Jurnalis Liputan6.com Jadi Korban Penyebaran Informasi Pribadi Akibat Penulisan Artikel Cek Fakta

Sabtu, 12 September 2020 11:15
Jurnalis Liputan6.com Jadi Korban Penyebaran Informasi Pribadi Akibat Penulisan Artikel Cek Fakta
credit: Merdeka.com


Kapanlagi Plus - Seorang jurnalis Liputan6.com, Cakrayuni Nuralam mengalami doxing atau korban penyebaran informasi priadi di media sosial. Hal ini terjadi setelah Cakra, sapaan akrabnya, menulis sebuah artikel Cek Fakta terkait Politikus PDIP Arteria Dahlan.

Artikel berjudul 'Cek Fakta: Tidak Benar Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Cucu Pendiri PKI di Sumbar' dirilis Cakra pada 10 September 2020. Artikel tersebut berisi hasil konfirmasi terkait klaim yang menyebut Politikus PDIP tersebut merupakan cucu dari pendiri PKI Sumatera Barat, Bachtaroedin.

1. Doxing Skala Massif

Dilansir dari Merdeka.com, pada hari Jumat, 11 September 2020, serangan doxing dengan skala massif ditujukan kepada Cakra. Sekitar pukul 18.20 WIB, akun Instagram @d34th.5kull mengunggah foto korban tanpa izin dengan keterangan foto sebagai berikut:

"mentioned you in a comment: PEMANASAN DULU BRO?? No Baper ye jurnalis media rezim. Hello cak @cakrayurinuralam. Mau tenar kah, ogut bantu biar tenar. #d34th_5kull #thewarriorssquad #MediaPendukungPKI," tulis akun tersebut dalam unggahanya.

2. 4 Akun Berbeda

Bukan cuma itu, akun Instagram cyb3rw0lff__, cyb3rw0lff99.tm, _j4ck__5on__, dan __bit___chyd_____, menyusul dengan narasi serupa sekitar pukul 21.03 WIB, akun @d34th.5kull mengunggah video dengan narasi:

"mentioned you in a comment: Demi melindungi kawannya yang terjebak dalam pengeditan data di Wikipedia,oknum jurnalis rela melakukan pembodohan publik Dan diikuti oleh team kecoa nya di masing-masing media rezim, sementara kita buka dulu 1 monyetnya...sisanya next One ShootOne Kill ??????????????," tulis akun-akun tersebut yang juga membeberkan sejumlah alamat surel Cakra dan juga akun-akun sosial media yang dimilikinya dan nomor telepon seluler.

Setidaknya ada empat akun yang teridentifikasi melakukan doxing terhadap Cakra terkait unggahan artikel tersebut sebelumnya. Mereka adalah:
1. https://www.instagram.com/cyb3rw0lff99.tm/
2. https://www.instagram.com/d34th.5kull/
3. https://www.instagram.com/cyb3rw0lff__/
4. https://www.instagram.com/_j4ck__5on___

3. AJI Mengecam Doxing

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mengecam keras tindakan doxing atau penyebarluasan informasi pribadi seseorang dengan tujuan tindak kekerasan, hingga bullying alias persekusi, terhadap jurnalis liputan6.com.

"AJI Jakarta mengecam segala bentuk aksi doxing terhadap jurnalis Liputan6. Artinya doxing yang dilakukan pihak tertentu adalah sebuah tindakan kriminal yang itu melanggar Undang-Undang Pers, artinya doxing itu salah satu bagian dari kekerasan terhadap jurnalis," tutur Erick Tanjung, Ketua Divisi Advokasi AJI Jakarta saat dihubungi, Sabtu (12/9/2020).

Ia juga menyebutkan bila ada terdapat ancaman hukuman yang jelas bagi para pelaku doxing. "Ancamannya pidana penjara dua tahun atau denda Rp 500 juta," ujarnya.

(kpl/lou)



MORE STORIES




REKOMENDASI