami arti bersyukur itu sendiri.

Bahkan dalam Islam, rasa syukur merupakan sebuah ibadah pada Allah SWT. Selalu bersyukur juga membuat kita menjadi seorang muslim yang selalu berpikir positif pada Allah SWT. Rasa syukur tidak hanya diucapkan dari lisan saja, namun perlu dirasakan oleh hati dengan tulus dan ikhlas. Dengan bersyukur kita akan mudah bahagia, karena mudah merasa senang oleh apapun yang terjadi walaupun dengan hal sederhana.

Untuk itu bagi KLovers yang ingin mengetahui arti bersyukur, berikut ini jelaskan arti bersyukur beserta dengan penjelasan hadist-nya secara Islami, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Pengertian Bersyukur

Secara bahasa, syukur berasal dari kata "syakara-yasykuru-syukran" yang bermakna kata "pujian karena mendapatkan sesuatu". Rasa syukur adalah gambaran kenikmatan dan menampakannya di permukaan, ada banyak cara mengucapkan rasa syukur dalam Islami, seperti berdoa, berdzikir, dan selalu berpikir positif pada Allah SWT.

Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang pandai bersyukur. Lawan dari syukur sendiri adalah kufur nikmat, yaitu sifat enggan untuk menyadari atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang telah didapatkan adalah dari Allah Ta'ala. Manusia yang tidak pandai bersyukur akan sulit merasakan sebuah kebahagiaan.

Hal ini karena mereka selalu merasa kurang dengan apa yang mereka miliki ataupun dapatkan. Biasanya orang-orang seperti ini hanya mementingkan kebahagiaan duniawi saja, namun tidak memperdulikan hal-hal untuk akhirat. Padahal rasa syukur merupakan kunci manusia bisa hidup tenang dan bahagia.

2. Rasa Syukur Dalam Hadist

Bukan hanya jelaskan arti bersyukur saja, namun dalam hadist juga banyak jelaskan arti bersyukur. Ya, rasa syukur ini banyak ditemukan dalam berbagai hadist yang bisa kalian pahami. Dan berikut ini rasa syukur dalam hadist yang dapat kalian ketahui:

1. Hadist Ibnu Majah

Dari Aisyah, kebiasaan Rasulullah jika menyaksikan hal-hal yang beliau sukai adalah mengucapkan "Alhamdulillahilladzi bi ni'matihi tatimusshalihaat." Sedangkan ketika menyaksikan hal-hal yang tidak menyenangkan beliau mengucapkan "Alhamdulillah ala kulli haal."

2. Hadist Ibnu Abbas

Dari Ibnu Abbas, dia berkata: "Rasulullah SAW bersabda,"Dua kenikmatan yang kebanyakan manusia tertipu olehnya, yaitu kesehatan dan waktu luang."

3. Hadist Imam Al Ghazali

Rasulullah bersabda,"Barangsiapa yang mengatakan subhanallah, maka baginya 10 kebaikan. Barangsiapa yang mengucapkan laa ilaha illallah, maka baginya 20 kebaikan. Barangsiapa mengucapkan Alhamdulillah, maka baginya 30 kebaikan."

4. QS Alam Nasyrah

Firman Allah SWT: "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" - (QS Alam Nasyrah : 5-6).

5. QS Al Baqarah

Allah SWT berfirman: "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku" (QS Al Baqarah : 152).

6. QS Ibrahim

Allah SWT berfirman: "Barang siapa yang bersyukur atas nikmatku kata Allah, niscaya aku akan menambahn nikmat itu. Akan tetapi barang siapa yang kufur atas nikmat Ku kata Allah, maka azab ku sangatlah pedih." - (QS Ibrahim: 7).

7. QS Al Baqarah

Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah." (QS. Al Baqarah: 172).

3. Cara untuk bersyukur

Sudah di jelaskan arti bersyukur beserta penjelasannya dalam sebuah hadist, tentu kita juga perlu tahu cara untuk bersyukur. Ada banyak cara untuk seorang muslim dalam bersyukur. Dan berikut ini cara untuk bersyukur yang bisa kalian lakukan:

1. Qana'ah

Qana'ah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari dari rasa tidak puas dan perasaan kurang. Orang yang memiliki sifat qana'ah memiliki pendirian bahwa apa yang diperoleh atau yang ada didirinya adalah kehendak Allah SWT.

2. Sujud Syukur

Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan dalam rangka mengucap syukur kepada Allah SWT atas segala karunia yang telah diberikan.

3. Berdzikir

Dzikir merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Ada beberapa dzikir tertentu yang diajarkan oleh Rasulullah khusus mengungkapkan rasa syukur Anda kepada Allah SWT.

4. Bersyukur dengan Lisan

Cara bersyukur kepada Tuhan ini memang sering dilakukan yaitu dengan mengucapkan "Alhamdulillah". Mengucapkan rasa syukur ini juga menjadi sebuah bentuk kebahagiaan.

5. Bersyukur dengan Hati

Cara bersyukur kepada Tuhan yang terakhir adalah dengan menyadari bahwa segala nikmat dan rezeki yang didapatkan semata-mata merupakan karunia dan kemurahan dari Tuhan. Cara bersyukur kepada Tuhan dengan hati bisa membawa seseorang kepada sikap untuk menerima karunia-Nya.

Itulah bagaimana jelaskan arti bersyukur dalam Islami yang dapat kalian ketahui. Bukan hanya mengetahui bagaimana arti bersyukur saja, namun juga penjelasannya dalam hadist serta cara kita bersyukur yang baik bagi seorang muslim.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI