Kanker Nasofaring, Sakit Yang Diderita Ustaz Arifin Ilham & Aktor Korea Kim Woo Bin

Rabu, 09 Januari 2019 18:00 Penulis: Rahmi Safitri
Kanker Nasofaring, Sakit Yang Diderita Ustaz Arifin Ilham & Aktor Korea Kim Woo Bin
Ustaz Arifin Ilham dan Kim Woo Bin © Istimewa


Kapanlagi Plus - Kanker nasofaring kembali ramai dibicarakan oleh warganet. Ini setelah Ustaz Arifin Ilham yang kini sedang terbaring di rumah sakit disebut sedang mengidap penyakit tersebut. Sebelumnya sih kanker nasofaring sempat ramai dibicarakan oleh penggemar K-Drama di 2017, ketika aktor Korea Kim Woo Bin juga diketahui menderita penyakit itu dan sampai sekarang masih vakum dari dunia hiburan untuk penyembuhan.

Mumpung sekarang sedang ramai dibicarakan, ada baiknya KLovers juga tahu apa sih yang dimaksud dengan kanker nasofaring, apa pula ciri-ciri dari penyakit. Begini nih informasinya yang dihimpun oleh KapanLagi.com® dari berbagai sumber.

1. Apa Itu Kanker Nasofaring?

Kanker Nasofaring adalah jenis kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. Nasofaring sendiri adalah bagian atas tenggorokan. Kanker nasofaring juga sering dikaitkan dengan adanya virus epstein barr (VEB), yaitu salah satu dari delapan virus dalam keluarga herpes dan dikenal sebagai penyebab mononukleosis menular atau demam kelenjar.

Meski penyebab pastinya belum diketahui, acara Korea A Pungmoon Show pernah sedikit membahas soal penyakit yang diderita Kim Woo Bin ini. Kanker nasofaring disebabkan tumor di belakang hidung. Jika saat sel kanker berpindah ke otak, bisa menyebabkan syaraf kranial lumpuh. Syaraf kranial sendiri merupakan syaraf kranial merupakan batang otak yang menyambungkan sumsum tulang belakang dengan otak. Kelumpuhan bisa saja terjadi sepenuhnya atau sebagian saja dan bisa saja lumpuh hanya di area yang menyerang syaraf secara langsung, termasuk mata.

2. Yang Berisiko

Buat jaga-jaga aja nih ya. Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang terserang penyakit kanker nasofaring. Di antaranya itu (seperti dilansir dari Wikipedia)

  • Sering mengonsumsi makanan dan minuman panas yang dapat merangsang selaput lendir, seperti yang mengandung alkohol.
  • Sering mengisap asap rokok, asap minyak tanah, asap kayu bakar, asap obat nyamuk, atau asap candu.
  • Tinggal di rumah yang pergantian udaranya kurang baik.
  • Faktor genetik, yakni yang mempunyai garis keturunan penderita kanker nasofaring.
  • Yang lebih berisiko terserang adalah laki-laki
So kalau bisa mulai sekarang jaga kesehatan ya, Guys!

3. Gejala

Karena letak yang tersembunyi di belakang hidung kanker ini sering terlambat diketahui, apalagi gejala awalnya tuh bisa-bisa kita anggap cuma semacam flu biasa. Kanker nasofaring stadium awal, gejalanya sebagai berikut:

  • Telinga timbul suara berdengung dan terasa penuh tanpa disertai rasa sakit sampai pendengaran berkurang.
  • Hidung sedikit mimisan, tetapi berulang.
  • Hidung tersumbat terus-menerus, kemudian pilek.
Kalau stadiumnya sudah lanjut, kanker nasofaring memiliki gejala:

4. Pencegahan dan Penyembuhan

Jika mengalami gejala (mumpung masih dini) segera lakukan pemeriksaan berupa CT Scan, rhinoskopi anterior dan posterior, nasofaringoskopi, biopsi dan pemeriksaan histopatologi. Atau bila merasa telinga sering berdengung atau hidung sering tersumbat dalam waktu lama, segeralah periksa ke dokter THT.

Pengobatan kanker ini bisa dilakukan dengan radioterapi yang dikombinasikan dengan kemoterapi. Semakin cepat diketahui, semakin besar kemungkinan untuk sembuh.

Well, stay healthy semuanya! Get well soon Ustaz Arifin Ilham dan Kim Woo Bin!

 

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri



MORE STORIES




REKOMENDASI